Pengertian Contingency Plan serta Manfaat dan Cara Membuatnya

Contingency plan biasa dikenal dengan istilah rencana cadangan, rencana darurat, back up plan, dan plan B. Seperti namanya, contingency plan adalah suatu strategi alternatif yang disiapkan ketika rencana utama yang telah disiapkan gagal atau terhambat. Membuat rencana cadangan ini merupakan suatu keharusan untuk dilakukan oleh siapa pun yang sedang menyusun rencana, baik individu ataupun perusahaan. Sebab, contigency plan akan sangat membantu Anda untuk mempersiapkan kemungkinan terburuk yang terjadi.

Manfaat Contingency Plan

Contigency plan dapat meminimalisir efek buruk dari suatu perubahan mendadak atau hal yang tidak terduga. Contohnya, dalam penerapan K3 (kesehatan dan selamatan kerja), Anda dapat mengembangkan rencana evakuasi perusahaan di saat terjadi kecelakaan atau bencana di lingkungan kerja serta mendukung program perawatan kesehatan dan panduan khusus, jauh sebelum kejadiannya terjadi.

Cara Membuat Contingency Plan

  • Menentukan Prioritas Sumber Daya

Setelah membuat rencana utama, Anda harus melakukan riset tertentu di dalam perusahaan Anda dan membuat daftar seluruh sumber daya yang penting, seperti aset barang dan aset manusia. Setelah didaftarkan, Anda akan lebih mudah untuk menentukan prioritas mana sumber daya yang lebih penting di daftar tersebut.

  • Menentukan Risiko

Temukan berbagai risiko kritis yang mungkin terjadi pada bisnis Anda, baik di lingkungan internal maupun eksternal. Misalnya, tidak tercapainya revenue sesuai target, adanya kebijakan terbaru yang menekan dari perusahaan, bencana alam, krisis moneter, dan sebagainya. Setelah didaftarkan, buat juga urutan berbagai kemungkinan tersebut dari yang paling sering terjadi atau berpotensi sangat besar untuk terjadi sampai kemungkinan yang sangat kecil. Lalu buat juga apa dampaknya pada perusahaan Anda. Dengan melihat dengan kacamata yang lebih luas, Anda jadi bisa menarik akar dari semua risiko dan menjadikannya risiko utama.

  1. Membuat Draft Skenario

Setelah memprediksi berbagai kemungkinan risiko dan dampaknya pada bisnis, Anda bisa mulai menulis berbagai draft skenario. Semakin detail dan runtut hubungan sebab-akibat yang dibayangkan, Anda akan lebih mudah menentukan langkah-langkah yang harus diambil. Berikut beberapa hal yang bisa Anda pertimbangkan:

  • Timeline

Dalam membuat contingency plan, akan lebih mudah jika dibuat berdasarkan garis waktunya. Contohnya, apa saja yang harus Anda lakukan pada jam pertama terjadi kecelakaan, begitu juga tindakan pada hari-hari selanjutnya.

  • Skema Komunikasi

Anda juga harus menentukan siapa saja yang diberi tanggung jawab untuk bisa berkomunikasi dengan seluruh anggota pada setiap skenario. Tempatkan orang yang tepat untuk bisa merealisasikan rencana yang sudah disusun.

  • Kebutuhan Manusia

Beritahu setiap departemen di perusahaan Anda untuk membuat draft yang berisi seluruh kebutuhan mereka ketika skenario tersebut dijalankan. Selanjutnya, Anda bisa membuat sistem yang diperlukan untuk menyediakan kebutuhan tersebut.

  • Menguji dan Merevisi Contingency Plan 

Anda bisa melakukan uji coba contingency plan secara bertahap. Jika terdapat perubahan atau area yang bertentangan dengan rencana darurat, maka Anda bisa mengubah atau mengevaluasi ulang contingency plan Anda. 

Nah, itu dia penjelasan mengenai contingency plan lengkap dengan bagaimana cara membuatnya. Bagi Anda yang ingin menyiapkan dana untuk hal-hal yang tidak terduga pada operasional bisnis Anda, P2P Lending dari Investree bisa menjadi solusi. Dengan bunga yang kompetitif dan proses pendaftaran yang mudah (100% online), Investree adalah pilihan tepat bagi pengembangan UMKM di Indonesia. Daftar menjadi lender atau borrower di Investree sekarang juga.

Yuk, siapkan kebutuhan bisnis Anda bersama Investree!

Referensi:

https://accurate.id/marketing-manajemen/contingency-plan-adalah/

https://www.akseleran.co.id/blog/contingency-plan-adalah/

https://www.linovhr.com/contingency-plan/

KV: https://www.freepik.com/premium-photo/hand-pick-wooden-cube-with-text-long-term-blue-background-with-copy-space-investment-concept_25170573.htm#query=contingency%20plan&position=20&from_view=search