Bisnis

Penggunaan Fitur Live Chat Punya Banyak Keunggulan, Apa Saja?

Sabtu sore lagi berselancar di Google dan membuka sebuah website. Tiba-tiba ada suara ‘ting’ dan muncul pesan berisi “Halo, Kak! Ada yang bisa Mimin bantu?”. Pasti Anda juga pernah menemukannya, bukan? Ya, itu adalah fitur live chat pada website yang makin banyak digunakan belakangan ini. Fitur live chat akan memanfaatkan chatbot untuk pengiriman pesan secara otomatis sebelum nantinya dilanjutkan oleh customer service

Menurut survei yang dilakukan oleh Bold Software, penggunaan live chat pada website bisnis diduga lebih efektif memaksimalkan retention pelanggan. Sebanyak 63% responden yang menggunakan fitur live chat pada sebuah situs tertarik untuk datang kembali. Dan, 38% responden mengaku jadi tertarik untuk membeli karena menggunakan fitur live chat lebih dulu. Tidak berhenti sampai di situ saja. Ada banyak keunggulan lain dari pemanfaatan fitur live chat ini. Apa saja, ya? Berikut Investree punya ulasannya untuk Anda. Simak, yuk!

Keunggulan Fitur Live Chat Bagi Pebisnis

  • Kredibilitas bisnis Anda akan makin terlihat

Dengan menyediakan fitur live chat pada website bisnis Anda akan menunjukkan keseriusan Anda dalam melayani pelanggan. Menurut survei eDigital Customer Service Benchmark, menyebut 73% responden setuju bahwa fitur live chat mampu meningkatkan kepuasan pelanggan karena bisa memberi support secara mudah dan cepat. Tapi, setiap jawaban yang diberikan juga harus akurat dan membantu kesulitan pelanggan, ya. Dengan begitu, kepercayaan pelanggan akan muncul dan menambah tingkat loyalitas. Fitur ini juga bermanfaat untuk meyakinkan konsumen baru yang ingin mengenal bisnis Anda lebih lanjut.

  • Bantu meminimalisasi pain point pelanggan

Pain points diartikan sebagai masalah atau kebutuhan pelanggan yang belum terpecahkan. Dengan adanya fitur live chat, semua riwayat obrolan antara customer service dan pelanggan dapat disortir, dicari, dan disaring untuk menemukan poin-poin permasalahan yang belum selesai. Pelanggan jadi lebih mudah menyampaikan permasalahan yang mereka hadapi karena fitur live chat sangat mudah diakses. Anda pun terbantu untuk menemukan solusi yang tepat bagi mereka agar dapat menghindari terjadinya turn.

  • Mampu menekan biaya operasional

Layanan support melalui telepon dan email membutuhkan biaya operasional yang lebih besar. Apalagi bila bisnis Anda dominan berjalan secara daring, channels tersebut dianggap kurang efisien. Nah, penelitian Forrester menyebut biaya operasional untuk layanan live chat lebih murah 17% – 30%, ketimbang layanan support melalui telepon. Ini karena, setiap satu customer service bisa melayani beberapa pelanggan sekaligus di waktu yang sama (multitasking). Rata-rata dengan pelatihan yang tepat, 1 customer service dapat menangani minimal 3 pelanggan sekaligus. Sehingga bisa menghemat gaji pegawai. 

Keunggulan Fitur Live Chat Bagi Pengguna

  • Menghemat waktu pengguna untuk memperoleh informasi

Sekarang eranya digital, banyak orang telah menggunakan internet. Fitur live chat memanfaatkan peluang tersebut untuk memudahkan pengguna mengakses sebuah brand/bisnis. Jika menggunakan telepon, Anda paling tidak harus membeli pulsa dulu. Sedangkan bila melalui email, seringnya kurang responsif (late response). Dengan live chat, Anda sebagai pengguna jadi lebih mudah dan cepat memperoleh informasi dan menyelesaikan masalah yang sedang dialami, sehingga membuat Anda lebih nyaman.

  • Memudahkan pengguna karena mudah ditemukan

Kemudahan dalam mengakses sebuah layanan, seringkali menjadi tolak ukur bagi pengguna untuk menentukan kualitas sebuah brand/bisnis. Menurut laporan penelitian Aberdeen Group, fitur live chat adalah metode komunikasi yang paling disukai oleh online buyers, dibandingkan dengan metode komunikasi lainnya. Kenapa? Fitur ini sangat mudah ditemukan oleh pengguna karena langsung tersedia di laman utama sebuah website. Anda tidak perlu membuka email lebih dulu atau memastikan pulsa yang tersedia cukup untuk melakukan panggilan.

  • Lebih aman dan tanpa pulsa

Keseringan menggunakan internet membuat orang-orang kadang lupa menyisihkan pulsa untuk menelepon. Hingga akhirnya, menjadi hambatan seseorang untuk berkomunikasi dengan sebuah brand/bisnis. Padahal yang ingin Anda sampaikan adalah hal penting. Ini yang kemudian membuat Anda sebagai pelanggan merasa tidak terlayani dengan baik.  Nah, dengan fitur live chat, Anda tidak perlu mengalaminya lagi. Selain itu, Anda pun akan merasa lebih aman, kenapa? Ya, karena semua percakapan dan informasi di fitur live chat bisa Anda salin/dokumentasikan bila suatu saat Anda membutuhkannya kembali.

Banyaknya manfaat yang bisa kita peroleh dari penggunaan fitur live chat membuat fitur ini makin digemari. Seperti Investree yang tidak ketinggalan juga memanfaatkan fitur ini. Kini siapa saja sudah bisa berkomunikasi langsung dengan Customer Support Investree melalui aplikasi Treebot, layanan bot pemandu Borrower, Lender, hingga masyarakat luas yang ingin tahu lebih banyak tentang Investree yang ada dalam aplikasi Telegram. Melalui Treebot, masyarakat dapat mengajukan pertanyaan atau mengirimkan tanggapan terkait dengan produk dan layanan Investree secara lebih leluasa dan personal.

Untuk mengakses fitur live chat Treebot, bisa unduh aplikasi Telegram di Apple App Store atau Google Play Store, cari @InvestreeBot. Atau klik di sini.

Ternyata memang sangat membantu dan dari sisi pengguna juga lebih mudah untuk berinteraksi dengan kami. Sehingga hubungan dua arah yang terbangun jadi lebih efektif. Pengguna juga lebih nyaman karena fitur ini sangat mudah diakses. Cobain sendiri, deh!  

Referensi:

Only Gama. 10 Manfaat Fitur live chat Pada Website Bisnis. Sepositif.com: https://bit.ly/3nVd1h1

Karni Fadhillah. 24 Oktober 2020. Ketahui Pentingnya Fitur live chat pada Website Bisnis. Jojonomic.com (Blog): https://bit.ly/3lUF3qq

Share this Post

Artikel Terbaru