Mengenal Pengertian, Fungsi, dan Rumus Keuangan yang Tepat

Rasio keuangan adalah salah satu bagian penting dalam dunia bisnis yang tidak boleh disepelekan. Khususnya untuk manajemen, investor, dan calon investor. Untuk itu, sangat penting bagi Anda memahami analisis ini agar nantinya bisa mendapatkan keuntungan besar saat berinvestasi.

Apalagi fungsi daripada rasio keuangan sangatlah banyak. Tidak hanya untuk investor, tetapi juga bagi pihak manajemen itu sendiri.

Nah, bagi Anda yang ingin tahu lebih banyak tentang rasio keuangan, simak artikel ini sampai akhir, ya.

Pengertian Rasio Keuangan

Secara umum, rasio keuangan adalah alat untuk mengukur kinerja perusahaan berdasarkan data perbandingan yang ditulis menggunakan laporan keuangan. Adapun laporan keuangan yang dimaksud mencakup laporan neraca, laba rugi, dan juga arus kas dalam satu periode.

Biasanya proses analisis rasio keuangan ini dilakukan oleh para akuntan menjelang akhir periode perusahaan dalam satu tahun. Setelah selesai dianalisis, maka hasilnya akan dilaporkan kepada pihak manajemen.

Tujuannya adalah sebagai pedoman informasi untuk menentukan keputusan maupun kebijakan perusahaan di periode selanjutnya.

Tidak hanya itu saja, rasio keuangan juga bisa digunakan sebagai bahan penilaian seberapa sehat kondisi keuangan perusahaan tersebut sehingga akan memengaruhi pantas atau tidaknya perusahaan mendapat suntikan investasi atau pinjaman dana untuk dikelola.

Fungsi Rasio Keuangan

Adapun berbagai fungsi dari rasio keuangan yang perlu diketahui adalah sebagai berikut.

  1. Mengetahui Optimalisasi Keuangan

Optimalisasi keuangan merupakan suatu analisa rasio keuangan yang dilakukan dengan tujuan untuk melihat penggunaan keuangan secara optimal. Nah, optimalisasi keuangan ini mencakup ada atau tidaknya kecurangan dalam laporan keuangan serta penggunaan keuangan yang dinilai tidak efisien.

  1. Melihat Efektivitas Manajemen Operasional

Dalam sebuah perusahaan, manajemen operasional mencakup penggunaan biaya dan efektivitas dari penggunaan keuangan untuk operasional perusahaan. Makanya, manajemen operasional ini mengacu pada rasio keuangan untuk melihat seberapa efektif kinerja dalam menggunakan biaya untuk kegiatan operasional.

  1. Melihat Optimalisasi Penggunaan Aktiva

Aktiva adalah hal yang penting untuk dievaluasi terkait dengan penggunaannya oleh perusahaan. Besaran aktiva yang dimiliki perusahaan akan dijadikan sebagai bahan pertimbangan bagi manajemen perusahaan untuk memutuskan kebijakan.

  1. Melihat Tingkat Kesehatan Keuangan Perusahaan

Kesehatan keuangan perusahaan artinya Anda selalu mendapat laba dari seluruh aktivitas bisnis. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui tingkat kesehatan keuangan berdasarkan dari rasio tersebut.

Rumus Analisis Rasio Keuangan

Setelah menyimak penjelasan tentang pengertian dan fungsi rasio keuangan, tentu Anda juga harus mengetahui rumus perhitungannya. Berikut adalah penjelasan selengkapnya.

  1. Rumus Rasio Laba (Profitability Ratio)

Tujuan dari rasio laba adalah untuk mengukur tingkat kemampuan sebuah perusahaan dalam mendapatkan keuntungan yang berdasarkan pada nilai penjualan, aktiva, dan modal. Adapun beberapa rumus perhitungan rasio laba antara lain:

  • Gross profit margin = penjualan netto – HPP / penjualan netto x 100%
  • Operating income ratio = penjualan netto – HPP – (EBIT) / penjualan netto x 100%
  • Net profit margin = EAT / penjualan netto x 100%
  • Earning power of total investment = laba sebelum pajak dan bunga / jumlah aktiva x 100%
  • Return of Investment = EAT / jumlah aktiva x 100%
  • Return on Equity = EAT / jumlah equity x 100%
  • Return on Net Worth = EAT / jumlah modal sendiri x 100%
  1. Rumus Rasio Hutang Jangka Pendek (Liquidity Ratio)

Rasio likuiditas ini dibagi menjadi tiga jenis, yakni rasio lancar, rasio cepat, dan rasio kas. Berikut adalah rumus perhitungannya.

  • Rasio lancar (current ratio) = aktiva lancar / hutang lancar x 100%
  • Rasio cepat (quick/acid test ratio) = kas + efek + piutang / hutang lancar x 100%
  • Rasio kas (cash ratio) = kas + efek / hutang lancar

Itu dia penjelasan singkat mengenai rasio keuangan yang penting untuk Anda ketahui. Jadi, Anda sudah semakin paham tentang rasio keuangan, kan?

Referensi:

https://accurate.id/akuntansi/rasio-keuangan/

https://www.jurnal.id/id/blog/rumus-rasio-keuangan-untuk-analisis-rasio-keuangan-perusahaan/