Bisnis

Ketahui Pengertian Konsep Bisnis Lebih Dalam Di Sini

Setiap wirausaha sebaiknya bisa membuat konsep bisnis yang baik agar target bisa tercapai. Pengertian konsep bisnis sendiri adalah ide-ide nyata dimana didalamnya terdapat komponen utama yang terdiri dari strategi inti dan sumber dayanya, jaringan nilai serta perantara pelanggan. Penyusunan konsep bisnis tersebut dibuat agar perusahaan bisa mencapai apa yang ditargetkan.

Konsep bisnis bagi sebuah perusahaan memberikan manfaat agar usaha yang dijalankannya bisa memenuhi target pasar dengan merujuk pada nilai-nilai serta tujuan yang ditetapkan. Itulah mengapa alasannya para pelaku usaha atau wirausahawan sebaiknya sangat memahami apa yang menjadi konsep dari bisnisnya tersebut.

Kategori dalam Konsep Bisnis

Konsep bisnis dibagi menjadi beberapa macam kategori yang berbeda yang semuanya wajib dipahami oleh para pelaku usaha. Kategori konsep bisnis tersebut terdiri dari 4 macam, yaitu :

  • Online to offline
  • Business to business
  • Business to customer
  • Customer to customer

Keempat-empatnya tersebut harus dipahami oleh pelaku usaha agar lebih mudah untuk membuat prediksi atas peluang bisnis yang ada serta mengembangkannya.

Fungsi dan Manfaat Konsep Bisnis

Mengapa konsep bisnis tersebut penting untuk disusun dan dipahami oleh pelaku usaha? Konsep bisnis diperlukan agar nantinya jalannya usaha tidak melenceng dari rencana dan bisa memperkecil risiko yang datang. Di dalam setiap bisnis tentu saja suatu saat akan menghadapi risiko baik yang sudah diperkirakan ataupun yang datang tiba-tiba. Nah, lebih jelas mengenai fungsi dan manfaat dari konsep bisnis tersebut bisa Anda simak berikut ini.

1. Merancang Strategi yang Detail dan Matang

Sebelum memulai sebuah bisnis pastinya harus ada acuan yang jelas tentang apa dan bagaimana yang harus dilakukan. Strategi dalam sebuah bisnis memiliki peranan yang sangat penting agar perusahaan bisa memenangkan persaingan pasar.

Namun meskipun begitu kalau strategi tersebut tidak dibuat dengan rinci dan matang maka tidak akan efektif digunakan perusahaan. Artinya perusahaan akan kesulitan menghadapi persaingan yang terjadi pada pasar.

2. Memberikan Arah bagi Bisnis

Menjalankan sebuah bisnis tidak bisa tanpa adanya arah yang jelas dan target yang akan dicapai. Arah atau acuan yang jelas bisa diperoleh dari konsep bisnis yang matang dan rinci seperti pemaparan di atas.

Membuat sebuah konsep dengan jelas dan matang membantu pengusaha menemukan arah yang tepat bagi bisnisnya. Salah satunya melalui pengambilan keputusan yang tepat dalam setiap permasalahan yang dihadapi.

3. Memperkirakan Modal

Konsep bisnis membantu para pelaku usaha untuk lebih mudah menyusun dan membuat perhitungan berapa total modal yang dibutuhkan. Bagaimanapun hampir tidak ada usaha yang bisa berjalan tanpa adanya modal. Sedangkan modal itu sendiri terdiri dari uang dan juga tenaga.

Dengan adanya konsep bisnis pengusaha memiliki acuan untuk membuat perhitungan berapa modal uang yang dibutuhkan dan berapa jumlah tenaga yang diperlukan untuk menjalankan usahanya.

4. Mencari Sumber Modal

Tidak semua pengusaha membuka bisnis menggunakan dana dari dompetnya sendiri. Banyak pengusaha yang menggunakan pinjaman modal dari orang lain untuk memulai dan menjalankan bisnisnya. Oleh sebab itu harus dipikirkan juga dari mana pengusaha tersebut akan mencari sumber dana untuk permodalan.

Salah satu sumber pendanaan bisnis yang bisa anda gunakan adalah pinjaman dari Investree. Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree dengan mudah dan cepat. Investree merupakan pionir fintech lending yang sudah berizin dan diawasi oleh OJK.

Pengertian konsep bisnis seperti penjelasan di atas diharapkan bisa membantu Anda yang ingin memulai sebuah usaha agar lebih mudah dalam menyusun strategi demi memenangkan persaingan pasar yang semakin ketat.

Referensi:

Rizky Indra. 27 Juni 2021. Ini Pengertian Konsep Bisnis Lengkap dengan Fungsinya. Lemonilo.com : https://bit.ly/3igAWV0

Share this Post