Manajemen Laba: Pengertian, Fungsi, Faktor Pendorong, dan Cara Melakukannya

Setiap perusahaan pasti ingin mempunyai kondisi keuangan yang stabil agar terhindar dari kebangkrutan. Untuk itulah, banyak perusahaan yang berusaha mengatur sedemikian rupa mengenai kondisi keuangan mereka dengan menerapkan manajemen laba.

Meski manajemen laba adalah bagian penting dalam laporan keuangan, namun nyatanya masih ada beberapa pebisnis yang belum memahami pengertian dan cara melakukannya. Nah, bagi Anda yang ingin tahu lebih banyak tentang manajemen laba, simak artikel ini sampai akhir, ya.

Pengertian Manajemen Laba

Secara umum, manajemen laba merupakan pengelolaan pendapatan dan pengeluaran guna memastikan jika bisnis yang sedang dijalani menghasilkan laba operasi bersih. Manajemen laba ini berkaitan dengan laporan laba rugi untuk membandingkan aspek keuangan dari bisnis Tujuannya adalah untuk membantu menentukan besaran keuntungan bisnis tersebut.

Fungsi Manajemen Laba

Manajemen laba memiliki berbagai fungsi bagi sebuah perusahaan. Berikut adalah penjelasannya.

  1. Memantau Laporan Laba Rugi

Para akuntan bisa menghasilkan laporan yang disesuaikan dengan kebutuhan dan permintaan manajemen. Hal inilah yang membuat manajemen laba dapat memantau laporan laba rugi secara terus-menerus dalam setiap periode.

Pada data laba rugi perusahaan, terdapat berbagai indikator, sepert pendapatan, pengeluaran, hingga laba dan rugi bersih. Laporan inilah yang bisa membantu Anda dalam membuat keputusan bisnis untuk membantu memaksimalkan keuntungan.

  1. Menggabungkan Pemantauan Laporan Laba Rugi dan Pengeluaran Kas

Sebuah manajemen laba yang efektif akan menunjukkan bagaimana perusahaan dapat menghemat uang, menumbuhkan uang tunai yang ada, serta menghindari kehancuran finansial. Artinya, manajemen laba dapat membantu bisnis untuk menghemat uang selama bulan-bulan masa sulit sekaligus mempunyai daya beli pada bulan-bulan yang kuat untuk investasi.

  1. Tim Outsource untuk Manajemen Laba

Bermitra dengan mitra solusi keuangan dan juga akuntansi untuk membangun pembukuan dan akuntan publik adalah salah satu cara untuk menghasilkan laporan secara ketat dan memberikan perspektif yang berbeda kepada manajer.

Faktor Pendorong Manajemen Laba

Adapun beberapa faktor pendorong dalam manajemen laba adalah sebagai berikut.

  1. Hipotesis Rencana Bonus

Hipotesis rencana bonus bertujuan untuk memaksimalkan utilitas yang ada dalam perusahaan. Adapun utilitas yang dimaksud adalah untuk mendapatkan bonus yang tinggi.

  1. Hipotesis Perjanjian Hutang

Hipotesis perjanjian hutang ditujukan bagi manajemen yang melakukan pelanggaran. Tujuannya adalah untuk menjaga reputasi terhadap kemungkinan yang dipikirkan oleh pihak eksternal.

  1. Hipotesis Biaya Politik

Hipotesis biaya politik melihat besar suatu perusahaan, maka akan semakin besar kemungkinan perusahaan tersebut untuk menurunkan laba. Alasannya karena jika labanya tinggi, maka pemerintah akan memberikan pajak yang tinggi juga pada perusahaan.

Cara Melakukan Manajemen Laba

Setelah menyimak tentang pengertian, fungsi, hingga faktor pendorongnya, berikut ini tata cara melakukan manajemen laba yang perlu Anda ketahui.

  1. Mengubah Metode Akuntansi

Setiap perusahaan sudah pasti mempunyai metode akuntansi tertentu dalam menyajikan laporan keuangan sehingga metodenya bisa saja berubah dari tahun ke tahun. Sebagai contoh, perusahaan ingin seolah-olah laba yang dihasilkan naik atau turun. Maka, metode perhitungannya akan diubah pada bagian depresi aktiva atau aset.

  1. Mengatur Kebijakan Akuntansi

Selanjutnya Anda perlu mengatur kebijakan akuntansi atau membuat estimasi akuntansi sendiri. Adapun caranya adalah dengan melibatkan subjektivitas dalam menentukan estimasi piutang yang tidak tertagih, estimasi biaya garansi yang perlu dikeluarkan, serta estimasi biaya untuk masalah di pengadilan.

  1. Menggeser Periode Pendapatan

Cara ini berkaitan dengan keputusan operasional perusahaan, dimana perusahaan akan mempercepat atau menunda pengeluaran untuk riset dan pengembangan perusahaan. 

Itu dia penjelasan mengenai manajemen laba dalam sebuah perusahaan. Jadi, sekarang jangan bingung lagi, ya.

Referensi:

https://www.modalrakyat.id/blog/manajemen-laba

https://accurate.id/akuntansi/pengertian-lengkap-manajemen-laba/ 

KV: https://www.freepik.com/free-photo/close-up-businessman-calculating-invoices-using-calculator_1189459.htm#page=3&query=Profit&position=3&from_view=search