Bisnis

Mengenal UKM Online Serta Beberapa Contohnya

UKM online saat ini semakin berkembang pesat. Kondisi tersebut membuat orang lebih memilih berbelanja online daripada harus datang langsung ke toko atau supermarket. Tentu saja ini menjadi peluang untuk Anda memulai bisnis secara online untuk meningkatkan jumlah penjualan dan keuntungan. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa pelajari dibawah ini.

Pengertian Usaha Kecil Menengah Online

Usaha kecil menengah online adalah usaha yang memiliki imbal hasil bersih rata-rata Rp. 200 – Rp. 500 juta dengan jumlah karyawan hanya 20-30 orang. Namun, saat ini banyak pelaku usaha kecil menengah online yang menjalankan usahanya sendiri atau dengan bantuan keluarga saja tanpa adanya karyawan.

Usaha kecil menengah online bukan anak cabang dari perusahaan manapun. Jenis usaha Usaha kecil menengah online bermacam-macam mulai dari kulakan, grosir maupun eceran dengan berbagai macam produk.

Usaha kecil menengah online mengalihkan cara berdagang dari konvensional menjadi online dengan memanfaatkan teknologi internet.

Contoh Usaha Kecil Menengah Online

Banyak usaha kecil menengah online yang bisa Anda temukan di berbagai marketplace dan media sosial. Supaya lebih mudah mengenalinya, simak beberapa contoh usaha kecil menengah online yang sering ditemui di bawah ini:

1. Usaha Kecil Menengah Kuliner

Anda bisa melihat jumlah kafe-kafe, resto maupun warung makan yang menawarkan jualannya lewat media sosial seperti Facebook, Instagram dan sebagainya. Bahkan tidak sedikit dari usaha tersebut yang juga menyediakan layanan pesan antar atau delivery order demi memuaskan para pelanggannya.

 

Banyak jenis kuliner yang dijual secara online oleh bisnis usaha kecil menengah misalnya kopi, minuman kekinian, masakan modern dan tradisional, jajanan, angkringan dan sebagainya.

2. Usaha Kecil Menengah Fashion

Gambar 3

Saat membuka aplikasi marketplace, Anda bisa dengan mudah menemukan toko-toko online yang menjual produk fashion atau pakaian jadi. Biasanya usaha kecil menengah fashion online tersebut menawarkan juga kerjasama sebagai dropshipper atau reseller disamping menjual produknya.

Bahkan tidak sedikit diantaranya yang memproduksi sendiri pakaian tersebut seperti kaos, piyama, celana kolor dan lain-lain. Selain ditawarkan lewat marketplace yang sudah cukup dikenal para pelaku usaha kecil menengah fashion tersebut juga seringkali memposting produk-produknya melalui media sosial untuk menjangkau lebih banyak pembeli.

3. Usaha Kecil Menengah Agribisnis

Komoditas yang cukup mudah dijual salah satunya adalah produk agribisnis seperti rempah-rempah, sayur-sayuran, buah-buahan, daging dan telur. Saat ini sudah cukup banyak juga usaha kecil menengah agribisnis yang merambah dunia digital untuk bisnisnya tersebut. 

Terlebih lagi juga sudah tersedia aplikasi marketplace khusus untuk produk agribisnis tersebut membuat jalannya usaha makin mudah. Kalau Anda menjual bibit tanaman hias beserta perlengkapannya termasuk pada kategori bidang agribisnis.

4. Usaha Kecil Menengah Otomotif

Usaha kecil menengah otomotif bisa menjual suku cadang kendaraan ataupun membuka jasa cuci motor/mobil, rental mobil maupun bengkel. Media sosial menjadi wadah yang tepat untuk menawarkan jasa maupun produk otomotif tersebut.

Itulah penjelasan lengkap mengenai UKM online yang penting Anda ketahui. Untuk mengembangkan usaha kecil menengah online tentu membutuhkan modal yang tidak sedikit. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda. Dengan modal tersebut, Anda bisa mengembangkan usaha dengan lancar dan maksimal.

Referensi :

Rumah.com. 13 Agustus 2021. 12 Usaha Kecil Menengah (UKM) untuk Bisnis di Indonesia. Rumah.com : https://bit.ly/3H3ZHhp

Gobiz. 7 September 2021. Apa Itu UKM dan Bagaimana Cara untuk Mulai Mengembangkannya. Gobiz.co.id : https://bit.ly/3qk9GJF

Share this Post

Artikel Terbaru