Bisnis

Ketahui 6 Karakteristik Kewirausahaan, Wajib Kamu Tau!

Untuk menjadi wirausahawan yang sukses, tentu Anda harus memiliki karakteristik kewirausahaan. Sebab kesuksesan suatu bisnis berawal dari diri seorang wirausahawan itu sendiri.

Dengan berwirausaha, Anda bekerja secara mandiri dan fleksibel tanpa ada ikatan dengan hubungan kerja. Namun meski begitu Anda harus dapat mengatur usaha serta menentukan pendapatan seorang diri. Untuk itulah diperlukan karakter yang sesuai supaya mendukung bisnis yang sedang dijalani.

Nah, untuk mengetahui apa saja karakteristik dalam kewirausahaan yang perlu dimiliki, simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

1. Optimis

Ketika Anda bekerja secara mandiri, segala sesuatu juga harus dipikirkan sendiri. Oleh karena itu Anda harus memiliki sifat optimis. Dengan optimistis, Anda sudah pasti akan selalu memikirkan bagaimana caranya supaya bisnis Anda semakin maju dan berkembang hingga dikenal oleh banyak orang.

Karakter ini kemudian akan menjadikan Anda untuk melihat segala sesuatu sebagai kesempatan dan peluang. Kegagalan yang dialami juga akan dianggap sebagai salah satu jalan menuju kesuksesan.

2. Bertanggung Jawab

Anda tidak hanya berperan sebagai karyawan saja, melainkan juga sebagai pemilik serta penggerak bisnis. Tanggung jawab yang diemban cukup besar. Tentunya dalam kewirausahaan harus memiliki karakteristik yang bertanggung jawab.

Jalan yang Anda pilih, keputusan yang Anda tetapkan, dan lain sebagainya adalah bagian dari tanggung jawab Anda. Dalam berwirausaha, tak hanya imbal hasil yang akan Anda rasakan seorang diri, melainkan juga kerugian serta kegagalan. Untuk itu siap tak siap Anda harus bisa bertanggung jawab dengan segala sesuatu pada usaha atau bisnis yang dijalani.

3. Memilih Risiko Moderat

Karakteristik berikutnya, seorang wirausahawan cenderung memilih risiko moderat. Maksudnya dengan menghindari segala bentuk risiko, baik risiko yang terlalu rendah maupun terlalu tinggi. 

Oleh karenanya wirausahawan harus dapat mempertimbangkan segala sesuatu sebelum mengambil keputusan. Bila dirasa keputusan tersebut cukup berisiko, biasanya mereka akan berusaha untuk meminimalisir dengan banyak cara.

4. Percaya Diri

Kepercayaan diri juga termasuk karakteristik yang harus ada dalam kewirausahaan. Jika wirausahawan tersebut kurang percaya diri, lantas bagaimana bisnisnya akan maju? Percaya diri tersebut juga akan lebih baik diimbangi dengan optimisme serta rasa tanggung jawab yang besar.

Dengan adanya rasa kepercayaan diri yang tinggi, Anda pun akan dapat lebih mengenali potensi diri. Perasaan insecure hanya akan membuat bisnis Anda stagnan dan tidak akan berkembang.

5. Kreatif & Inovatif

Kewirausahaan juga memiliki karakteristik kreatif serta inovatif. Sebagai pengusaha mandiri, Anda harus bisa menunjukkan pada masyarakat bahwa usaha Anda jauh lebih menonjol dan lebih baik dari yang lain. Hal tersebut perlu suatu produk yang otentik, alias unik serta original. Kemampuan Anda dalam menciptakan sesuatu yang berbeda dari yang lain yang akan membuat usaha menjadi lebih maju.

Kalaupun bidang usaha yang dipilih hampir sama dengan yang lain, ada baiknya Anda tidak meniru total dari orang lain. Buatlah usaha orang lain menjadi inspirasi, yang kemudian dimodifikasi dengan keunikan dan gaya Anda.

6. Terencana

Sikap impulsif tanpa perencanaan dapat menjadi bumerang untuk diri sendiri. Terlebih dalam bisnis, Anda perlu menjadi seseorang yang penuh perencanaan. Baik itu rencana jangka pendek maupun jangka panjang, adanya rencana ini akan berguna untuk mengarahkan Anda tidak melenceng dari tujuan awal.

Perencanaan bisnis mulai dilakukan sejak awal sebelum bisnis dibangun. Meliputi tujuan, target pasar, modal, dan lain sebagainya. Persiapan modal inilah yang juga menjadi salah satu penentu. Jika Anda membutuhkan tambahan modal usaha, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda.

Demikian penjelasan mengenai karakteristik kewirausahaan. Semoga bermanfaat.

Referensi :

Akhdi Martin Pratama. 3 Agustus 2021. Mengenal Lebih Dekat Definisi dan Karakteristik Kewirausahaan. Money.kompas.com: https://bit.ly/3mewabo

Share this Post

Artikel Terbaru