Bisnis

Ketahuilah 6 Strategi Memulai Usaha, Wajib Tahu!

Strategi memulai usaha sendiri perlu diketahui para pelaku usaha pemula. Ada banyak aspek yang perlu diperhatikan agar usaha bisa berjalan dengan lancar. Tidak hanya ide saja yang penting, namun ada beberapa hal penting lain yang perlu dipikirkan. Berikut ini ada sedikit penjelasan singkat mengenai strategi untuk memulai usaha sendiri yang perlu diketahui.

Strategi Memulai Usaha Sendiri

1. Fokus Pada Satu Produk

Saat mulai membuka sebuah usaha atau usaha biasanya ada banyak produk yang ingin dihasilkan dan dijual, tak lain karena ingin segera mendapatkan penghasilan besar dalam waktu yang singkat. Padahal dalam usaha tidak ada yang instan karena semua ada prosesnya. Baiknya untuk permulaan cukup fokus pada satu produk saja.

Produk yang pertama release pastikan laris dan dikenal masyarakat dengan baik. Saat mengeluarkan produk baru maka pemasarannya pun bisa laris sama dengan produk sebelumnya. Asalkan kualitas selalu dijaga dan diutamakan, konsumen puas dan akan repeat order.

2. Problem Solving Product

Strategi selanjutnya adalah menyiapkan problem solving product. Artinya saat akan memulai sebuah usaha pikirkan produk yang akan diproduksi sudah memenuhi konsep problem solving. Konsumen kebanyakan membeli barang karena membutuhkan barang atau jasa yang bisa membantu permasalahannya. Oleh karena itu buatlah sebuah produk yang bisa memenuhi kebutuhan masyarakat dalam mengatasi permasalahannya.

Produk yang bermanfaat tentu akan lebih mudah menarik perhatian dan hati konsumen. Pastikan untuk memikirkan konsep problem solving ini dengan matang sebelum memulai sebuah usaha sendiri.

3. Desain yang Bagus

Desain yang bagus tidak hanya penting untuk menarik perhatian konsumen, nanti juga akan menjadi identitas produk. Semakin unik dan menarik desain produk maka semakin mudah konsumen mengenali produk tersebut. Dari pemilihan warna hingga logo, penting sekali mempertimbangkannya dengan baik agar sesuai dengan karakter produk dan perusahaan.

4. Hindari Hal Terburu-Buru

Rasa antusias dan semangat yang tinggi untuk memulai sebuah usaha biasanya membuat Anda jadi ceroboh karena buru-buru ingin segera menjalankan usaha serta mendapatkan imbal hasil yang besar. Sebaiknya hindari hal terburu-terburu tersebut karena nanti bisa merugikan diri sendiri.

Saat akan memulai sebuah usaha, lakukan trial dan error dan terlebih dahulu untuk mengetahui apa yang masih perlu diperbaiki dari produk yang sudah dihasilkan. Utamakan kepuasan konsumen saat membuat sebuah produk untuk dijual.

5. Menguasai Konsep Usaha

Jika sudah menjadi seorang pengusaha, maka sudah seharusnya Anda menguasai konsep usaha Anda sendiri. Sebagai pelaku usaha harus tahu siapa yang menjadi kompetitor, kendala yang harus dihadapi, dan wawasan seputar manfaat produk yang dihasilkan bagi para konsumen.

Penguasaan konsep usaha ini sangat penting karena nanti akan dibutuhkan saat Anda harus memberikan penjelasan mengenai produk Anda pada investor atau klien yang mengajak bekerja sama.

Untuk lebih mudah, dalam menjalankan sebuah usaha membutuhkan sebuah tim agar pekerjaan bisa dipikul dan dipikirkan bersama supaya bisa terus berjalan. Pastikan untuk membuat tim dengan orang-orang yang bisa diajak bekerja sama dengan tujuan sama yaitu memajukan usaha yang sedang dijalankan.

6. Jangan Putus Asa

Strategi memulai usaha terakhir adalah semangat yang tinggi. Jangan sampai putus asa jika di awal menjalankan usaha ada kegagalan. Ingat selalu, setiap kendala ada solusinya. Asalkan mau terus berusaha, masalah apa saja pasti bisa diatasi dengan baik.

Maksimalkan usaha dengan menguasai strategi usaha dengan baik. Hal itu akan membantu dalam mengembangkan usaha yang dijalankan. Itu dia beberapa strategi memulai usaha yang perlu Anda ketahui dan patut untuk dicoba. Selain menyiapkan strategi memulai usaha, Anda harus menyiapkan modal yang cukup untuk mengembangkan usaha di masa yang akan datang. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda.

Referensi :

Uprint. 7 Strategi Jitu Bagi Anda yang Baru Memulai Bisnis. Uprint.id : https://bit.ly/3AYz0Hk

Share this Post

Artikel Terbaru