Bisnis

Ketahuilah 6 Fungsi dari Promosi Terhadap Suatu Usaha

Fungsi promosi untuk usaha sangat penting Anda ketahui. Promosi menjadi salah satu cara untuk mengembangkan usaha Anda. Dengan promosi, produk Anda semakin dikenal banyak orang dan penjualan semakin meningkat. Untuk mengetahui fungsi dari promosi secara lengkap, Anda bisa mempelajarinya dibawah ini.

1. Menginformasikan Produk

Fungsi promosi paling utama adalah memperkenalkan dan menyebarkan informasi produk kepada calon pembeli. Dari kegiatan promosi ini, produk Anda semakin dikenal banyak orang dan meningkatkan penjualan.

2. Customer Loyalty

Promosi juga dilakukan agar perusahaan bisa mendapatkan pelanggan yang loyal. Jika tingkat loyalitas pelanggan terus bertambah, Anda tidak perlu takut pelanggan Anda beralih ke produk kompetitor.

Namun jika Anda tidak melakukan promosi, tentu pelanggan kurang percaya atau kepercayaannya turun pada produk meski sudah pernah membeli. Bisa jadi pelanggan Anda menganggap produk yang pernah dibeli sudah tidak ada lagi di pasar.

3. Sarana Komunikasi

Komunikasi antara pihak perusahaan dengan calon pembeli baru bisa terjadi dan terjalin jika ada promosi. Promosi menjadi salah satu cara konsumen untuk bisa berkomunikasi pada perusahaan yang memproduksi barang yang dibutuhkannya.

Perusahaan juga demikian, secara tidak langsung perusahaan telah membangun komunikasi melalui promosi. Masyarakat bisa mengenal produk yang ada serta mengetahui juga perusahaan seperti apa yang memproduksi. Informasi penting dari sebuah produk bisa disampaikan dengan cara menarik kepada konsumen sehingga ada komunikasi secara tidak langsung.

4. Sebagai Bentuk Pertahanan dari Kompetitor

Promosi juga bisa menjadi salah satu cara perusahaan untuk bertahan di pasar. Dengan melakukan kegiatan pemasaran atau promosi, secara tidak langsung perusahaan sedang mempertahankan diri dari para kompetitor.

Kompetitor umumnya memberikan perlawanan yang cukup agresif. Perlawanan yang dimaksudnya biasanya dalam bentuk iklan yang juga termasuk dari bagian promosi. Untuk itu, agar bisa bertahan Anda juga perlu membuat promosi produk yang menarik.

5. Trial and Repeat Buying

Fungsi promosi bagi perusahaan adalah untuk meningkatkan penjualan serta mendapatkan banyak pelanggan. Selain itu, promosi juga berfungsi untuk uji kualitas produk ke konsumen. Jika banyak orang yang suka, tentu semakin banyak pelanggan yang melakukan repeat order.

6. Meningkatkan Brand Awareness

Promosi sangat efektif untuk meningkatkan brand awareness produk Anda. Jika Anda sering promosi, maka produk Anda semakin dikenal masyarakat. Dengan promosi, akan terbentuk kesadaran masyarakat akan eksistensi produk itu sendiri dan masuk pada tahap top of mind di masyarakat. 

Jika produk yang sudah menjadi top of mind di tengah masyarakat artinya secara otomatis penjualan akan meningkat. Pembeli pun akan terus bertambah dan semakin banyak pula konsumen yang loyal.

Itulah beberapa fungsi promosi untuk sebuah usaha. Perannya cukup penting dan sangat berpengaruh pada sebuah bisnis. Jadi lakukan promosi dengan baik dan hati-hati. Pastikan konten promosi menarik dan tepat sasaran. Untuk promosi tentu membutuhkan modal yang tidak sedikit. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda.

Referensi :

Ajar Pamungkas. 28 Mar 2021. Pengertian, Fungsi, dan Manfaat Promosi yang Harus Dipahami. Majoo.id : https://bit.ly/3iwnBrh

Share this Post