Ketahui 5 Indikator Kepuasan Pelanggan dalam Berdagang

Dalam dunia bisnis terdapat indikator yang berpengaruh terhadap tingkat pemasaran produk yaitu indikator kepuasaan pelanggan. Dengan indikator ini, Anda dapat melihat tingkatan dimana konsumen bisa mendapatkan kepuasan saat membandingkan produk yang diharapkan dengan apa yang diterimanya. Semakin tinggi tingkat kepuasaan pelanggan maka mereka akan makin loyal.

Loyalitas pelanggan terhadap suatu produk barang ataupun jasa tentunya merupakan keberhasilan bagi perusahaan. Semakin loyal pelanggan artinya mereka akan cenderung tetap memilih produk Anda dibandingkan milik kompetitor. Otomatis omzet yang diperoleh dari pelanggan dapat makin tinggi yang berdampak pada semakin besarnya imbal hasil yang diperoleh perusahaan.

Komponen dalam Indikator Kepuasaan Pelanggan

1. Kualitas dari Produk

Hal pertama yang akan sangat berpengaruh terhadap tingkat kepuasaan pelanggan tentunya adalah bagaimana kualitas dari produk tersebut. Produk dengan kualitas tinggi pastinya cenderung akan lebih dipilih dan mendekati harapan dari pelanggan.

Biasanya pelanggan akan menjadikan iklan atau promosi produk sebagai patokannya. Jika ternyata kualitasnya dibawah klaim pada iklan pastinya pelanggan akan merasa kecewa dan tidak puas. Namun sebaliknya jika kualitas produk yang diterima sama atau melebihi apa yang dikatakan oleh iklannya pelanggan pasti merasa puas.

2. Kualitas Pelayanan kepada Pelanggan

Kepuasaan pelanggan bukan hanya dipengaruhi oleh kualitas produk saja melainkan juga bagaimana cara memberikan pelayanan kepada mereka. Meskipun produk memiliki kualitas yang bagus tapi cara pelayanannya kurang ramah atau barang selalu habis tentu saja pelanggan akan kecewa.

Begitu juga dengan kecepatan pelayanan yang diberikan kepada pelanggan sangat berpengaruh pada tingkat kepuasaan. Rasanya hampir tidak ada pelanggan yang nyaman dengan pelayanan yang sangat lama dan lelet.

3. Harga Produk yang Ditawarkan

Sudah menjadi hal yang wajar jika sebelum memutuskan untuk membeli produk konsumen akan mempertimbangkan berapa harganya. Pertimbangan harga tersebut bukan semata-mata karena pelanggan hanya mau mendapatkan barang berharga murah saja tapi juga apakah sepadan dengan kualitasnya.

Pelanggan tidak akan segan merogoh kantong cukup dalam jika memang uang yang dikeluarkannya tersebut pantas atau sepadan dengan produk yang didapatkan. 

4. Kemudahan untuk Mengakses Produk

Kualitas produk sudah bagus, pelayanan yang diberikan juga cukup memuaskan, harga murah tapi mengapa produk Anda tetap saja belum mencapai hasil yang maksimal. Coba Anda lihat kembali apakah Anda sudah menyediakan fasilitas tertentu yang bisa membuat pelanggan lebih mudah mendapatkan produk tersebut.

Misalnya dengan menjual produk melalui e-commerce disertai dengan deskripsi yang jelas dan detail. Dengan begitu pelanggan merasa bahwa apa yang ingin mereka ketahui bisa didapatkan. Jangan lupa juga untuk bekerjasama dengan banyak perusahaan ekspedisi supaya lebih luas jangkauannya.

5. Cara Mempromosikan/ Iklan Produk

Pemasaran produk tidak bisa dipisahkan dari cara promosi atau iklan yang efektif. Buatlah promosi atau iklan yang bisa mewakili identitas dari produk tersebut. Pertimbangkan juga untuk menyelipkan unsur edukasi di dalam promosi tersebut supaya produk Anda memiliki nilai tambah di mata pelanggan.

Sebagai contoh iklan sabun mandi dengan menyelipkan informasi tentang bagaimana cara mencuci tangan yang benar.

Tidak bisa dipungkiri bahwa indikator kepuasaan pelanggan menjadi salah satu kunci sukses tidaknya pemasaran produk Anda. Apakah pelanggan akan menjadi semakin loyal atau justru mulai melirik produk sejenis dari kompetitor. Selain itu, Anda harus memiliki modal yang cukup untuk mengembangkan bisnis/usaha. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan bisnis, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda. Dengan modal tersebut, Anda bisa mengembangkan bisnis dengan lancar dan maksimal. Semoga bermanfaat.

Referensi:

Anggie Warsito. 11 Mei 2020. Indikator Kepuasan Pelanggan dan Metode untuk Mengukurnya. Glints.com: https://bit.ly/3qE25UF