Bisnis

Pengertian, Manfaat, dan Tugas Customer Relationship Management

Dalam menjalani suatu bisnis, Anda tentu tidak bisa selalu membuat semua orang puas. Sudah pasti ada saja orang yang merasa kecewa dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Hal inilah yang membuat keberadaan Customer Relationship Management atau CRM menjadi indikator penting yang perlu dipahami setiap pelaku bisnis.

CRM dibutuhkan agar Anda dapat lebih dekat dengan pelanggan. Jadi, nantinya Anda bisa mengetahui apa yang diinginkan mereka dan mendapatkan feedback, baik secara langsung maupun tidak. Meski begitu, CRM tidak hanya digunakan untuk membangun hubungan baik dengan perusahaan. Namun, juga untuk meningkatkan penjualan yang nantinya akan berpengaruh terhadap laba perusahaan.

Sayangnya, masih banyak pelaku bisnis yang belum paham tentang Customer Relationship Management. Maka dari itu, artikel ini akan membahas secara singkat tentang manfaat dan tugas CRM bagi perusahaan. So, let’s dig in!

Pengertian Customer Relationship Management

Secara umum, Customer Relationship Management atau CRM merupakan pendekatan yang dilakukan perusahaan dalam mengelola hubungan dengan pelanggan. Tujuannya adalah untuk mendekatkan komunikasi antara perusahaan dengan pelanggan.

Perusahaan yang secara terus-menerus menerapkan CRM akan merasakan dampak positif. Salah satunya adalah memiliki komunikasi yang baik dengan pelanggan. Hal inilah yang secara tidak langsung dapat meningkatkan loyalitas pelanggan agar tidak berpindah ke kompetitor. Bahkan, saat Anda menawarkan produk baru, mereka tidak akan segan untuk membelinya.

Manfaat Customer Relationship Management

Customer Relationship Management tidak hanya berkaitan dengan hubungan perusahaan dan pelanggan. Namun, juga membantu pelaku bisnis dalam menangani keluhan pelanggan secara cepat dan tepat. Artinya, CRM ini memiliki berbagai manfaat bagi perusahaan. Berikut adalah beberapa manfaat CRM yang perlu Anda ketahui.

1. Meningkatkan Kesetiaan Pelanggan

Customer Relationship Management dapat membantu Anda mengumpulkan informasi pelanggan melalui SMS, email, website, hingga media sosial. Hal inilah yang membuat perusahaan bisa lebih memahami pelanggan secara konsisten dan memberi perhatian yang diperlukan.

Tidak hanya itu, Anda akan lebih mudah mencari solusi atas masalah yang dihadapi pelanggan. Cara ini secara tidak langsung dapat membantu meningkatkan kesetiaan pelanggan terhadap produk dan brand Anda. Sebab, mereka mendapatkan pelayanan terbaik yang tidak didapat dari kompetitor.

2. Efisiensi Penggunaan Anggaran Perusahaan

Penerapan CRM dalam suatu perusahaan ternyata juga dapat mengurangi biaya pemasaran, lho. Hal ini disebabkan karena setiap produk yang dikeluarkan sudah sesuai dengan target pasarnya masing-masing. Jadi, Anda tidak perlu lagi melakukan survey yang membuat anggaran perusahaan keluar lebih banyak.

3. Meningkatkan Pendapatan Perusahaan

Manfaat Customer Relationship Management yang terakhir adalah dapat meningkatkan pendapatan perusahaan. Apabila pelanggan merasa percaya dengan perusahaan Anda, maka loyalitas akan meningkat dan berdampak pada tingkat penjualan. Jadi, bisa dipastikan pendapatan perusahaan akan meningkat dari hasil penjualan tersebut.

Tugas Customer Relationship Management

Tugas utama Customer Relationship Management adalah membantu perusahaan agar mendapatkan informasi secara menyeluruh tentang perilaku pelanggan. Informasi inilah yang nantinya digunakan perusahaan untuk memperbaiki sistem operasional dan pelayanan agar lebih baik.

Namun, CRM juga memiliki beberapa tugas lain. Berikut beberapa diantaranya.

  • Mengumpulkan sekaligus mengelola informasi yang berhubungan dengan layanan dan penjualan dari pelanggan menggunakan sistem pelayanan pelanggan.
  • Menganalisis efektivitas CRM guna memastikan sistem pelayanan pelanggan telah berjalan dengan baik.
  • Membangun sistem pelayanan pelanggan secara optimal.
  • Mengidentifikasi faktor yang penting bagi kebutuhan pelanggan.
  • Menangani berbagai keluhan dan saran dari pelanggan serta menyediakan dukungan penuh bagi pelanggan.

Demikian penjelasan seputar Customer Relationship Management yang perlu Anda ketahui.

Nah, jika Anda berencana ingin mengembangkan perusahaan ke skala yang lebih besar, tidak ada salahnya untuk mencoba pinjaman modal usaha. Anda bisa menggunakan layanan pinjaman modal usaha dari Investree dengan limit yang relatif besar.

Dengan begitu, perusahaan Anda akan semakin berkembang dan bisa menjangkau target pasar yang lebih luas. Semoga membantu.

Referensi:

https://myskill.id/blog/dunia-kerja/tugas-customer-relationship-management/

https://redcomm.co.id/knowledges/mengenal-customer-relationship-management-dan-manfaatnya?readmore=true

https://www.xendit.co/id/blog/customer-relationship-management-tujuan-manfaat-dan-tahap/

Share this Post