Bisnis

Mengenal Usaha Pertanian Lebih Dalam Beserta Peluangnya

Usaha pertanian banyak diartikan sebagai aktivitas manusia dalam memanfaatkan sumber daya hayati yang tersedia untuk menghasilkan bahan pangan, sumber energi, pengelolaan lingkungan hidup, hingga pengadaan bahan baku industri. Lantas bagaimana dan apa saja peluang usaha pertanian yang bisa Anda coba dalami? Cari tahu sekarang juga!

Mengenal Usaha Pertanian Lebih Jauh

Secara umum, usaha di sektor pertanian dibagi ke dalam 2 jenis, yakni perkebunan besar yang dimiliki negara dan perusahaan swasta, serta pertanian kecil yang biasa dilakukan masyarakat di pedesaan dalam bentuk pertanian tradisional.

Hasil usaha tani di Indonesia pun tidak terbatas pada rempah-rempah yang memang diproduksi untuk diekspor ke luar negeri, tapi juga beberapa tanaman yang tumbuh subur di negara tropis. Misalnya saja kelapa sawit, cengkeh, kayu manis, bawang, tebu, tembakau, kakao, kacang hijau, beras, tanaman teh, pala, lada, rami, panili, kapas, kentang, jagung, cabai, hingga beberapa jenis kopi.

Menariknya lagi, hasil tani tersebut terdiversifikasi oleh wilayah yang memproduksinya. Maksudnya, rasa maupun tekstur dari hasil pertanian itu bisa berbeda antar daerah satu dengan daerah yang lainnya, sesuai dengan kondisi tanah dan faktor lainnya.

Peluang Usaha Pertanian yang Menguntungkan

1. Jual Bibit Tanaman

Bibit tanaman sudah pasti sangat dibutuhkan bagi mereka yang tertarik dengan kegiatan tanam-menanam, entah itu sayur-sayuran ataupun buah-buahan. Jenis usaha ini sangat fleksibel dan mudah dijalankan karena dapat dilakukan di rumah. Disamping itu, pasar bibit tanaman tidak terbatas pada masyarakat desa saja, namun juga masyarakat kota yang mengadopsi konsep go green di rumahnya.

2. Jual Pupuk Organik

Pupuk organik banyak dipilih karena dianggap lebih sehat dibandingkan dengan pupuk kimia. Karenanya, peminat jenis pupuk ini sangatlah besar. Anda bisa memulai usaha berbagai jenis pupuk organik dengan racikan yang berbeda, sesuai dengan jenis tanaman.

Untuk dapat memulai bisnis ini, Anda memerlukan modal tidak terlalu besar. Mengingat bahan racikan pupuk yang bisa diperoleh dengan tarif murah. Namun jika Anda memang belum memiliki modal yang cukup, Anda bisa mengajukan pinjaman melalui Investree.

3. Budidaya Rempah-Rempah

Indonesia dikenal sebagai penghasil rempah berkualitas tinggi. Hingga saat ini pun, permintaan global terhadap rempah asal Indonesia masih sangat tinggi. Dari fenomena tersebut, Anda bisa memanfaatkan budidaya rempah-rempah sebagai peluang usaha yang menguntungkan.

4. Budidaya Sayuran Hidroponik

Sayuran hidroponik adalah salah satu jenis sayuran yang dibudidayakan dengan bantuan mineral. Modal yang diperlukan untuk membudidayakan sayuran hidroponik juga cukup terjangkau. Hanya dibutuhkan sekitar Rp 1 - Rp 1,5 juta saja dan usaha agribisnis sudah bisa dibuka dengan ukuran 1x4 meter.

5. Menjual Alat Pertanian

Penjualan alat-alat yang dibutuhkan untuk menanam tumbuhan juga bisa dibuat usaha yang menjanjikan. Beberapa peralatan pertanian yang bisa Anda jual pun beragam, mulai dari traktor, roda, cangkul sekop, dan banyak lagi lainnya.

Selain beberapa peluang di atas, masih banyak potensi lain yang bisa diambil dari usaha pertanian. Sebut saja budidaya tanaman obat, membuka warung jus, budidaya tanaman hias, hingga membuka jasa konsultan pertanian. Selamat mencoba!

Referensi:

4 November 2020. 9+ Peluang Usaha Pertanian yang Menguntungkan. Tipsdanturorial.com : https://bit.ly/3CK4jab

Share this Post

Artikel Terbaru