Pengertian, Komponen, dan Cara Membuat Bisnis Plan yang Perlu Dipertimbangkan

Dalam membangun sebuah bisnis tentu membutuhkan perencanaan yang matang agar tidak salah langkah. Salah satu yang bisa dilakukan seorang pebisnis adalah dengan membuat bisnis plan. Lantas, bagaimana cara membuat bisnis plan yang benar?

Pada dasarnya bisnis plan merupakan dokumen tertulis yang wajib disiapkan oleh para pebisnis sebelum menjalani bisnisnya. Maka dari itulah, bisnis plan menjadi bagian yang sangat penting dan tidak boleh terlewatkan. Untuk Anda yang ingin tahu bagaimana cara membuat bisnis plan, simak artikel ini sampai akhir, ya.

Pengertian Bisnis Plan

Secara umum, bisnis plan merupakan dokumen cetak yang dibuat oleh pebisnis dengan menggambarkan ataupun memperhitungkan unsur eksternal dan juga internal dalam memulai bisnis baru. Tujuan dari dibuatnya bisnis plan adalah untuk menunjukkan secara realistis dengan menjabarkan berbagai strategi di bawahnya. Sebagai contoh strategi pemasaran, keuangan, infrastruktur, dan sebagainya.

Komponen yang Diperlukan dalam Bisnis Plan

Adapun beberapa komponen yang diperlukan dalam bisnis plan adalah sebagai berikut.

1. Ringkasan Eksekutif

Ringkasan eksekutif berisi tentang nama perusahaan dan juga gambaran makro bisnis yang akan Anda jalankan. Selain itu, ringkasan juga berisi tentang industri perusahaan serta visi dan misi yang ingin diraih.

2. Pendahuluan

Pendahuluan adalah bagian yang berisi latar belakang perusahaan. Beberapa struktur yang ada dalam pendahuluan antara lain struktur perusahaan, pemilik saham, hingga tujuan jangka pendek dan jangka panjang.

3. Analisis Produksi

Anda perlu menganalisis inti dari produk yang akan dijual. Dengan begitu, Anda bisa menentukan bagaimana cara memproduksinya dan melakukan inovasi untuk menciptakan barang baru tanpa mengubah bentuknya.

4. Analisis Pemasaran

Analisis pemasaran berkaitan dengan penjelasan kemungkinan adanya persaingan yang mungkin saja terjadi dengan kompetitor.

5. Analisis SDM

Setiap perusahaan tentu membutuhkan tenaga kerja agar bisnis bisa berjalan. Maka dari itu, Anda harus mencari orang-orang dengan kemampuan khusus sesuai kebutuhan perusahaan.

6. Analisis Keuangan

Analisis keuangan mencakup prediksi pemasukan, pengembalian modal, pengembalian investasi, hingga kalkulasi daya ungkit dalam menjalankan bisnis.

7. Peluang Bisnis

Setiap peluang sudah pasti akan menghadirkan masalah yang harus Anda hadapi. Oleh karena itu, Anda wajib menjelaskan masalah yang mungkin ditemui beserta cara menyelesaikannya.

8. Rencana Eksekusi

Pada poin ini, Anda harus menjelaskan cara mengeksekusi rencana yang telah dibuat mulai dari awal membuat, produksi, pemasaran, hingga nantinya mendapat keuntungan.

9. Lampiran

Lampiran adalah bagian yang menjelaskan legalitas perusahaan, sertifikat, dan dokumen pendukung lain yang bisa meyakinkan kualitas bisnis plan Anda.

Cara Membuat Bisnis Plan yang Benar

Berikut ini adalah penjelasan tentang cara membuat bisnis plan yang benar dan bisa Anda pertimbangkan.

1. Melakukan Riset Bisnis

Cara membuat bisnis plan yang pertama adalah dengan melakukan riset bisnis. cara ini akan membantu Anda untuk menyediakan data dan hasil lapangan yang bisa dimasukkan ke dalam bisnis plan.

2. Menentukan Visi, Misi, dan Tujuan

Visi, misi, dan tujuan adalah tiga hal umum yang ditemukan dalam organisasi. Begitu pula pada bisnis baru Anda. Untuk itu, Anda perlu menentukan visi, misi, dan tujuan bisnis sejak dini.

3. Membuat Company Profile

Company profile merupakan sebuah ringkasan yang memperkenalkan perusahaan ke semua kalangan. Anda bisa memasukkan sejarah berdirinya perusahaan, target pasar, serta kepemilikan sumber daya perusahaan.

4. Mencatat Semua Transaksi Keuangan

Saat mengajukan investasi ke pihak investor, tentu Anda wajib memberikan laporan transaksi keuangan. Jadi, pastikan Anda tidak lupa untuk mencatat semua transaksi keuangan, ya.

5. Menyusun Strategi Marketing

Cara membuat bisnis plan yang terakhir adalah menyusun strategi marketing beserta rencana eksekusinya. Strategi marketing ini mencakup konsep strategi, channel promosi, sampai dengan anggaran biaya yang dibutuhkan.

Itulah penjelasan singkat tentang cara membuat bisnis plan bagi perusahaan baru. Semoga membantu.

Referensi:

https://www.ocbcnisp.com/en/article/2021/05/07/cara-membuat-business-plan

https://www.jurnal.id/id/blog/tujuan-dan-cara-menyusun-bisnis-plan-dengan-baik/