Bisnis

Mengenal Perusahaan Multinasional dan Karakteristiknya

Perusahaan multinasional adalah salah satu jenis perusahaan dari banyaknya perusahaan yang ada saat ini. Tentunya, sebuah perusahaan bisa dikatakan multinasional jika sudah memenuhi berbagai macam syarat dan juga memiliki karakteristik tertentu yang sudah masuk dalam level multinasional. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa pelajari apa itu perusahaan multinasional beserta karakteristiknya dibawah ini.

Apa Itu Perusahaan Multinasional?

Perusahaan multinasional merupakan sebuah perusahaan yang mempunyai usaha di banyak negara. Perusahaan ini tergolong dalam perusahaan yang sangat besar. Terdapat satu induk dari perusahaan tersebut di negara asal dan juga ada banyak cabang dari perusahaan multinasional ini di negara lain. Cabang dari perusahaan ini juga tidak main-main. Perusahaan cabang tersebut berdiri kokoh dan tergolong dalam perusahaan besar di negara lain.

Pengelolaan perusahaan multinasional yang ada di beberapa negara tersebut secara operasional telah mandiri dikelola oleh cabang perusahaannya masing-masing. Akan tetapi, mereka mempunyai suatu pusat yang menetap dan digunakan untuk koordinasi perusahaan secara global. Biasanya, perusahaan multinasional tersebut akan dikembangkan dalam status Perseroan Terbatas di banyak negara.

Untuk fungsi kepemilikan dari perusahaan multinasional, semua kebijakan pada perusahaan cabang harus mengikuti kebijakan dari perusahaan induk. Semua hal yang menyangkut manajemennya pu harus menjalankan manajemen dari perusahaan induknya sehingga semua perusahaannya di banyak negara mempunyai sistem dan kebijakan yang sama.

Karakteristik Perusahaan Multinasional

Hingga sekarang banyak yang belum memahami dan mengenali secara penuh apa itu perusahaan multinasional. Selama ini masih banyak yang menyamakan perusahaan ini dengan Corporation. Padahal, keduanya merupakan 2 hal yang berbeda. Oleh sebab itu, Anda harus mengenali karakteristik dari perusahaan multinasional agar tidak keliru lagi dalam penyebutannya.

1. Memiliki Visi dan Misi yang Mendunia

Perusahaan tersebut mempunyai visi dan misi yang jelas serta tegas di mana tujuannya adalah untuk skala internasional atau mendunia. Dalam hal mewujudkan visi dan misi yang mendunia tersebut, semua cara yang dilakukan perusahaan untuk pengembangan bisa mempengaruhi dunia global.

2. Mempunyai Cabang Perusahaan di Luar Negeri

Karakteristik selanjutnya, adanya cabang perusahaan di banyak negara di Luar Negeri. Bahkan, dalam satu negara biasanya juga terdapat lagi anak cabang yang jumlahnya lumayan banyak jika memang perusahaan ini berkembang pesat di negara tersebut.

3. Teknologi yang Digunakan Canggih

Teknologi manajemen maupun sistem pengelolaan perusahaan yang canggih juga menjadi salah satu karakteristik dari perusahaan multinasional. Semua teknologi yang digunakan terpusat di suatu negara di mana perusahaan induk berada dan hal tersebut dapat dikontrol setiap saat dengan cepat. Kecanggihan inilah yang kadang belum dimiliki oleh selain perusahaan multinasional.

4. Menggunakan Sistem Manajemen Global

Tidak ada anak perusahaan multinasional yang mempunyai sistem manajemen mandiri. Sebab, dalam peraturan yang telah dibuat, perusahaan multinasional menerapkan kebijakan dan sistem manajemen yang sama di seluruh dunia dengan perusahaan induknya. Jadi, secara singkat dapat dikatakan bahwa harga jual, pelayanan, dan peraturan dari perusahaan tersebut sama di negara manapun.

Kesimpulannya, perusahaan multinasional adalah perusahaan besar yang mempunyai banyak usaha dengan satu visi dan misi yang sama untuk berkembang. Untuk mengembangkan usaha tentu membutuhkan modal yang tidak sedikit. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha seperti promosi dan lainnya, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda.

Referensi :

Accurate. Perusahaan Multinasional: Pengertian, Karakteristik, dan Contohnya. Accurate.id : https://bit.ly/3aGAnyY

Share this Post