Bisnis

Pengertian Digital Marketing Serta Penjelasan Lengkapnya

Pengertian digital marketing adalah sistem pemasaran atau promosi produk yang dilakukan melalui media online. Misalnya Anda menawarkan produk lewat Facebook itu sudah bisa disebut sebagai digital marketing.

Digital marketing dilakukan oleh semua jenis bisnis dalam menawarkan produk barang ataupun jasa kepada masyarakat sebagai calon konsumen. Saat ini digital marketing bukan hanya dilakukan oleh usaha kecil seperti UMKM saja tetapi juga perusahaan-perusahaan besar yang sudah mapan dan memiliki nama. Biasanya digital marketing dilakukan melalui media sosial ataupun blog dan juga website. Melalui digital marketing maka perusahaan besar maupun pengusaha kecil bisa menjangkau konsumen yang lebih luas karena semua dilakukan dengan teknologi internet.

Contoh Teknik di Dalam Pemasaran Digital atau Digital Marketing

Agar bisa berjalan dengan efektif tentu saja digital marketing harus dilakukan dengan teknik yang tepat. Beberapa contoh teknik yang biasanya dipakai dalam digital marketing antara lain yaitu :

  • SEO atau Search Engine Optimization.
  • Iklan online misalnya Google Adsense, FB Adsense dan lainnya.
  • Marketing via email.
  • Mobile marketing.
  • Media sosial seperti FB, WA, IG, TikTok dan sebagainya.

Alasan Menggunakan Digital Marketing

Mengapa harus digital marketing? Karena digital marketing atau pemasaran digital dianggap lebih efektif untuk menjangkau konsumen yang berada di manapun bukan hanya di dalam negeri tapi juga luar negeri. Penggunaan media digital untuk promosi dan pemasaran produk memungkinkan bisnis Anda dikenal hingga ke belahan negara yang lain berkat adanya koneksi internet.

Setidaknya terdapat tiga alasan mengapa digital marketing dipilih sebagai metode pemasaran produk. Penggunaan sistem digital marketing tersebut pada umumnya disebabkan oleh hal-hal berikut ini.

1. Lebih Terukur dan Mudah untuk Dievaluasi

Pemasaran konvensional dilakukan lewat iklan di koran, majalah, penyebaran brosur, pemasangan spanduk dan sebagainya. Pemasaran dengan cara tersebut memang membuat perusahaan lebih sulit untuk mengetahui tingkat efektivitas dan keberhasilannya.

Berbeda dengan teknik digital marketing yang mayoritas menggunakan sistem online sehingga bisa lebih dilihat secara real-time. Contohnya, kalau Anda memasang iklan di media digital seperti YouTube misalnya maka dengan mudah bisa diketahui berapa orang yang sudah melihat iklan tersebut.

2. Jangkauan Lebih Luas

Menggunakan media digital memang sangat memungkinkan produk Anda menjangkau konsumen yang berada di manapun tanpa dibatasi oleh jarak dan wilayah. Penggunaan media sosial yang bersifat global dan diakses oleh user yang berasal dari berbagai negara misalnya membuat produk Anda bisa dibeli oleh orang yang tinggal di luar negeri.

3. Biaya yang Terjangkau

Walaupun sekilas terlihat mahal karena menggunakan teknologi yang modern namun sebenarnya kalau dibuat perhitungan digital marketing bisa saja lebih murah dari segi anggaran. Perusahaan hanya perlu membuat website satu kali saja dengan biaya tertentu maka digital marketing sudah bisa berjalan. Bahkan jika memakai media sosial promosi produk bisa dilakukan secara gratis. Namun, agar digital marketing berjalan lebih maksimal disarankan menggunakan jasa digital marketing yang profesional. Jika terkendala modal, Anda tidak perlu khawatir karena sekarang sudah ada Investree yang terpercaya, berizin, serta diawasi OJK. Anda bisa mengajukan pinjaman modal ke Investree yang mudah dan cepat dengan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern.

Meskipun teknik digital marketing memang lebih sesuai untuk era internet seperti saat ini bukan berarti metode pemasaran konvensional tidak bagus lagi. Beberapa cara dalam metode pemasaran konvensional dianggap masih cukup efektif hingga sekarang contohnya melalui promosi dari mulut ke mulut. Kombinasi pemasaran digital marketing dan konvensional bisa membantu usaha Anda. 

Itulah penjelasan tentang pengertian digital marketing berikut cara dan teknik yang biasanya dilakukan. Digital marketing maupun pemasaran konvensional sama-sama efektif selama digunakan sesuai dengan kondisinya.

Referensi:

Septiano93. 3 Mei 2017. Apa Itu Digital Marketing? Pengertian dan Konsep Dasarnya. Redtreeasia.com : https://bit.ly/2Van4CQ

Sasana Digital. 10 Oktober 2020. Apa yang Dimaksud dengan Digital Marketing. Sasanadigital.com : https://bit.ly/3flLa4y

Share this Post

Artikel Terbaru