Bisnis

Mengenal Customer Relationship Management dan Cara Kerja

Customer Relationship Management adalah strategi bisnis yang memadukan proses manusia dan teknologi dengan bentuk aplikasi. Dalam menjalankan bisnis, pengusaha akan membutuhkan Customer Relationship Management. Kenapa demikian? Karena Customer Relationship Management bertugas untuk mengelola hubungan dengan pelanggan.

Setiap bisnis pasti pernah merasakan kejadian dimana konsumen atau pelanggan melakukan komplain. Komplain dari konsumen atau pelanggan biasanya dikarenakan pelayanannya yang tidak memuaskan atau bisa juga karena kualitas produk yang kurang baik. Lalu, apa sebenarnya Customer Relationship Management itu? Yuk, simak penjelasannya dibawah ini.

Apa Itu Customer Relationship Management?

Customer Relationship Management merupakan strategi manajemen hubungan konsumen dengan perusahaan yang bertujuan untuk mengelola hubungan baik diantara keduanya, merekam aktivitas konsumen dan mengumpulkan data pelanggan. Merekam aktivitas konsumen bias dilakukan kepada calon konsumen maupun pelanggan tetap perusahaan Anda.

Pengertian Customer Relationship Management berikutnya yaitu pendekatan atau sistem yang mengelola hubungan anatra pihak perusahaan dengan pelanggan sehingga bisa memaksimalkan komunikasi maupun pemasaran produk melalui kontak dari user yang berbeda.  System ini bisa memungkinkan penggunanya untuk mempertahankan pelanggan dan memberikan nilai tambah kepada konsumen.

Dari pengertian diatas diketahui jika Customer Relationship Management ini sangat penting dalam setiap bisnis. Alasannya karena dalam bisnis yang menjual suatu produk tertentu, hubungan antara penjual dan konsumen harus dibangun dengan baik. Jika hubungan keduanya terjalin dengan baik maka akan semakin dekat dengan para pelanggan.

Keberadaan Customer Relationship Management dalam suatu bisnis tidak hanya untuk membangun hubungan baik antara perusahaan dan konsumen saja. Melainkan juga bertujuan untuk meningkatkan banyak penjualan sehingga imbal hasil yang diperoleh semakin besar. Selain itu, Customer Relationship Management juga akan membantu Anda dalam menyediakan berbagai informasi yang dibutuhkan tentang konsumen atau pelanggan, terutama informasi tentang keinginan dan kebutuhan konsumen.

Manfaat Customer Relationship Management

1. Bisa Meningkatkan Kesetiaan Pelanggan

Keberadaan Customer Relationship Management memberikan banyak manfaat, salah satunya bisa meningkatkan kesetiaan pelanggan. Semua informasi tentang pelanggan nantinya akan dikumpulkan melalui email, short message service, social media, website dan sebagainya. Data-data tersebut bisa dimanfaatkan oleh perusahaan untuk memahami para konsumen atau pelanggannya secara konsisten, mudah dalam mencari solusi atas permasalahan yang sedang dihadapi pelanggan, memberikan perhatian ke pelanggan di momen spesialnya dan sebagainya.

Perhatian yang diberikan kepada pelanggan akan memberikan dampak positif berupa meningkatkan kesetiaan pelanggan untuk tetap menggunakan produk atau brand perusahaan Anda, Data yang dikumpulkan melalui Customer Relationship Management nantinya juga bisa dijadikan bekal perusahaan untuk meningkatkan kualitas layanannya.

2. Kegiatan Operasional Semakin Efektif

Kehadiran aplikasi Customer Relationship Management sudah terbukti memberikan banyak kemudahan. Salah satu kemudahan yang diberikan adalah mengatasi keluhan para pelanggan dengan mudah dan cepat. Dalam mengatasi masalah keluhan pelanggan tidak perlu mengeluarkan biaya administrasi, biaya birokrasi dan biaya lainnya. Dengan begini maka kegiatan operasional perusahaan bisa berjalan semakin efektif.

3. Lebih Efisien dalam Menggunakan Anggaran Perusahaan

Penggunaan Customer Relationship Management akan mengurangi biaya pemasaran. Ini dikarenakan setiap produk yang dikeluarkan sudah memiliki atau menemukan pangsa pasarnya masing-masing. Tentu ini membuat perusahaan tidak perlu melakukan survey lagi.

Selain itu, penggunaan Customer Relationship Management ternyata juga bisa membantu meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. Meski begitu, terjadi efisiensi anggaran dana perusahaan supaya tidak terbuang percuma untuk layanan pelanggan yang tidak atau kurang tepat sasaran.

Kesimpulannya, Customer Relationship Management adalah strategi yang berguna untuk mengembangkan usaha Anda. Selain itu, modal juga penting Anda miliki untuk mengembangkan usaha. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda. Dengan modal tersebut, Anda bisa mengembangkan usaha dengan lancar dan maksimal.

Referensi :

redcomm.co.id. 13 September 2020. Mengenal Customer Relationship Management dan Manfaatnya. Redcomm.co.id. https://bit.ly/3q56npz

sekawanmedia.co.id. 29 Desember 2020. CRM: Pengertian, Funsi, Komponen, Tahapan, dan Manfaat untuk Bisnis. Sekawanmedia.co.id. https://bit.ly/3CMo1lu

Share this Post