Bisnis

Pahami Ekuitas Secara Lengkap dan Mendalam Di Sini

Ekuitas adalah kekayaan atau modal suatu entitas yang diperoleh dari perhitungan selisih jumlah aktiva dengan pasiva. Sederhananya, kekayaan bersih yang diserahkan pemilik dalam bentuk investasi, berikut hasil kegiatan usaha perusahaan terkait. Ada beberapa jenis ekuitas yang wajib Anda ketahui. Apa saja ya? Yuk, simak ulasan lengkapnya di sini!

Apa Itu Ekuitas?

Dalam akuntansi, ekuitas diartikan sebagai nilai penambahan aset dari profit selama tahun berjalan. Oleh karena itu, ekuitas memiliki rumus:

Ekuitas = Aset - Kewajiban / Aset = Kewajiban + Ekuitas

Investasi ekuitas biasanya berkaitan dengan pembelian ataupun penyimpanan saham suatu stok di pasar modal oleh individu, dan dana dalam upaya antisipasi pendapatan dari keuntungan modal atau deviden ketika nilai saham meningkat. Selain itu, adakalanya investasi ekuitas berkaitan dengan akuisisi saham atau pembentukan perusahaan baru.Secara garis besar, tujuan utama pelaporan informasi ekuitas untuk penyediaan informasi pada pihak yang berkepentingan terkait efisiensi atau kepengurusan manajemen. Disamping itu, ekuitas penting dilaporkan sebagai wadah pemaparan informasi riwayat dan prospek investasi pemilik maupun pemegang ekuitas lain, serta menjadi tanggung jawab yuridis pemilik. Untuk memenuhi tujuan itu, informasi perlu disampaikan selengkap mungkin, setidaknya terdiri dari sumber ekuitas, batas perlindungan dan urutan penyerapan rugi, serta pembatasan pembagian dividen dan likuidasi.

Jenis-Jenis Ekuitas

1. Akun Penambah Ekuitas

Sampai saat ini, akun penambah ekuitas bisa diklasifikasikan dalam 2 macam, yakni modal disetor dan laba ditahan. Di mana kedua akun tersebut nantinya bakal dijelaskan secara rinci pada form laporan perubahan ekuitas sebagai unsur penambah ekuitas.

2. Modal Disetor

Modal disetor dikonotasikan sebagai besaran uang yang disetor pemegang saham. Modal disetor sendiri bisa dikelompokkan menjadi 2, yakni:

  • Modal saham yang merupakan jumlah keseluruhan nominal saham yang beredar; dan
  • Agio atau disagio saham, yaitu selisih antara setoran pemegang saham dengan total nominal peredaran saham. Agio diartikan sebagai selisih di atas nominal, sementara disagio adalah selisih di bawah nominal.

3. Pendapatan

Revenues adalah profit sebuah entitas yang bisa memberikan penambahan nilai perusahaan di periode pencatatan. Pada poin ini, pendapatan lebih akrab disebut sebagai laba ditahan yang digunakan untuk melakukan ekspansi perusahaan agar dapat meningkatkan nilai aset dari entitas tersebut.

4. Akun Pengurang Ekuitas

Berbeda dengan akun penambah ekuitas, akun pengurang ekuitas terbagi menjadi pengambilan pribadi dan biaya. Kedua akun tersebut akan dinyatakan sebagai pengurang ekuitas dengan saldo nominal di posisi debit pada laporan keuangan.

Pengambilan pribadi atau yang juga populer dengan prive adalah pengambilan modal yang dilakukan oleh pemilik. Apabila entitas sudah berbentuk perseroan, maka prive hanya bisa dilakukan saat pemilik sudah mengantongi izin dari dewan komisaris.

Sedangkan biaya/beban adalah seluruh cakupan pengeluaran yang dikeluarkan entitas agar bisa menjalankan aktivitas operasionalnya dalam menghasilkan barang maupun jasa. Di laporan ekuitas, beban dan pendapatan tidak secara langsung dicantumkan dalam form, melainkan dalam bentuk laba/rugi.

Kesimpulannya, ekuitas adalah kalkulasi modal pemilik dan pemegang saham, baik itu dalam bentuk kas yang siap untuk dibelanjakan maupun dalam bentuk aset tetap.

Referensi:

Dosen Pendidikan 2. 24 Juli 2021. Ekuitas Adalah. Dosenpendidikan.co.id : https://bit.ly/3k9K2Te

Share this Post

Artikel Terbaru