Mengenal Sinking Fund Beserta Fungsi dan Cara Kerjanya

Sinking fund adalah salah satu aspek penting dalam perencanaan keuangan yang tidak boleh Anda lewatkan. Dengan memahami sinking fund, maka nantinya akan lebih mudah bagi Anda dalam menghadapi segala situasi dari segi finansial.

Namun, nyatanya masih banyak masyarakat awam yang belum paham tentang pentingnya sinking fund bagi kondisi finansial mereka. Untuk itu, bagi Anda yang masih merasa bingung tentang sinking fund, simak artikel ini sampai akhir, ya.

Apa Itu Sinking Fund?

Sinking fund adalah anggaran keuangan khusus yang berguna untuk memenuhi suatu kepentingan di masa yang akan datang. Kegunaan sinking fund sendiri sangatlah banyak. Anda bisa menggunakannya sebagai dana menikah, dana untuk anak, dana pendidikan, dan lain sebagainya.

Oleh karena itulah, setiap individu yang menerapkan sinking fund pasti memiliki tujuan yang berbeda dan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. 

Di Indonesia, sinking fund kerap disamakan dengan dana darurat. Padahal sebenarnya kedua istilah ini memiliki makna yang berbeda. Sederhananya, sinking fund adalah dana yang memang sengaja dipersiapkan untuk kebutuhan tertentu di masa depan dengan tujuan yang jelas.

Fungsi Sinking Fund

Adapun berbagai fungsi sinking fund adalah sebagai berikut.

  1. Sebagai Persiapan Keinginan Jangka Panjang

Fungsi sinking fund yang pertama adalah untuk menyiapkan dana guna memenuhi keinginan di masa depan. Dengan begitu, keinginan tersebut bisa tercapai tanpa harus mengganggu kondisi finansial.

  1. Terhindar dari Hutang

Dengan adanya sinking fund, maka Anda dapat terhindar dari hutang. Tentu Anda sering melihat orang yang rela berhutang demi memenuhi keinginannya, tetapi memiliki kondisi keuangan yang tidak baik. Berbeda halnya dengan sinking fund yang dialokasikan secara langsung hingga nominalnya cukup untuk membeli apa yang diinginkan.

  1. Menabung untuk Banyak Keinginan Sekaligus

Fungsi daripada sinking fund adalah untuk menabung demi memenuhi beberapa keinginan sekaligus. Misalnya, Anda bisa menabung untuk dana pernikahan, dana beli rumah, dan dana beli mobil dalam satu waktu dengan jangka waktu yang sudah ditentukan.

Cara Kerja Sinking Fund

Agar Anda lebih paham tentang sinking fund, berikut ini adalah cara kerjanya yang perlu diketahui.

  1. Menentukan Tujuan atau Kebutuhan

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk memulai sinking fund adalah menentukan tujuan atau kebutuhan keuangan. Cara ini akan memicu semangat Anda dalam mengalokasikan uang secara konsisten.

  1. Membuka Rekening Khusus

Agar uang pada sinking fund tidak tercampur dengan dana lain dan Anda bisa memantau progres keuangan dengan mudah, disarankan untuk membuka rekening khusus untuk sinking fund ini. Anda bisa memanfaatkan fasilitas transfer otomatis agar proses pengumpulan dana bisa berjalan lancar.

  1. Menambah Penghasilan

Jika sudah membuat jadwal dan total dana yang dibutuhkan, maka Anda harus konsisten dalam menabung. Apabila ternyata pendapatan bulanan tidak cukup jika dialokasikan ke sinking fund, maka Anda perlu mencari penghasilan tambahan.

  1. Menentukan Target Jumlah Sinking Fund

Selanjutnya, Anda juga perlu menetapkan jumlah sinking fund agar dana yang terkumpul menjadi lebih efektif. Anda wajib melakukan estimasi dengan akurat agar tidak ada biaya ekstra ketika menggunakan sinking fund.

  1. Tetapkan Jumlah Uang yang akan Dialokasikan Per Bulan

Langkah terakhir yang harus Anda lakukan adalah menetapkan jumlah uang yang akan disisihkan secara rutin. Perhitungan uang tabungan rutin ini harus disesuaikan dengan kebutuhan sehari-hari dan target dana pada sinking fund yang harus dikumpulkan.

Itu dia penjelasan tentang serba-serbi sinking fund yang perlu Anda pahami agar perencanaan keuangan berjalan dengan lancar.

Referensi:

https://www.gramedia.com/best-seller/sinking-fund/#Apa_Itu_Sinking_Fund

https://www.akseleran.co.id/blog/sinking-fund-adalah/

https://accurate.id/ekonomi-keuangan/sinking-fund-adalah/