Bisnis

Mengenal Industri Kreatif Digital Secara Lebih Mendalam

Industri kreatif digital saat ini memberikan pengaruh besar di dunia perindustrian dan perekonomian. Industri ini juga membantu para pengusaha pemula untuk mengembangkan usahanya. Meski begitu, masih banyak orang yang belum mengerti industri kreatif dan bagaimana cara kerjanya. Oleh sebab itu, berikut ini penjelasan industri kreatif yang bisa Anda pelajari lebih mendalam.

Apa Itu Industri Kreatif Digital?

Industri kreatif digital adalah sebuah industri yang memanfaatkan teknologi digital dengan sentuhan kreatifitas dan inovasi baru para produk dan jasanya. Secara umum, industri digital ini akan menghasilkan produk berupa teknologi canggih yang akan membantu masyarakat untuk mengatasi masalah sehari-hari supaya lebih mudah dalam berbagai macam pekerjaan.

Industri kreatif digital mempunyai pengaruh yang besar terhadap kelangsungan perekonomian. Suatu industri digital dikatakan kreatif dan akan mempunyai dampak positif yang besar jika mempunyai ciri-ciri tertentu seperti halnya mempunyai keunggulan dari sisi kreativitas, menghasilkan desain kreatif yang menjadi ciri khas suatu produk digital, serta memiliki sebuah pembaharuan yang belum dimiliki oleh produk atau jasa sejenis sebelumnya.

Saat ini di Indonesia, banyak sekali industri kreatif digital yang memang terbukti sudah mengalami kesuksesan yang besar dan bisa membantu aktivitas sehari-hari masyarakat. Mulai dari jasa transportasi online hingga marketplace untuk belanja online.

Jenis Industri Kreatif Digital Berpotensi Laris Manis

Dalam industri kreatif digital, ada banyak potensi yang dapat Anda manfaatkan untuk melahirkan suatu produk ataupun jasa. Potensi ini lahir dari beberapa bidang seperti musik, game, aplikasi online shop, dan lain-lain sebagainya. Untuk bisa mencapai kesuksesan dalam industri tersebut, Anda hanya tinggal mencari strategi dan inovasi yang menarik saja. Berikut contohnya:

1. Fashion

Fashion adalah bidang usaha memiliki potensi mendapatkan imbal hasil signifikan dalam jangka panjang. Sebab, setiap hari fashion akan selalu update. Di samping itu, fashion juga sangat mudah untuk dipasarkan secara online. Oleh sebab itu, Anda bisa membuat pemasaran fashion ini menjadi sistem digital.

2. Games

Walaupun game terlihat sepele, tetapi Anda bisa mendapatkan imbal hasil yang signifikan jika menjalankan usaha ini dengan maksimal. Anda bisa bekerjasama dengan developer game untuk membuat game yang sedang trend dengan metode pembayaran yang user friendly. Setelah itu, Anda bisa memasarkan gamenya dengan melalui media sosial atau menggunakan iklan berbayar.

3. Layanan Jasa Online

Layanan jasa online seperti halnya ojek online, layanan pengerjaan tugas secara online dan layanan delivery makanan online saat ini bisa menjadi pilihan usaha yang bisa memberikan imbal hasil cukup besar. Cobalah untuk membuat inovasi baru dalam bidang tersebut.

4. Periklanan

Saat ini banyak brand yang melakukan promosi melalui media online. Dengan begitu, layanan jasa periklanan digital sangat dibutuhkan. Anda bisa melihat ini sebagai peluang bisnis yang sangat menguntungkan. Anda bisa membuka jasa periklanan melalui desain grafis dan sebagainya yang penting buatlah konsepnya menjadi semenarik mungkin.

Inovasi dan kreatifitas dalam industri kreatif digital saat ini memang sangat diperlukan. Jika Anda ingin menjadi seorang pengusaha yang sukses, maka Anda pun harus bisa melihat peluang dan memanfaatkan peluang tersebut dalam industri kreatif digital ini. Buatlah ide dan konsep pada produk dan jasa digital yang akan dibuat semenarik mungkin. Pastikan juga produk atau jasa Anda itu akan membantu masyarakat dalam menyelesaikan beberapa pekerjaan dan keperluan sehari-hari mereka. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha kreatif seperti untuk promosi dan lainnya, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda. Dengan modal tersebut, Anda bisa mengembangkan usaha kreatif dengan lancar dan maksimal.

Referensi :

Creative Digital Indonesia. Juli 02, 2018. Apa itu industri Kreatif Digital?. Cregitindonesia.com : https://bit.ly/3bP675C

Nugraha Sitanggang. Oct 13, 2017. 5 Contoh Industri Kreatif Produktif Digital. Agribisnis.co.id : https://bit.ly/3kiEbf8

Share this Post

Artikel Terbaru