Pengertian, Fungsi, dan Pentingnya Tujuan Riset Pasar Sebelum Membuka Usaha

Riset pasar merupakan kegiatan penelitian yang dilakukan dalam bidang pemasaran. Jika Anda sudah lama berkecimpung di dunia bisnis, pasti sudah tidak asing dengan riset pasar ini. Adapun tujuan riset pasar sendiri sangatlah beragam. Oleh karena itulah, setiap pelaku usaha wajib memahaminya dengan baik.

Lantas, sebenarnya apa itu riset pasar? Mengapa riset pasar menjadi salah satu hal yang penting saat membangun bisnis? Nah, untuk Anda yang penasaran, simak penjelasan selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Pengertian Riset Pasar

Riset pasar merupakan proses menganalisis kelayakan pemasaran sebuah produk maupun layanan baru. Kegiatan riset ini perlu dilakukan secara sistematis. Dimulai dari perumusan masalah, tujuan, pengumpulan serta pengolahan data, evaluasi, hingga akhirnya menjadi laporan hasil analisis pemasaran.

Adapun ruang lingkup dari riset pasar antara lain.

  • Harga jual, digunakan untuk mengukur peluang dan daya beli konsumen.
  • Produk, terdiri dari kegunaan, nilai, rupa produk, sampai dengan tingkat kegunaan produk.
  • Alat pemasaran, digunakan untuk menilai efektivitas alat yang dipakai dalam pemasaran.
  • Distribusi, untuk melihat efektivitas distribusi produk terhadap konsumen.
  • Konsumen, untuk menganalisis perilaku serta kebutuhan konsumen.

Fungsi Riset Pasar

Tidak dapat dipungkiri jika riset pasar menjadi bagian yang penting dalam pengembangan perusahaan. Nah, berikut ini adalah beberapa fungsi pasar yang perlu Anda ketahui.

  1. Evaluating – Untuk melakukan penilaian terhadap program maupun strategi pemasaran yang sudah dilakukan sebelumnya.
  2. Understanding – Untuk memahami atau mempelajari secara spesifik preferensi pelanggan.
  3. Predicting – Untuk menyusun strategi dan perencanaan bisnis.
  4. Controlling – Untuk melakukan pengawasan terhadap operasional, tren, demografi, hingga efektivitas penggunaan marketing tools.

Pentingnya Tujuan Riset Pasar dalam Membangun Bisnis

Sebagian dari Anda pasti bertanya-tanya sebenarnya apakah tujuan riset pasar dalam membangun bisnis benar-benar sepenting itu. Makanya, berikut ini kami akan menjelaskan tentang pentingnya tujuan riset pasar dalam membangun bisnis.

  1. Untuk Menganalisis Tanggapan Pasar atau Produk yang Dijual

Tujuan riset pasar yang pertama adalah untuk memperhitungkan barang potensi di pasar agar lebih mudah dijual. Maka dari itu, Anda harus melakukan analisis terhadap pasar sebelum memperkenalkannya ke masyarakat luas. Selain itu, Anda juga bisa melakukan survei untuk meningkatkan pemasaran produk.

  1. Untuk Menganalisis Efektivitas Promosi di Perusahaan

Riset pasar juga dapat membantu pelaku usaha menyeleksi kembali media periklanan. Baru setelah itu, Anda memilih media iklan mana saja yang paling efektif untuk promosi produk.

  1. Sebagai Bahan untuk Menyusun Strategi Pemasaran

Riset yang Anda lakukan merupakan bagian dari perencanaan strategi pemasaran sehingga dapat merepresentasikan bagaimana pertumbuhan ataupun merosotnya pasar. Selain itu, riset pasar juga dapat membantu menemukan beberapa produk atau jasa lain yang dilakukan oleh perusahaan sejenis.

  1. Untuk Mendapatkan Informasi yang Akurat

Riset pasar dalam sebuah perusahaan juga kerap dilakukan dalam bentuk penelitian secara sistematis sehingga akan mendapatkan data yang sesuai dengan kenyataan di pasar. Artinya, dengan melakukan riset pasar, maka Anda akan mendapatkan informasi yang akurat dan memudahkan perusahaan untuk melakukan strategi pemasaran.

  1. Menjadi Lebih Objektif

Tujuan riset pasar yang lainnya adalah agar perusahaan dapat menghindari pengaruh keinginan yang bersifat subjektif atau berasal dari keinginan pribadi saja. Tingkat objektivitas ini tentu akan sangat bermanfaat bagi manajemen perusahaan.

Demikian penjelasan singkat tentang tujuan riset pasar yang perlu Anda pahami sebagai pelaku usaha. Nah, jika Anda berencana untuk membangun bisnis dalam waktu dekat, tidak ada salahnya jika mengajukan pinjaman modal usaha di Investree untuk membantu mengembangkan bisnis tersebut.

Referensi:

https://www.daya.id/usaha/artikel-daya/pemasaran/mengetahui-pentingnya-tujuan-riset-pasar-dalam-bisnis-anda

https://www.info.populix.co/post/riset-pasar-adalah#:~:text=Adapun%20berikut%20yang%20merupakan%20tujuan,pemasaran%20yang%20tepat%20bagi%20perusahaan.