Pengertian, Fungsi, dan Cara Membuat Proposal Usaha Makanan yang Baik

Proposal usaha makanan merupakan suatu rencana atau bisnis plan yang wajib dibuat oleh setiap pebisnis di bidang kuliner. Sebab, proposal usaha ini terdiri dari struktur dan kerangka bisnis yang sedang dijalani. Adapun cara membuat proposal usaha makanan ini terbilang cukup sederhana dan sama seperti proposal usaha pada umumnya.

Nah, untuk Anda yang ingin tahu lebih banyak tentang proposal usaha makanan, simak artikel ini sampai akhir, ya.

Pengertian Proposal Usaha

Proposal usaha adalah dokumen tertulis yang berisi tentang gambaran dan juga proyeksi untuk mendirikan ataupun mengembangkan sebuah peluang usaha. Proposal ini dapat membantu Anda untuk mendapatkan pembiayaan, mempertajam strategi, dan mencapai tujuan. Artinya, proposal usaha berisi tentang gambaran dan rencana bisnis yang akan digunakan oleh investor atau pemodal. Apabila proposal Anda menarik, maka investor atau pemodal bersedia untuk menanamkan modal di bisnis Anda.

Fungsi Proposal Usaha

Dengan mempelajari dan mempunyai proposal usaha, tentu Anda akan merasakan banyak manfaat bagi bisnis yang sedang dijalankan. Berikut ini adalah beberapa fungsi proposal usaha yang dapat Anda ketahui.

  • Untuk memenangkan sebuah proyek baru dengan klien yang sebelumnya belum pernah mengetahui atau bahkan mempunyai relasi bisnis dengan usaha yang sedang dijalani sekarang ini.
  • Dapat membedakan usaha Anda dengan kompetitor karena Anda dapat mendemonstrasikan kelebihan apa saja yang dimiliki oleh usaha Anda.
  • Sebagai bukti bahwa Anda mempunyai banyak pengalaman di bidang tersebut. Tentu saja semakin banyak proyek yang berhasil dilakukan, tentu dapat membuat usaha menjadi lebih mudah terekspos oleh banyak orang.
  • Dapat memberikan poin lebih bahwa Anda mempunyai kesanggupan untuk memenuhi serta melakukan kerjasama sesuai dengan apa yang diinginkan oleh perusahaan atau usaha lain yang ingin diajak bekerja sama.

Cara Membuat Proposal Usaha Makanan yang Baik

Adapun berbagai cara membuat proposal usaha makanan yang baik dan bisa Anda terapkan adalah sebagai berikut.

1. Membuat Pendahuluan

Cara membuat proposal usaha makanan yang pertama adalah membuat pendahuluan yang berisi tentang latar belakang usaha yang sedang dijalankan. Selain itu, Anda juga harus mencantumkan visi dan misi usaha beserta tujuan dan target yang ingin dicapai.

2. Mencantumkan Profil Badan Usaha

Setelah itu, dalam proposal usaha makanan, Anda juga perlu mencantumkan profil badan usaha. Mulai dari jenis usaha, nama perusahaan, dan juga lokasi perusahaan. Hal ini diperlukan agar investor dapat menggali seberapa besar potensi usaha Anda di pasaran.

3. Membuat Struktur Organisasi Perusahaan

Setiap perusahaan tentu mempunyai struktur organisasi antara pemilik dengan karyawan. Meski tidak terlihat penting, namun hal ini tetap diperlukan untuk menunjukkan bahwa usaha yang Anda jalankan benar-benar serius.

4. Menjelaskan Produk Usaha

Setiap usaha pasti mempunyai produk yang dijual, baik berupa barang maupun jasa. Nah, Anda wajib mencantumkan produk tersebut beserta keunggulannya.

5. Menentukan Target Pasar

Cara membuat proposal usaha makanan yang selanjutnya adalah menentukan target pasar yang dikategorikan berdasarkan usia, daerah, kelas ekonomi, dan lain sebagainya. Dengan begitu, proposal usaha yang dibuat dapat menunjukkan bahwa bisnis Anda memang memiliki pasar.

6. Menyusun Strategi Promosi dan Pemasaran

Anda akan menjelaskan lebih jauh tentang strategi marketing dari usaha yang dijalankan sekaligus bagaimana promosi tersebut akan dilakukan. Jadi, pihak investor akan lebih mudah dalam menganalisa keuntungan yang akan mereka dapatkan.

7. Menyusun Laporan Keuangan

Cara terakhir dalam membuat proposal usaha makanan adalah menyusun laporan keuangan secara terperinci dan transparan. Anda perlu membuat alokasi dana yang diperlukan untuk menjalankan usaha. Kemudian buatlah skema perhitungan laba yang dapat diraih nantinya. Jangan lupa juga untuk membuat sistem perhitungan bagi hasilnya juga, ya.

Itu dia penjelasan singkat seputar proposal usaha makanan yang perlu dipahami oleh setiap pebisnis. Semoga bermanfaat.

Referensi:

https://bukukas.co.id/proposal-usaha-pentingnya-cara-menyusun-tips-dan-contohnya/

https://www.rumah.com/panduan-properti/contoh-proposal-usaha-39816

KV:https://www.freepik.com/free-photo/business-partners-checking-signing-document_5889343.htm#page=3&query=business%20proposal&position=34&from_view=keyword