Bisnis

Mengenal Inkaso: Pengertian, Mekanisme, dan Keuntungannya

Dalam dunia perbankan, ada beragam istilah yang mungkin bagi sebagian orang awam tidak mengenalnya, contohnya inkaso. Inkaso adalah salah satu jenis pelayanan perbankan untuk nasabah. Lantas, apakah inkaso itu dan bagaimana mekanisme serta keuntungannya bagi nasabah? Untuk tahu lebih lanjut, yuk simak pembahasan berikut ini.

Pengertian Inkaso

Inkaso merupakan salah satu jenis jasa pelayanan perbankan kepada nasabah yang ditawarkan berupa kegiatan melakukan penagihan sejumlah uang ke suatu pihak atau lembaga tertentu di kota berbeda.

Bentuk penagihan tersebut berdasarkan warkat, seperti cek, giro, wesel, dan surat utang. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian inkaso adalah proses penagihan piutang kepada pihak tertagih berdasarkan warkat yang telah ditentukan atas risiko tagihan.

Sementara itu, menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), pengertian inkaso adalah penagihan cek dan surat utang lain yang termasuk surat aksep maupun obligasi kepada penerbit surat berharga, serta menerima pembayaran dari bank pembayar.

Jangan tertukar dengan metode pemindahan dana lainnya seperti kliring. Walau sama-sama memindahkan dana, perbedaan kliring dan inkaso terletak pada objeknya. Kliring adalah salah satu metode perbankan berupa transfer aset dalam bentuk sejumlah uang dengan nominal besar, sedangkan inkaso adalah pemindahan aset dalam bentuk wesel, bilyet giro, cek, money order dan kwitansi.

Jenis-jenis Inkaso

Setelah membahas mengenai beragam pengertian inkaso dalam dunia perbankan, mari melanjutkan pembahasan mengenai jenis-jenis inkaso.Jenis-jenis inkaso dapat dibedakan berdasarkan 3 kriteria yang menyertainya. Yaitu berdasarkan transaksi, lalu lintas dana, dan juga mekanisme pelaksanaannya. 

  1. Berdasarkan Lalu Lintas Dana

Jika dilihat dari lalu lintas dananya, maka inkaso terbagi menjadi dua, yaitu keluar dan masuk. Dalam alur masuk, inkaso adalah sejumlah tagihan masuk yang dibebankan kepada rekening nasabah. Sedangkan, inkaso keluar adalah bentuk penagihan kepada pihak ketiga di luar kota setelah menjalankan perintah dari nasabah.

  1. Berdasarkan Transaksi

Berdasarkan jenis transaksi, pembagian inkaso adalah berdasarkan adanya lampiran berkas. Yaitu, warkat tanpa memerlukan dokumen seperti cek dan giro, dan warkat dengan melampirkan dokumen penting, seperti polis asuransi dan surat berharga lainnya yang telah disetujui pihak bank.

  1. Berdasarkan Mekanisme 

Jenis yang terakhir berdasarkan pelaksanaannya yakni melalui bank lain, dan juga melalui cabang bank sendiri. Melalui bank lain yang dilakukan atas pihak ketiga yang ternyata merupakan nasabah bank lain di luar kota.

Sehingga memerlukan bantuan bank lain. Lalu melalui cabang bank sendiri si pihak ketiga ternyata memiliki rekening di bank yang sama hanya saja berbeda cabang. Itulah mengapa proses pelaksanaannya melalui cabang bank sendiri.

Mekanisme Layanan Inkaso

Layanan nasabah seperti inkaso memiliki mekanisme yang cukup mudah. Ada 2 mekanisme layanan inkaso yang perlu Anda ketahui. Mari simak pembahasan skema inkaso berikut ini.

