Bisnis

Modal Usaha Bisnis Cuci Mobil yang Menguntungkan

Bisnis cuci mobil bisa menjadi pilihan bisnis bidang jasa yang menguntungkan. Meningkatnya jumlah pengguna mobil dari waktu ke waktu, membuat usaha cuci mobil makin laris manis. Bagi Anda yang tertarik untuk menjalankan usaha ini, sebaiknya simak tips memulainya dan modal usaha yang dibutuhkan sebagai berikut.

Tips Memulai Usaha Bisnis Cuci Mobil

1. Kenali Jenis-Jenis Cuci Mobil

Ada banyak persiapan yang harus dipersiapkan dengan matang sebelum membuka usaha ini, salah satunya yaitu mengenali jenis-jenis mobil. Informasi mengenai hal ini bisa didapatkan di internet atau bertanya langsung kepada pelaku usaha cuci mobil yang sudah berpengalaman.

Jenis cuci mobil itu sendiri ada empat yaitu cuci mobil hidrolik, robotik, manual dan mobil manual dengan tanjakan. Cari informasi sebanyak mungkin mengenai jenis cuci mobil apa yang paling diminati oleh masyarakat. Jika sudah mendapatkan jawabannya, Anda bisa menentukan pilihan.

2. Siapkan Modal Usaha yang Dibutuhkan 

Supaya bisnis yang diinginkan bisa segera dibuka maka Anda harus mempersiapkan modal yang dibutuhkan. Modal yang dipersiapkan akan digunakan untuk membeli peralatan yang dibutuhkan. selain itu, juga digunakan untuk biaya operasional seperti untuk sewa tempat, biaya listrik, biaya air, gaji karyawan dan sebagainya. Modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha ini cukup besar karena peralatan yang dibutuhkan harganya cukup mahal.

Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan bisnis cuci mobil, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda. Dengan modal tersebut, Anda bisa mengembangkan bisnis cuci mobil dengan lancar dan maksimal.

3. Memilih Lokasi yang Strategis

Salah satu faktor yang menentukan bisnis Anda bisa mendapatkan kesuksesan adalah berada di lokasi yang strategis. Untuk itu penentuan lokasi harus dilakukan dengan benar dan pastikan lokasinya memiliki lahan yang luas. Anda disarankan untuk memilih lokasi yang dekat dan juga mudah dijangkau oleh pelanggan. Selain itu, pastikan lokasi yang dipilih dekat dengan sumber air dan memiliki sumber listrik yang baik.

4. Merekrut Karyawan

Supaya Anda bisa memberikan pelayanan yang baik untuk pelanggan maka perlu untuk merekrut karyawan. Jika bisnis cuci mobil dikerjakan sendiri maka Anda akan kewalahan sehingga pelayanan yang diberikan menjadi kurang maksimal. Untuk itu, Anda perlu merekrut karyawan paling tidak 2 orang. Saat merekrut karyawan Anda juga harus menentukan cara menggaji karyawan. Ada tiga cara menggaji karyawan yaitu sistem gaji tetap, sistem bagi hasil dan sistem campuran. 

5. Melakukan Promosi

Namanya bisnis baru pasti sepi karena belum memiliki pelanggan. Strategi efektif yang bisa dilakukan untuk menarik banyak pelanggan adalah dengan melakukan promosi. Promosi bisa dilakukan dengan membuat spanduk yang mencolok, memanfaatkan media sosial dan sebagainya. Trik promosi yang biasanya dilakukan oleh pebisnis cuci mobil adalah dengan memberikan promo cuci 10 kali gratis 1 kali.

Modal Usaha Bisnis Cuci Mobil

Inilah rincial modal usaha untuk bisnis satu ini:

Biaya pembuatan sumur Rp  5.000.000

Biaya beli alat cuci mobil Rp 50.000.000

Biaya beli meja dan kursi Rp    1000.000

Biaya sewa lokasi Rp   1.500.000

Biaya beli shampo mobil untuk satu bulan Rp      200.000

Biaya beli kanebo Rp      100.000

Biaya beli semir ban Rp      150.000

Biaya gaji karyawan Rp   2000.000

Biaya listrik dan air Rp   1000.000

Biaya bahan kompresor Rp     500.000

Total Rp 60.050.000

Nah itulah informasi tentang tips membuka usaha bisnis cuci mobil beserta modal usaha yang dibutuhkan. Bisnis satu ini menjadi bisnis yang memiliki peluang yang menjanjikan sehingga harus dikelola dan dijalankan dengan baik. Pastikan juga untuk melakukan promosi dengan maksimal.

Referensi :

Fakhri Zahir. 22 Juni 2020. Tips Memulai Usaha Cuci Mobil dan Motor. Bills.alterra.id. https://bit.ly/3wDq5dl

Caca Sugiarto. Kenapa Usaha Cuci Mobil Menggiurkan? Ini Modal dan Caranya. Erakini.com. https://bit.ly/31MbuRf

Share this Post

Artikel Terbaru