Bisnis

Memahami Bisnis Jasa Pengiriman Sebelum Memulainya

Bisnis jasa pengiriman menjadi salah satu bisnis yang menguntungkan. Hal ini karena tingginya permintaan masyarakat akan jasa pelayanan tersebut. Banyak masyarakat yang membeli barang dan keperluan sehari-hari di toko online dan marketplace. Tentunya platform tersebut membutuhkan jasa pengiriman untuk mengirim pesanan. Jadi tak heran jika bisnis jasa pengiriman sangat dibutuhkan dan menguntungkan. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa pelajari secara lengkap mengenai apa itu jasa pengiriman dan strateginya dibawah ini.

Strategi Untuk Memulai Bisnis Jasa Pengiriman

Jasa pengiriman adalah layanan yang disediakan untuk mengirim barang. Mulai dari barang elektronik hingga makanan. Semua kebutuhan masyarakat bisa didapatkan lebih mudah dengan adanya layanan ini. Sejak ada pandemi kebutuhan masyarakat akan jasa pengiriman semakin tinggi. Jika dulu jasa kurir ini tidak terlalu terdengar, sekarang kehadiran layanan ini seolah hal yang wajib ada di tengah masyarakat.

Agar bisa memulai bisnis jasa pengiriman ini ada beberapa hal yang harus diketahui dan dilakukan. Hal-hal berikut ini sangat penting karena ini merupakan cara memulai sebuah bisnis jasa pengiriman yang benar.

1. Menghitung Estimasi Modal

Dalam memulai sebuah bisnis atau usaha yang paling dibutuhkan adalah modal. Ini merupakan tonggak dari sebuah bisnis. Untuk bisa mendirikan sebuah bisnis jasa kurir ada rincian modal yang perlu diperhatikan. Pertama ada biaya investasi, cakupan dari jenis biaya ini adalah sewa lokasi usaha minimal sebesar 10 juta rupiah. Lalu ada juga pembelian armada untuk pengiriman seperti mobil dan sepeda motor sebesar 100 juta rupiah. Dalam jasa pengiriman juga selalu dibutuhkan timbangan barang yang nilainya sekitar 2 juta rupiah. Perlengkapan seperti meja, kursi, rak dan semacamnya alokasikan dana minimal 8 juta rupiah. Pastikan juga ada alokasi dana untuk peralatan dan perlengkapan lain 3 juta rupiah dengan pembuatan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) biasanya memakan biaya 1 juta rupiah.

Selain adanya biaya investasi, ada juga biaya operasional yang perlu diperhitungkan juga. Ada upah pegawai, internet, telepon, air, listrik, serta biaya tak terduga. Total perkiraan dari kedua jenis biaya memulai bisnis jasa kurir adalah 200 juta rupiah. Pastikan untuk menyiapkan dana tersebut, bisa dengan menabung maupun mencari pinjaman modal.

Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan bisnis jasa pengiriman, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda. Dengan modal tersebut, Anda bisa mengembangkan bisnis jasa pengiriman dengan lancar dan maksimal.

2. Menentukan Lokasi

Selain modal, tempat atau lokasi yang akan digunakan untuk membuka usaha jasa pengiriman juga penting. Pastikan untuk mencari lokasi yang strategis sehingga lebih mudah menjangkau pelanggan. Tak hanya memudahkan para kurir, pelanggan juga bisa lebih mudah menjangkau tempat tersebut. Semakin strategis dan mudah dijangkau maka akan meningkatkan potensi pelanggan yang datang. Sebaiknya cari yang letaknya di pinggir jalan besar dan dekat dengan banyak fasilitas umum yang lain.

3. Membuat Tarif Pengiriman

Selain tempat yang strategis, tarif pengiriman paket juga menjadi fokus para pelanggan. Buatlah tariff yang bersahabat dengan semua jenis kalangan yang ada. Berikan juga layanan yang maksimal sehingga pelanggan akan merasa nyaman dan bisa menjadi pelanggan tetap. Jika banyak yang memberikan komentar positif terkait tarif serta layanan yang baik, akan semakin banyak konsumen yang datang dan ikut menjadi pelanggan yang tetap.

4. Promosi

Ini adalah aspek penting selain modal dalam menjalankan sebuah bisnis. Promosikan usaha bisnis jasa pengiriman melalui media sosial, website resmi, hingga promosi secara offline. Untuk bisa menarik pelanggan baru sebaiknya berikan potongan harga di awal pengiriman. Buatlah program atau strategi pemasaran sekreatif mungkin sehingga bisa mendatangkan banyak pelanggan.

Itulah penjelasan lengkap mengenai bisnis jasa pengiriman yang bisa Anda pelajari sebelum memulai bisnisnya. Semoga bermanfaat!

Referensi:

Intenesty. August 5, 2021. Melirik Peluang Bisnis Jasa Pengiriman Barang serta Bagaimana Cara Memulainya. Mediaini.com : https://bit.ly/3yuQomY

Share this Post