Mekanisme pertama yaitu teller akan menerima slip permintaan inkaso lengkap dengan warkatnya dari nasabah. Setelah itu, pihak bank akan melakukan pemeriksaan kelayakan warkat yang diterima dan melakukan proses pencocokan kebenaran pengisian slip permintaan inkaso yang terdiri dari:

  • Nomor warkat
  • Tanggal jatuh tempo warkat
  • Nama kota tujuan inkaso
  • Nominal
  • Tujuan pengkreditan hasil inkaso
  • Tanda tangan penyetor

Bila slip warkat dinyatakan cocok dan sesuai, pada lembar belakang warkat dan slip permintaan inkaso akan diberikan stempel teller dan stempel kas keliling. Setelah itu, pihak penyetor akan menerima lembar salinan yang diberikan pihak nasabah. Pihak bank melalui teller akan menyampaikan kepada penyetor bahwa memiliki waktu 3 hari kerja setelah tanggal efektif untuk menghubungi pihak bank dan menyampaikan hasil inkaso.

Ada mekanisme lainnya dari layanan inkaso. Hal ini dimulai dari nasabah yang mengajukan inkaso dan mengambil box teller di dalam brankas utama. Nasabah diharuskan menghitung uang yang terdapat dalam brankas dan melakukan pencocokan saldo. Jika terdapat kekurangan saldo, nasabah bisa mengajukan selisih dalam batas limit yang ditentukan kepada teller. Selanjutnya, pilih dan isi formulir cash exchange.

Setelah itu, pihak nasabah harus memeriksa kelengkapan untuk dimasukkan ke box Teller dan membawa reversing ticket serta tolakan warkat seperti bilyet giro jika ada. Nasabah pun diwajibkan membawa cek dan buku rekening, untuk mengubah tanggal yang ada pada mesin validasi sesuai hari kerja. Proses inkaso dinyatakan selesai jika semua data telah lengkap dan cocok.

Keuntungan Menggunakan Layanan Inkaso

Bagaimana? Sudah paham mekanisme penggunaan layanan inkaso? Selain mudah, ternyata ada beberapa keuntungan menggunakan layanan inkaso yang patut Anda ketahui, Simak beberapa keuntungan menggunakan layanan inkaso berikut ini.

  1. Hemat Biaya
    Tentu saja keuntungan ini menjadi primadona penggunaan layanan inkaso. Sebab, menagih warkat pada kota berbeda tentu butuh biaya yang tidak sedikit mulai dari transportasi dan lainnya. Hal ini dikarenakan, biaya inkaso lebih kecil jika dibandingkan menagih sendiri. 
  2. Hemat Waktu
    Primadona lainnya selain hemat biaya adalah hemat waktu. Penagihan melalui bank akan membantu Anda mengerjakan aktivitas lainnya tanpa tersita waktu harus melakukan perjalanan untuk menagih warkat sendiri. 
  3. Terjamin Keamanannya
    Keuntungan lainnya adalah keamanan transaksi perusahaan yang aman dan terhindar dari risiko kejahatan seperti hilang uang atau dirampok dalam perjalanan. Biasanya yang menggunakan layanan inkaso adalah orang yang melakukan bisnis dan sering melakukan transaksi uang dalam jumlah besar. Sehingga inkaso menjadi pilihan yang tepat bagi pelaku bisnis besar.

Nah, setelah mengetahui pengertian, mekanisme, dan keuntungan menggunakan inkaso, apakah Anda sebagai pelaku usaha tertarik untuk menggunakannya? Selain itu, Anda tidak perlu bingung mengenai menagih uang di luar kota. Namun, jika Anda masih membutuhkan biaya untuk bisnis Anda, Investree hadir untuk menjadi  jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender) sebagai tambahan modal usaha Anda. Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1 persen per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda. Dengan modal tersebut, Anda bisa mengembangkan usaha dengan lancar dan maksimal.

References:

https://accurate.id/ekonomi-keuangan/pengertian-inkaso/

https://lifepal.co.id/media/inkaso-adalah/

Share this Post