Bisnis

Pengertian Industri Secara Umum yang Perlu Anda Ketahui

Industri adalah kegiatan perekonomian yang dilakukan dengan cara mengolah bahan baku, bahan mentah, bahan setengah jadi, maupun bahan jadi agar memiliki nilai kegunaan yang lebih tinggi. Hasil produksi dari sebuah industri tidak harus berupa barang melainkan bisa juga berbentuk jasa. Namun selama ini masyarakat cenderung mengartikan industri dengan pabrik dan kegiatan produksi yang identik dengan hasil berupa barang saja. Contoh dari industri misalnya pabrik makanan, pabrik tekstil, pabrik otomotif, dan sebagainya.

Pengertian Lebih Dalam tentang Industri

1. Menurut Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1984 Perindustrian

Di dalam Undang-Undang No. 5 Tahun 1984 tentang perindustrian, pengertian dari industri yaitu kegiatan perekonomian yang dilakukan melalui pengolahan bahan baku, bahan mentah, barang setengah jadi, maupun barang yang sudah jadi supaya memiliki nilai penggunaan lebih tinggi termasuk juga di dalamnya kegiatan rancang bangun dan rekayasa industri.

2. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

Kamus Besar Bahasa Indonesia mencantumkan bahwa maksud dari industri adalah kegiatan untuk memproses ataupun mengolah barang menggunakan sarana serta peralatan tertentu misalnya mesin.

3. Menurut Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik memberikan pengertian tentang industri yaitu kesatuan dari sebuah unit usaha yang menjalankan kegiatan perekonomian dengan tujuan agar bisa menghasilkan barang maupun jasa. Unit usaha tersebut berlokasi pada sebuah tempat tertentu serta memiliki catatan secara administrasi tersendiri.

4. Menurut Moh Hatta

Mohammad Hatta mendefinisikan industri merupakan sebuah upaya untuk mengubah struktur yang berasal dari pertanian ke dalam atau menjadi sektor industri.

5. Menurut Geografi

Dari sisi geografi, industri adalah sesuatu yang merupakan paduan dari sub sistem manusia dan sub sistem fisik.

6. Menurut Hasibuan

Industri menurut pengertian yang dikatakan oleh Hasibuan yaitu terdiri dari lingkup makro dan mikro. Definisi secara mikro, industri merupakan kumpulan perusahaan yang menghasilkan barang-barang dengan jenis yang sama atau homogen ataupun barang yang memiliki sifat komplementer atau saling menggantikan yang sangat erat. Sedangkan sisi makro adalah dari segi pembentukan pendapatannya.

7. Menurut Wirastuti dan Dini Natalia

Industri merupakan kegiatan untuk mengolah bahan mentah maupun barang setengah jadi menjadi suatu barang jadi untuk bisa mendatangkan keuntungan.

Pembagian Golongan dalam Industri

Industri sendiri dibedakan menjadi tiga golongan yang terdiri dari:

1. Industri Primer

Industri primer yaitu industri yang kegiatannya mengambil materi dari alam atau bumi dengan menggunakan peralatan tertentu. Yang termasuk dalam industri primer antara lain perikanan, kehutanan, pertanian, pertambangan, dan penggalian.

2. Industri Sekunder

Sedangkan industri yang tidak mengambilnya langsung dari alam namun dengan mengolah bahan-bahan mentah atau bahan baku menjadi sebuah produk. Contohnya, industri pengolahan makanan kaleng, industri pakaian jadi, industri tekstil, dan sebagainya.

3. Industri Jasa

Golongan ketiga yaitu industri jasa dimana perusahaan tersebut tidak menghasilkan barang tetapi menawarkan jasa. Contohnya perusahaan ojek online, travel, pelayanan kesehatan, lembaga keuangan, dan sejenisnya.

Industri adalah kegiatan perekonomian untuk menghasilkan barang maupun jasa untuk mendapatkan keuntungan. Untuk mengembangkan industri, Anda harus menyiapkan modal yang cukup. Jika Anda membutuhkan tambahan modal usaha untuk kegiatan operasional atau menyehatkan cashflow, Anda bisa mengajukan pinjaman melalui Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda.

Referensi:

Dosen Pendidikan. 14 Agustus 2021. Industri Adalah. Dosenpendidikan.co.id: https://bit.ly/2XrT326

Dewi Ratna. 25 April 2016. Mau Kerja di Bidang Industri? Kenali Dulu 3 Golongan Industri Ini. merdeka.com: https://bit.ly/3ErYbEp

Share this Post

Artikel Terbaru