Pengertian, Karakteristik, dan Pentingnya Biaya Diferensial bagi Perusahaan

Perusahaan sering berada dalam posisi yang membuatnya harus menentukan solusi yang berkaitan dengan biaya. Nah, biaya diferensial ini mengacu pada perbandingan harga yang berbeda dan membantu perusahaan dalam memutuskan solusi yang dianggap paling masuk akal bagi perusahaan.

Oleh karena itulah, sangat penting bagi Anda selaku pebisnis untuk paham secara keseluruhan terkait dengan biaya diferensial ini. Untuk Anda yang penasaran dan ingin tahu lebih banyak tentang biaya diferensial, simak penjelasannya dalam artikel di bawah ini, ya.

Pengertian Biaya Diferensial

Secara umum, pengertian biaya diferensial adalah perbedaan biaya antara dua atau lebih dari satu keputusan dalam sebuah perusahaan. Menghitung biaya diferensial akan membantu perusahaan dalam memutuskan pilihan antara berbagai opsi yang tersedia. Selain itu, biaya diferensial juga dapat menghasilkan solusi alternatif yang layak untuk pilihan yang dimaksud.

Sering kali pertimbangan untung dan rugi ini menjadi faktor yang bisa memengaruhi keputusan perusahaan secara keseluruhan. Biaya diferensial bisa membantu Anda dalam keputusan perusahaan yang baik karena nantinya akan digunakan sebagai penentu biaya dan keuntungan yang dimiliki perusahaan.

Karakteristik Biaya Diferensial

Berikut ini adalah berbagai karakteristik biaya diferensial yang menarik untuk diketahui.

  • Analisis biaya diferensial tidak dibuat dalam catatan akuntansi, tetapi dimasukkan ke dalam anggaran fleksibel. Hal ini karena mereka akan menganggarkan biaya pada berbagai tingkat aktivitas.
  • Total differential cost dipertimbangkan dalam analisis biaya diferensial sehingga biaya per unit tidak diperhitungkan.
  • Total pendapatan diferensial akan dibandingkan dengan total biaya diferensial sebelum memilih tindakan atau mengambil keputusan perusahaan. Jadi, perusahaan hanya akan mengambil keputusan hanya saat pendapatan diferensial melebih biaya diferensial.
  • Jenis biaya yang tidak berubah untuk setiap keputusan yang dipertimbangkan bisa diabaikan sehingga hanya perbedaan biaya saja yang harus dianalisis. Sebab, penghitungan differential cost berkaitan dengan perubahan biaya.
  • Perubahan biaya diukur dari titik dasar yang mungkin adalah tindakan tingkat produksi saat ini.
  • Analisis differential cost berkaitan dengan tindakan masa depan atau tingkat output masa depan. Jadi, secara otomatis akan berkaitan dengan biaya masa depan. 
  • Saat membuat pilihan dari berbagai alternatif pilihan, maka pilihan yang memberi perbedaan antara pendapatan tambahan dan biaya tambahan dengan hasil yang mempunyai keuntungan tertinggi akan lebih direkomendasikan untuk dipilih.

Pentingnya Biaya Diferensial Bagi Perusahaan

Analisis biaya diferensial bisa digunakan sebagai alat yang efektif untuk perusahaan ketika membuat keputusan yang dapat memengaruhi aliran pendapatan dan laba. Selain itu, analisis biaya diferensial juga dapat memberikan wawasan tentang alternatif paling hemat biaya yang mungkin saja dipilih oleh perusahaan.

Tidak hanya itu, perhitungan differential cost juga menjadi metode yang penting untuk menentukan bagaimana perusahaan akan menentukan harga produk dan layanan yang ditawarkan. Hal ini karena secara umum biaya diferensial berhubungan erat dengan biaya marjinal ekonomi dari menjalankan operasi produksi.

Sebagai contoh, apabila perusahaan ingin memaksimalkan pendapatannya, maka cara yang paling mudah adalah dengan menjaga keseimbangan proses produksi serta keseimbangan antara biaya diferensial dan pendapatan yang diperoleh. Dengan menggunakan analisis ini, maka perusahaan dapat menentukan alternatif terbaik untuk memaksimalkan pendapatannya.

Kemudian biaya diferensial juga menjadi bagian penting bagi perusahaan yang sedang mencoba menentukan metode branding, periklanan, serta pemasaran yang harus dipertahankan dan ditinggalkan.

Lebih jauh lagi, menghitung differential cost dapat memungkinkan perusahaan untuk menghitung strategi apa yang akan bekerja secara efektif dan mana strategi yang berkinerja buruk.

Demikian penjelasan tentang biaya diferensial yang penting diketahui bagi setiap perusahaan. Semoga bermanfaat.

Referensi:

https://accurate.id/akuntansi/biaya-diferensial/

https://dotedu.id/pengertian-biaya-diferensial-dan-contohnya/