Bisnis

Keuangan ?Santai? di Akhir Tahun ala Pebisnis Pintar

Bagi sebagian besar orang, akhir tahun menandai datangnya momen-momen liburan panjang, perayaan akhir tahun yang meriah, hingga persiapan resolusi tahun baru. Namun apakah hal-hal menyenangkan tersebut sudah pasti akan dialami oleh pemilik bisnis atau Usaha Kecil Menengah (UKM) pula? Belum tentu *evil grin*. Selain mencoba memasukkan sebanyak mungkin penjualan sebelum musim liburan tiba, Anda sebagai seorang pemilik bisnis mungkin juga harus melakukan tutup buku, menyampaikan dan mengarsip Surat Pemberitahuan (SPT) Pajak atau filing, meninjau kinerja bisnis selama setahun belakangan, dan menyiapkan perencanaan tahun depan. Nggak heran jika pemilik bisnis cenderung takut dengan periode ini, terutama jika digabungkan dengan akhir tahun keuangan usaha Anda.

Jangan panik! Kami di sini untuk memberitahu Anda bahwa memiliki keuangan yang santai dan aman di akhir tahun bukanlah sesuatu yang tidak mungkin. Yang perlu Anda lakukan adalah melakukan sedikit perencanaan, didukung dengan bantuan teknologi yang tepat.

Ketahui kewajiban hukum Anda

Sesuai dengan peraturan yang berlaku pada Undang-Undang Ketentuan Umum Perpajakan (UU KUP), setiap pengusaha atau warga negara yang memiliki penghasilan diwajibkan untuk melapor dan membayar pajak secara rutin. Jika Anda merupakan orang pribadi atau badan yang dalam kegiatan usahanya menghasilkan barang, melakukan usaha perdagangan/jasa, mengimpor atau mengekspor barang, atau memanfaatkan barang tidak berwujud/jasa dari luar daerah pabean, berarti Anda wajib lapor pajak.

Untuk menghindari ramainya puncak kunjungan wajib pajak ke Kantor Pajak yang biasanya terjadi di bulan Maret, Anda lebih baik segera menuntaskan keperluan filing atau penyampaian dan pengarsipan Surat Pemberitahuan (SPT) mulai dari sekarang. Sudah bisa online, kok, di sini. Intinya, miliki gambaran yang jelas tentang kewajiban perusahaan Anda serta siapkan dokumen yang perlu Anda ajukan dalam tenggat waktu yang ditentukan. Akhir tahun dijamin bebas stres!

Siapkan laporan keuangan Anda

Untuk mendukung aktivitas Anda pada poin sebelumnya, Anda mungkin perlu menyiapkan laporan laba rugi, penghasilan komprehensif lainnya, dan/atau pernyataan posisi keuangan bisnis Anda. Jangan lupa untuk pasang pengingat agar Anda tetap berada di jalur yang benar dalam menyiapkan dokumen-dokumen tersebut. Untuk memudahkan pekerjaan Anda dalam menyusun laporan keuangan lengkap seperti neraca keuangan, arus kas, laba rugi, dan lain-lain, gunakan bantuan perangkat lunak akuntansi online sehingga Anda dapat menghasilkan laporan ini dengan cepat. Anda juga tidak perlu memasukkan angka secara manual yang mengurangi risiko kesalahan manusia.

Temui dan berkonsultasi dengan akuntan Anda

Jika Anda menyewa jasa akuntan atau petugas pembukuan, sekarang adalah waktu yang tepat untuk mengobrol dengan mereka. Mulai dengan membahas lebih banyak tentang apa yang harus dilakukan bagi akhir tahun keuangan bisnis Anda, dilanjutkan dengan sasaran bisnis Anda pada tahun depan. Jika saat ini Anda tidak menyewa jasa akuntan, pikirkan tentang bagaimana seseorang dapat mendukung usaha Anda di tahun yang baru. Terutama jika mereka pandai menggunakan teknologi untuk menghilangkan stres dari akuntansi dan keuangan – mulai cari akuntan dari sekarang!

Periksa kesehatan bisnis Anda dan rencanakan untuk tahun depan

Setelah Anda memiliki satu set lengkap akun untuk tahun ini, Anda berada di posisi yang bagus untuk meninjau kinerja bisnis Anda dan membuat keputusan strategis demi membantu usaha Anda menjadi tumbuh dan menguntungkan. Selain meninjau sistem teknologi dan melihat penerapan perangkat lunak akuntansi online yang akan mengurus pekerjaan admin, Anda juga sangat disarankan untuk memprediksi peluang-peluang apa yang dapat Anda manfaatkan pada tahun berikutnya, salah satunya dalam memperoleh bantuan pembiayaan. Mulailah mencari tahu dan memilih platform yang tepat sesuai kebutuhan untuk mengajukan pembiayaan demi kelancaran operasional serta perkembangan usaha Anda, salah satunya produk Pinjaman Bisnis dari Investree yang terdiri dari Invoice Financing dan Online Seller Financing. Klik untuk tahu lebih jauh!

Sumber:
https://www.online-pajak.com/cara-lapor-spt-online
http://pajak.go.id/electronic-filing

Share this Post

Artikel Terbaru