Bisnis

Ketahuilah 6 Tips Berjualan Online Demi Keuntungan Anda

Mencari berbagai tips dalam berjualan online dapat menjadi salah satu langkah yang baik dalam mendukung keberlangsungan usaha Anda. Jika tips-tips tersebut dieksekusi secara optimal, bukan tidak mungkin usaha Anda dapat berkembang pesat. Tapi, apa saja tips berjualan online? Untuk informasi lebih jauh, yuk simak ulasan berikut!

Tips Berjualan Online

1. Mengenali Nilai Unik Produk

Apa saja kelebihan produk yang Anda tawarkan? Mungkinkah harganya yang terjangkau, memiliki kualitas super, atau pertama kali diproduksi di kelasnya? Lalu, bagaimana dengan keunggulannya dibandingkan dengan produk kompetitor? Untuk menjawab itu semua, Anda harus mengenali nilai unik produk.

Nilai unik produk atau unique selling point (USP) merupakan titik unik suatu produk yang membedakan usaha Anda dari kompetitor. Dengan membuat USP produk yang jelas, barang dagangan Anda akan lebih mudah diingat dan bisa menyasar pelanggan dengan tepat.

2. Menciptakan Website untuk Toko Online

Marketplace sering dijadikan opsi para pengusaha pemula. Selain fiturnya yang mudah digunakan, marketplace cenderung memiliki trafik yang tinggi. Namun, perlu diingat dalam marketplace banyak kompetitor dan terus bertambah. Alangkah baiknya untuk membuat kolam sendiri atau pasar sendiri dengan membuat website untuk toko online Anda. 

Website toko online lebih efektif dalam membangun brand awareness bagi calon pembeli. Di samping itu, penggunaan website sebagai toko online juga mempunyai beberapa kelebihan, seperti memiliki tingkat persaingan yang rendah, pelaku usaha memegang kendali penuh atas data dalam web, desain web yang bisa disesuaikan dengan brand, serta mudah mengiklankan web melalui Google Ads atau Facebook Ads. Namun, memang perlu diperhatikan bahwa dalam mengembangkan website untuk toko online, Anda juga perlu modal tambahan.

3. Mengeksekusi Content Marketing

Content marketing adalah teknik promosi yang bertumpu pada pembuatan konten relevan, bermanfaat, penting, serta dapat menarik audiens dalam jangka panjang. Semakin bagus dan bermanfaat konten yang dipublikasikan, semakin besar kesempatan usaha Anda ditemukan calon pelanggan lewat mesin pencari. Dalam hal ini, kemungkinan Anda mendapatkan lebih banyak penjualan pun menjadi semakin lebar.

4. Mengaktifkan Media Sosial

Diketahui, ada sekitar 93% pengguna internet yang menjadikan media sosial sebagai wadah berkomunikasi dengan brand, alias customer service. Keberadaan media sosial untuk usaha rintisan dapat meningkatkan brand awareness dari masyarakat sekitar.

Terdapat beberapa poin penting yang bisa Anda jadikan sebagai rencana strategis promosi lewat media sosial, diantaranya adalah riset audiens, riset kompetitor, memanfaatkan fitur iklan, evaluasi strategi marketing, menentukan metrik yang sesuai, hingga menentukan waktu pengunggahan promosi yang tepat.

5. Mengoptimalkan Word of Mouth

Promosi Word of Mouth atau promosi dari mulut ke mulut bisa Anda terapkan untuk menjual produk Anda secara online. Anda bisa menggunakan bantuan influencer untuk meningkatkan penjualan dalam waktu singkat. Namun, jika budget yang dimiliki terbatas, Anda cukup menyediakan kolom review pelanggan di website dan akun media sosial. Dari kolom review inilah, para calon pelanggan dapat menilai kualitas barang dan pelayanan usaha Anda.

6. Membuat Promo

Promo selalu berhasil menarik minat masyarakat untuk membeli produk apapun. Besar promo yang ditawarkan bisa disesuaikan dengan kemampuan dan skala usaha Anda.

 

Itulah beberapa tips jualan online yang dapat Anda terapkan. Dengan penerapan yang tepat, usaha Anda pun bisa berkembang dengan pesat! Namun, hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah perputaran arus kan bisnis yang lancar. Untuk memastikan hal tersebut, Anda juga dapat mencari akses pembiayaan untuk menumbuhkan usaha Anda. Saat ini, akses pembiayaan dapat dengan mudah Anda peroleh dari fintech peer-to-peer lending seperti Investree. Dengan proses yang mudah dan online, Anda dapat memperoleh pembiayaan untuk memperlancar arus kas ataupun mengembangkan usaha Anda.

 

Referensi:

 

Imas Indra. 1 Januari 2020. 10 Tips Sukses Jualan Online 2021. NiagaHoster.co.id : https://bit.ly/3y71U63

Share this Post

Artikel Terbaru