Bisnis

Mengenal Ekspansi Pasar Lebih Dalam dan Cara Melakukannya

Ekspansi pasar adalah suatu upaya sistematis  yang diperlukan untuk meningkatkan penjualan produk lewat perluasan cakupan pasar. Pada fase ini, perusahaan akan berusaha untuk menambah kategori target konsumen, semisal dengan menjangkau segmen konsumen yang berbeda. Lalu, bagaimanakah cara melakukan ekspansi pasar yang benar? Apa saja strategi jitu yang bisa diterapkan dalam ekspansi pasar? Anda bisa pelajari informasi lengkapnya di bawah ini.

Mengenal Lebih Jauh Ekspansi Pasar

Ekspansi pasar sering dijadikan alternatif pilihan supaya perusahaan terus bertumbuh. Diketahui, strategi ini umum diadopsi saat pasar sekarang sudah memasuki fase matang, sehingga memberikan peluang pertumbuhan yang relatif terbatas.

Dewasa ini, urgensi ekspansi pasar semakin mendesak, terlebih jika pertumbuhan perusahaan secara keseluruhan mengalami penurunan. Inilah kenapa banyak entitas bisnis di negara maju yang memutuskan melakukan ekspansi ke pasar luar negeri yang dianggap konsumtif atas produk yang ditawarkannya. Melalui proses ini, jumlah pelanggan potensial akan bertambah, sehingga memungkinkan perusahaan menghasilkan lebih banyak penjualan berikut pendapatan.

Strategi Ekspansi Pasar Global

1. Cek Neraca Perusahaan

Perlu dipahami, proses perluasan usaha secara geografis mensyaratkan biaya yang tidak sedikit. Mulai dari sewa gedung kantor baru, membangun sumber daya manusia yang berkualitas, sampai melakukan kampanye pemasaran guna meningkatkan brand awareness dari masyarakat sekitar. Penting bagi pengusaha untuk mengetahui sekiranya berapa modal yang diperlukan sebelum memasuki pasar asing.

Secara garis besar, besaran biaya ekspansi pada pasar global bergantung pada peraturan, sifat bisnis dan lingkungan hukum usaha, serta budaya di negara target. Anda harus memeriksa kembali riwayat neraca dan laporan arus kas untuk menentukan apakah perusahaan Anda berada pada posisi mampu menangani seluruh biaya yang terlibat dalam inisiatif global atau tidak.

Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda.

2. Memahami Pasar Baru

Pada dasarnya, pasar asing bisa sepenuhnya berbeda dari pasar tempat bisnis Anda berasal. Bukan hanya secara regional atau batasan wilayah saja, melainkan juga perilaku pasar dan konsumen, hambatan bahasa dan budaya, kepatuhan pajak, dan persaingan ketat dari merek lokal. Untuk dapat unggul dari kompetitor lokal, pengusaha harus mengetahui pasar baru sebelum memulai bisnisnya disana. Apakah produk berikut layanan yang ditawarkan akan laku di negara target? Manakah perusahaan lokal yang memberikan persaingan ketat terhadap bisnis yang Anda bangun? Dan lain sebagainya. Semakin baik pemahaman pengusaha terkait target pasarnya, semakin sedikit risiko yang bakal dihadapi saat ekspansi pasar nantinya.

3. Membuat Rencana Bisnis yang Solid

Rencana bisnis yang solid diperlukan untuk memberikan arahan berikut gambaran tujuan pada usaha Anda di pasar asing. Memulai tur bisnis di negara asing tanpa rencana bisnis yang jelas bisa dianalogikan seperti mengemudi dengan mata tertutup kain namun berharap bisa mencapai tujuan akhir.

Rencana bisnis yang sempurna wajib mencakup gambaran bisnis dalam garis besar, rencana operasi, tinjauan bisnis, analisis persaingan, analisis pasar, rencana keuangan dan proyeksi usaha.

4. Membuat Rencana Pemasaran yang Agresif

Produk bermutu tinggi dengan harga jual kompetitif saja tidak cukup untuk meraih simpati dari pasar baru. Perlu dilakukan pemasaran dengan menyebarkan berita tentang produk atau layanan terkait. Tanpa rencana pemasaran yang agresif, kemungkinan besar, bisnis yang diekspansi ke pasar luar tidak bisa sukses.

Pemasaran bisa dilakukan dalam berbagai cara seperti pemasaran konten, pemasaran inbound, pemasaran media sosial, atau jenis pemasaran lain yang sudah disesuaikan dengan kondisi di pasar baru.

Kesimpulannya, ekspansi pasar adalah proses perluasan bisnis dengan cara menjangkau pasar baru yang lebih luas dan memiliki potensi untuk pengembangan usaha di dalamnya.

 

Referensi :

Cerdasco. 12 November 2019. Ekspansi Pasar. Cerdasco.com : https://bit.ly/2ZFlnz9

Clara Aprilia Sukandar. 11 Januari 2019. 5 Strategi untuk Ekspansi Bisnis ke Pasar Global. Wartaekonomi.co.id : https://bit.ly/3GHdmuD

Share this Post