Bisnis

Mengenal Sistem Informasi Manajemen Beserta Fungsinya

Sistem informasi manajemen adalah sistem yang sangat dibutuhkan terutama dalam kegiatan bisnis supaya bisa dijalankan dengan baik. Sebab, semua bidang membutuhkan sebuah sistem yang bisa mengontrol informasi dengan baik dan juga terorganisir dengan rapi.


Tujuan adanya sistem ini adalah untuk membantu kegiatan bisnis terutama perihal sumber daya manusia. Sumber daya manusia diharapkan bisa jadi lebih tersistem dan juga terstruktur dengan adanya sistem informasi ini.

Pengertian Sistem Informasi Manajemen

Sistem Informasi Manajemen merupakan sekumpulan proses yang di dalamnya terdapat data yang nantinya diolah, dianalisis, serta ditampilkan sehingga data itu bisa berguna untuk penentuan atau penetapan sebuah tindakan dan keputusan. Dengan kata lain, Sistem Informasi Manajemen ini sangat berguna untuk mengendalikan keberlangsungan perusahaan.Sistem ini merupakan sebuah sistem yang berupa lembar excel atau platform yang lebih kompleks. Tak hanya itu saja, sistem ini juga bisa diakses secara internal maupun eksternal, membuat sistem ini jauh lebih efektif dan efisien.Untuk bisa menjalankan sistem informasi manajemen ini perlu beberapa komponen yang saling terkait, yaitu:

1. Manusia

Manusia menjadi komponen utama dalam sebuah sistem terutama Sistem Informasi Manajemen. Manusia yang nantinya berperan dalam merancang, mengolah, membangun, mengoperasikan, dan akhirnya menggunakan sistem itu sendiri.

2. Informasi

Sistem Informasi Manajemen diciptakan manusia untuk menghasilkan informasi yang diperoleh dari pengolahan data mentah menjadi sebuah informasi yang berguna bagi perusahaan. Informasi berguna yang dimaksud adalah informasi yang relevan, bisa dibandingkan, akurasinya tinggi, dan bisa dipertanggung jawabkan.

3. Sistem

Komponen ketiga ini juga tidak bisa dilewatkan, jika dilewatkan maka sistem informasi manajemen tidak akan bisa berjalan. Sistem Informasi Manajemen merupakan sebuah sistem besar yang didalamnya ada subsistem dengan tugas masing-masing. Subsistem tersebut tugasnya ada yang mengolah data hingga menyempurnakan data untuk bisa menghasilkan sebuah informasi yang berguna.

4. Organisasi Manajemen

Organisasi ini penting untuk sebuah sistem besar seperti Sistem Informasi Manajemen. Mengorganisir, merencanakan dan melaksanakan sebuah perusahaan merupakan tugas dari organisasi manajemen.

5. Pengambilan Keputusan

Dalam Sistem Informasi Manajemen tentu ada komponen ini karena memang sistem ini merupakan wadah untuk mengelola sebuah informasi. Dari hal itu maka perusahaan bisa menggunakan informasi relevan untuk mengambil sebuah keputusan yang tepat.

Fungsi Sistem Informasi Manajemen

Sistem Informasi Manajemen dibuat dengan memiliki beberapa fungsi. Tentunya fungsi untuk perusahaan agar bisa berjalan dengan baik. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa fungsi Sistem Informasi Manajemen secara detail:

Untuk memudahkan bagian manajemen dalam menyusun dan membuat perencanaan, mengawasi dan mengarahkan kegiatan kerja untuk semua departemen jadi lebih mudah mengkoordinirnya.

Efektifitas dan efisiensi dalam mengolah data jadi meningkat. Hal ini dikarenakan data dari Sistem Informasi Manajemen merupakan data yang sudah tersaji dengan tingkat akurasi yang tinggi dan real time.

Biaya produktivitas jadi lebih mudah ditekan dan produktifitas perusahaan bisa lebih ditingkatkan. 

Sistem ini juga berfungsi untuk meningkatkan Sumber daya manusia sebuah perusahaan atau organisasi. Dalam Sistem Informasi Manajemen dibutuhkan unit kerja yang sistematis dan dikoordinasi dengan basis teknologi.

Sistem informasi manajemen ini merupakan salah satu aspek yang penting bagi sebuah perusahaan. Sistem yang diperlukan perusahaan untuk mengatur Sumber Daya Manusia supaya lebih terorganisir dan terkontrol. Jika Sumber Daya Manusia dalam kondisi yang baik maka keberlangsungan perusahaan pun bisa lancar.

Kesimpulannya, Sistem Informasi Manajemen adalah sistem yang dibutuhkan usaha agar lebih berkembang. Selain itu, modal juga penting Anda miliki untuk mengembangkan usaha. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha seperti promosi, memperbarui alat produksi dan lainnya, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda.

 

Referensi :

Akidna Rahma. 18 Jun 2021. Penjelasan Lengkap Mengenai Sistem Informasi Manajemen. Majoo.id : https://bit.ly/3mcc82e

Share this Post