Bisnis

Ketahuilah 5 Cara Mendirikan Perusahaan Perseorangan

Cara mendirikan perusahaan perseorangan memiliki tahapan yang cukup panjang dan tidak mudah. Anda harus memenuhi berbagai syarat sesuai ketentuan yang dibuat Pemerintah Indonesia. Beberapa dokumen yang wajib Anda siapkan seperti dari akta pendirian perusahaan sampai nomor induk berusaha. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa pelajari beberapa hal yang harus disiapkan untuk mendirikan perusahaan perseorangan di bawah ini.

ACD marketplace

Cara Mendirikan Perusahaan Perseorangan

1. Siapkan Akta Pendirian Perusahaan

Hal pertama yang perlu disiapkan adalah akta pendirian perusahaan. Akta ini merupakan tanda usaha yang Anda jalankan sudah mempunyai kekuatan hukum. Akta pendirian perusahaan ini disahkan oleh Kemenkumham atau Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Isi dari akta ini adalah identitas perusahaan seperti, nama pendiri dan pemilik, alamat, unit usaha, dan anggaran dasar yang merupakan landasan operasional perusahaan. Di akhir surat harus ada tanda tangan dari notaris.

Jika perusahaan tidak memiliki akta pendirian perusahaan ini, artinya bisnis tersebut tidak memiliki kekuatan hukum. Sewaktu-waktu pihak yang berwenang bisa membubarkan perusahaan yang berdiri tanpa izin, karena dianggap sebagai usaha liar. Oleh karena itu penting untuk memiliki surat perizinan ini.

2. Siapkan Surat Izin Tempat Usaha

Perusahaan perseorangan juga membutuhkan Surat Izin Tempat Usaha. Isi surat ini menerangkan lingkungan tempat usaha tidak terganggu dengan adanya usaha tersebut. Cara mendapatkannya dengan mengisi formulir ke petugas perizinan. Jika usaha yang didirikan tidak memberikan dampak yang buruk untuk lingkungan sekitar perusahaan maka Surat Izin Tempat Usaha akan diterbitkan.

Contoh dampak buruk yang bisa dirasakan lingkungan sekitar adalah limbah pabrik, suara yang terlalu bising sehingga mengganggu warga di dekat perusahaan, dan hal-hal yang bisa merugikan masyarakat setempat. Untuk itu, saat mendirikan sebuah usaha sudah harus memikirkan dan mengantisipasi hal tersebut supaya bisnis bisa berjalan lancar dan tidak pihak yang dirugikan.

ACD lender

3. Siapkan Surat Izin Usaha Perdagangan

Surat Izin Usaha Perdagangan dibutuhkan saat mendirikan perusahaan perseorangan. Isinya adalah izin operasional para pelaku bisnis yang berdagang barang atau jasa. Untuk bisa mendapatkan Surat Izin Usaha Perdagangan, saat mengurusnya harus menyertakan Surat Izin Tempat Usaha dan akta pendirian. Masa berlaku hanya 5 tahun dan bisa diperpanjang. Namun sejak tahun 2017, Surat Izin Tempat Usaha cukup diurus satu kali saja dan berlaku seumur hidup.

Surat Izin Usaha Perdagangan adalah surat kelayakan untuk produk yang dihasilkan suatu perusahaan. Produk terbuat dari bahan yang aman, tidak membahayakan, sehingga perusahaan bisa terus beroperasi untuk memproduksi produk tersebut. Kepemilikan Surat Izin Usaha Perdagangan menjadikan perusahaan jadi lebih kredibel dan terpercaya. Masyarakat tidak akan ragu untuk menggunakan barang yang diproduksi dari perusahaan yang sudah mengantongi Surat Izin Usaha Perdagangan.

4. Siapkan Nomor Pokok Wajib Pajak Pemilik

Nomor Pokok Wajib Pajak pemilik perusahaan juga harus ada. Cara mendapatkannya adalah datang langsung ke kantor wilayah pelayanan pajak dengan membawa Kartu Tanda Penduduk serta data usaha yang dijalankan. Jelaskan jika Anda membutuhkan Nomor Pokok Wajib Pajak pengusaha agar nanti saat mendirikan perusahaan secara mandiri tidak ada kesalahan yang menghambat.

5. Siapkan Nomor Induk Berusaha

Untuk yang satu ini bisa didapatkan secara online yaitu melalui Online Single Submission. Secara otomatis data yang masuk pada sistem akan masuk pada data statistik nasional. Caranya adalah dengan membuat akun dulu dengan mendaftar di website resmi oss.go.id.

Itulah beberapa cara mendirikan perusahaan perseorangan yang harus Anda siapkan dari sekarang untuk mengembangkan usaha. Semoga bermanfaat!

Referensi:

Buka Usaha Yuk. Begini Prosedur Dan Cara Mendirikan Perusahaan Perorangan Di Indonesia. Bukausahayuk.com: https://bit.ly/3AnJ1xx

ACD borrower

Imam HW. October 14, 2019. Prosedur Pendirian Perusahaan Perorangan Di Indonesia. Imamhw.com: https://bit.ly/3lDJupc

Share this Post

Artikel Terbaru