Mengenal Insurable Interest beserta Elemen, Cara Kerja, dan Contohnya

Insurable interest adalah salah satu istilah yang melekat dalam prinsip asuransi. Oleh karena itu, setiap pengguna asuransi tertentu wajib memahami istilah ini apapun produk asuransi yang mereka gunakan. Jika Anda paham tentang insurable interest, maka Anda akan lebih mudah dalam mengetahui hak-hak sebagai pemilik polis asuransi.

Jadi, apa itu insurable interest? Apa saja elemen yang ada di dalamnya beserta cara kerjanya? Untuk Anda yang ingin tahu lebih banyak tentang insurable interest, simak penjelasannya dalam artikel di bawah ini.

Pengertian Insurable Interest

Secara umum, insurable interest adalah jenis investasi yang dapat melindungi apapun yang berkaitan dengan risiko kehilangan finansial. Individu atau sebuah entitas mempunyai kepentingan untuk diasuransikan dalam setiap aset, tindakan, hingga peristiwa. Sebab, jika hal tersebut rusak, maka akan menimbulkan masalah-masalah finansial.

Agar bisa mendapatkan insurable interest, biasanya Anda harus mengurus kebijakan asuransi yang melindungi individu, aset, ataupun peristiwa. Dengan adanya kebijakan asuransi tersebut, Anda dapat meminimalkan risiko kehilangan maupun kerusakan apabila terjadi sesuatu pada aset yang dimiliki.

Tidak hanya itu saja, insurable interest adalah syarat esensial untuk mengeluarkan suatu kebijakan asuransi. Hal ini bertujuan agar individu atau entitas menjadi legal, terlindungi, dan valid dari tindakan membahayakan yang disengaja.

Elemen dalam Insurable Interest

Insurable interest adalah sebuah prinsip yang memiliki beberapa elemen yang wajib dipahami oleh para pemegang polis asuransi. Berikut ini adalah tiga elemen dalam insurable interest yang perlu Anda ketahui.

  1. Memiliki benda atau harta, jiwa dan raga, hak kepemilikan, serta tanggung jawab terhadap segala hal untuk diasuransikan.
  2. Objek asuransi yang dapat diasuransikan tergantung dari ketersediaan produk yang berkaitan dengan benda atau harta, jiwa dan raga, serta hak kepemilikan.
  3. Pemilik polis yang menanggung asuransi harus dalam keadaan yang memang mengalami kerugian pada saat hal yang Anda asuransikan mengalami kerusakan atau masalah dan risiko lainnya.

Cara Kerja Insurable Interest

Dari seluruh penjelasan di atas, Anda bisa menyimpulkan bahwa insurable interest adalah hak yang bisa diklaim oleh pemegang polis asuransi selama dia memiliki kepentingan terhadap asuransi yang telah dipilihnya.

Sebagai contoh, pemegang polis mempunyai mobil pribadi. Tentu aset tersebut mempunyai beberapa risiko, seperti mengalami pencurian, kerusakan, atau komponen tertentu yang mengalami kerusakan akibat sebab tertentu pula. Untuk itu, Anda sebagai pemegang polis dapat memilih asuransi kendaraan bermotor sebagai bentuk proteksi bagi dirinya saat terjadi hal buruk.

Pada dasarnya, semua kebijakan yang berkaitan dengan asuransi mempunyai insurable interest. Pemegang polis diharuskan bersedia untuk membayar sejumlah biaya agar bisa mendapat insurable interest tersebut.

Kemudian, pemegang polis juga tidak boleh mencelakai diri atau merugikan diri dengan sengaja agar pihak asuransi mengeluarkan klaimnya. Hal ini karena pihak asuransi biasanya akan mengecek hal tersebut secara ketat sehingga dapat memberikan klaim pada kasus yang tepat.

Contoh Insurable Interest

Adapun contoh dari insurable interest bisa Anda temukan saat membeli produk asuransi jiwa. Sebab, asuransi tersebut dapat diwariskan jika Anda meninggal dunia. Oleh karena itu, Anda perlu memahami bahwa orang yang akan mendapatkan asuransi tersebut adalah keluarga Anda.

Tentu saja Anda dapat memilih siapa ahli waris yang akan mendapat manfaat dari asuransi tersebut. Baik ahli waris tetap maupun ahli waris cadangan. Makanya, pihak asuransi biasanya akan meminta bukti hubungan keluarga Anda dengan ahli waris yang terpilih.

Itulah informasi singkat tentang insurable interest dalam asuransi. Selain menggunakan produk asuransi, Anda juga diharapkan mulai mencoba berinvestasi. Sebab, investasi ini dapat memberikan keuntungan yang besar di masa depan.

Sebagai pemula, Anda dapat mencoba investasi Reksa Dana for Lender dari Investree. Layanan ini sangat cocok pemula karena mudah, cepat, dan nyaman. Jadi, jangan ragu untuk mencoba layanan dari Investree, ya.

Referensi:

https://www.modalrakyat.id/blog/insurable-interest-adalah

https://www.akseleran.co.id/blog/insurable-interest-adalah/v