Bisnis

Mengenal Pengertian Revenue Beserta Contohnya

Revenue adalah istilah dalam dunia usaha yang berarti jumlah pendapatan yang berhasil dikumpulkan oleh suatu perusahaan dari kegiatan operasional utama bisnisnya. Istilah revenue umum ditemukan dalam suatu laporan keuangan dalam satu periode tertentu. Revenue tersebut belum termasuk nilai modal yang diberikan oleh para investor.

Mudahnya, revenue bisa dibilang sebagai nilai laba bersih yang berhasil didapatkan oleh sebuah usaha atau perusahaan pada periode tertentu melalui kegiatan utama dalam bisnisnya.

Revenue Menurut Ahli

Pengertian revenue akan menjadi lebih jelas jika kita melihat pendapat dari beberapa ahli berikut ini.

1. Ikatan Akuntan Indonesia (IAI)

Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) mengartikan revenue sebagai penghasilan yang diperoleh perusahaan dari pelaksanaan aktivitas entitas normal dan seringkali dikenal dengan istilah berbeda seperti deviden, bunga, jasa, penjualan, penghasilan, royalti ataupun sewa.

2. Kieso, Warfield dan Weygandt

Ketiga orang ahli tersebut mengatakan bahwa pengertian dari revenue yaitu arus kas dan penyelesaian kewajiban yang berasal dari penyerahan ataupun produksi barang, pemberian jasa serta aktivitas untuk mencari laba yang lainnya. Aktivitas tersebut merupakan operasi utama yang besar dan berlangsung dalam periode tertentu.

3. Diana dan Setyawati

Sementara itu menurut Diana dan Setyawati yang dimaksud dengan revenue adalah arus kas masuk bruto yang didapatkan dari manfaat ekonomi sebagai hasil aktivitas normal pada entitas pada suatu periode dengan syarat aktivitas tersebut membuat kenaikan pada ekuitas yang asalnya tidak melalui kontribusi penanaman modal.

4. Martani, dkk

Revenue merupakan penghasilan yang diperoleh dari aktivitas normal pada suatu entitas serta bisa merujuk pada istilah lainnya seperti pendapatan jasa (fee), penjualan (sales), bunga (interest), royalti (royalty) dan deviden (dividen).

Sumber-Sumber Revenue

Revenue yang berhasil diperoleh perusahaan berasal bisa berasal dari beberapa sumber yang berbeda. Inilah beberapa sumber revenue yang dimaksud menurut Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI).

1. Penjualan Barang

Maksudnya disini yaitu barang yang diproduksi entitas untuk dijual ataupun dijual kembali. Contohnya seperti barang dagangan yang dibeli oleh pengecer untuk dijual kembali pada konsumen.

2. Penjualan Jasa

Penjualan jasa yang menghasilkan revenue adalah yang berhubungan dengan pelaksanaan dari tugas entitas yang disepakati secara kontraktual dan dilaksanakan dalam satu periode. Jasa yang dimaksud  bisa saja diserahkan dalam satu periode atau lebih.

 

Sebagai contoh misalnya revenue yang didapatkan oleh Investree melalui jasa finansial berupa pendanaan ataupun pinjaman bagi masyarakat.

3. Penggunaan Aset Entitas

Digunakannya aset entitas oleh pihak lain akan menyebabkan pendapatan yang berupa :

  • Bunga 
  • Royalti
  • Deviden

Apakah Revenue Sama dengan Income?

Masyarakat masih sering menganggap bahwa revenue dan income adalah hal yang sama padahal keduanya berbeda. Pengertian revenue sudah dijelaskan di atas sementara itu yang dimaksud dengan income adalah nilai keuntungan yang didapatkan oleh suatu usaha atau perusahaan.

Letak perbedaannya secara mudah yaitu revenue berfokus pada pendapatan yang diperoleh perusahaan sementara income cenderung mengacu kepada jumlah keuntungan bersih yang mampu didapatkan oleh perusahaan.

Namun memang pada praktiknya memang penggunaan istilah revenue dan income sering digunakan bersama-sama dan dianggap sama. Keduanya merupakan pendapatan atau penghasilan yang bisa diperoleh suatu usaha maupun perusahaan dari kegiatan utama pada bisnisnya.

Revenue adalah hal yang sangat penting bagi perusahaan supaya bisa mengembangkan bisnis menjadi lebih besar. Oleh sebab itu setiap perusahaan sebaiknya mengetahui secara pasti bagaimana caranya agar nilai revenuenya bisa mengalami peningkatan yang signifikan. Selain itu, perusahaan juga bisa mendapatkan imbal hasil dari instrumen-instrumen investasi seperti Pendanaan. Salah satu platform pendanaan yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan adalah Pendanaan di Investree. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai pemberi pinjaman (Lender) dan peminjam (Borrower). Anda bisa memilih produk pendanaan sesuai preferensi Anda seperti Pendanaan Pinjaman, Surat Berharga Ritel dan Reksa Dana for Lender untuk mendapatkan imbal hasil hingga 20% p.a. Download aplikasi Investree for Lender sekarang juga di Google Play Store dan App Store.

Referensi :

Akidna Rahma. 24 September 2021. Apa itu Revenue? Apa Beda Revenue dan Income? Majoo.id : https://bit.ly/3wskCWJ

Anak Agung Istri Karlita Aprilianti. 27 September 2021. Revenue Adalah: Pengertian, Jenis, dan Cara Menghitungnya. Hashmicro.com : https://bit.ly/3bEXFF

Share this Post