Kenapa Harus Jadi Entrepreneur? Dan Simak Langkah Menjadi Entrepreneur Sukses

Kenapa Harus Jadi Entrepreneur Dan Simak Langkah Menjadi Entrepreneur (Pengusaha) Yang Sukses

Pada tahu, nggak? Definisi entrepreneur dan pengusaha itu ternyata berbeda, lho! Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan entrepreneur? Entrepreneur adalah individu yang mampu menciptakan bisnis/inovasi baru dengan target pasarnya sendiri, agar punya nilai tambah dalam ekonomi. Entrepreneur biasa disebut juga dengan wirausaha. Sedangkan, pengusaha cenderung menjalankan ide bisnis yang sudah ada atau sudah dipraktikkan pengusaha lain. Sehingga mereka punya target pasar yang sudah pasti.

Lalu, kenapa harus jadi entrepreneur? Merujuk pada Kementerian Industri dilansir dari money.kompas.com, Indonesia butuh tambahan minimal 4 juta entrepreneur baru untuk ikut mendorong penguatan struktur ekonomi nasional. Rasio wirausaha di Indonesia baru sekitar 3,1% dari total populasi penduduk. Masih kalah dengan Singapura yang sudah mencapai 7% dan Malaysia di level 5%. Peluangnya di Indonesia jelas besar, kok. Mengingat negara kita punya 260 juta penduduk.

Nah, mumpung masih muda, tak ada salahnya wujudkan mimpi jadi entrepreneur. Simak alasan kenapa Anda harus menjadi entrepreneur di bawah ini!

Alasan kenapa harus jadi entrepreneur

Seorang entrepreneur diharapkan punya optimisme yang tinggi dan selalu berpikiran terbuka. Mereka akan berupaya membangun bisnis yang punya dampak positif bagi masyarakat, baik itu besar ataupun kecil. Alasan menjadi entrepreneur adalah sebagai berikut:

1. Ikut mendukung pertumbuhan ekonomi nasional

Dengan bertambahnya jumlah wirausaha di Indonesia, akan membantu perekonomian bangsa karena membuat angka produksi di dalam negeri terus naik. Selain itu, usaha yang dibangun entrepreneur pasti melibatkan banyak orang, sehingga membuka lapangan pekerjaan baru. Dampaknya perekonomian masyarakat pun jadi terbantu.

2. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat 

Dapat dilihat saat pandemi, kondisi ekonomi menjadi lesu dan menambah angka kemiskinan. Banyak orang kehilangan pendapatannya. Dengan jumlah wirausaha yang terus tumbuh, diharap mampu memberi dorongan ekonomi di tengah-tengah masyarakat. Sehingga masyarakat mampu berdaya dan mengurangi tingkat kemiskinan.

3. Semangat berinovasi semakin tumbuh

Bisnis entrepreneur didasarkan pada inovasi yang membawa manfaat sehingga punya nilai lebih. Seorang wirausaha harus mampu menyelesaikan masalah dengan menawarkan solusi, dan tak takut mengambil risiko. Jika jumlah entrepreneur di Indonesia terus bertambah, semakin banyak orang yang termotivasi untuk membuat perubahan. Persaingan pun jadi makin sehat, pilihan lebih beragam, yang membuat para pelakunya akan terus berinovasi.

Baca juga : Tanamkan 7 Pola Pikir Pengusaha Sukses Ini! Agar Bisnismu Bisa Sukses

Jika Anda ingin mengambil bagian dari peran tersebut, coba mulai wujudkan impian Anda sekarang juga. Bagaimana caranya? Berikut Investree punya ulasan di bawah ini!

Langkah menjadi entrepreneur muda yang sukses

Untuk menjadi seorang entrepreneur dibutuhkan ketangguhan. Kenapa? Anda membangun bisnis tidak semata-mata hanya untuk mencari keuntungan. Melainkan juga harus bisa memberi manfaat bagi masyarakat dan kehidupannya. Risiko jelas besar, tapi jika Anda tangguh, Anda dapat mengubah risiko tersebut menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Langkah menjadi entrepreneur adalah sebagai berikut:

1. Lakukan selangkah demi selangkah

Langkah pertama adalah mengambil “action” karena sebuah ide saja tidak akan menjadi apa-apa bila tidak diwujudkan. Anda harus berani dan sesegera mungkin (tidak menunda) untuk merealisasikannya. Buatlah perencanaan bisnis yang jelas agar action yang dilakukan terarah dan signifikan. Rencana bisnis dimulai dari riset mendalam, tentukan target pasar, visi dan misi/profil bisnis, susun strategi pemasaran, serta siapkan modal dan atur keuangannya.

Anda bisa memulai dari bisnis dengan tingkat risiko rendah dan modal kecil dulu. Misal, alih-alih langsung membuka toko atau showroom, Anda bisa memasarkannya melalui online dulu atau membuka stand pameran. Sambil mencari dan membangun pasar, Anda dapat terus belajar mendapatkan formula terbaik. Supaya bisnis bisa berkembang dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan ke depannya.

2. Mulai dari passion berkembang jadi obsession

Semua yang dimulai dari minat dan kesukaan, pasti membuat Anda semangat menjalaninya. Itu kenapa, menekuni bisnis sebaiknya yang sesuai passion agar Anda lebih mudah menguasainya dan membuat bisnis bisa bertahan lama. Tetap asah dan tingkatkan skill yang dibutuhkan, misal dengan mengikuti pelatihan, seminar, atau belajar mandiri, sembari Anda menjalankan bisnis tersebut. Bekerja sesuai dengan passion membuat Anda tidak mudah merasa lelah atau jenuh. Bahkan, memudahkan Anda mendapat ide-ide kreatif yang bermanfaat bagi bisnis.

Passion juga akan menumbuhkan obsesi untuk berkembang. Mengarahkan Anda untuk tidak mudah berpuas diri, serta tidak malas berinovasi. Obsesi yang memberi semangat agar bisnis dapat terus maju, punya daya saing, sehingga bisnis dapat bertahan jangka panjang. Bisnis yang terus berkembang juga akan meningkatkan kepercayaan diri seorang wirausaha, dan mempertajam intuisi saat mengambil keputusan.

3. Punya mentor yang memotivasi

Anda bisa memperoleh pengetahuan tambahan yang tidak ada di dalam buku melalui mentor bisnis. Mereka adalah orang yang sudah lebih dulu nyemplung ke dunia bisnis dan Anda bisa belajar langsung dari pengalaman mereka. Tak jarang kisah mereka menjadi inspirasi dalam berbisnis. Mentor juga bantu Anda mendapat banyak perspektif berbeda seputar bisnis yang Anda jalankan. Termasuk ketika Anda menemukan suatu hambatan, mentor bisa berperan sebagai teman diskusi yang membantu Anda menemukan solusi terbaik.

Dalam bisnis butuh jaringan atau relasi yang luas. Mentor bisnis akan membuka jalur Anda, mulai dari relasi ke komunitas bisnis sampai investor. Mereka juga bisa membantu Anda membangun reputasi bisnis dan personal branding yang sesuai, agar bisnis Anda semakin mudah dikenal.

4. Miliki jiwa entrepreneur sejati

Jiwa entrepreneur adalah karakter yang harus dimiliki untuk meraih kesuksesan dengan bisnis Anda. Apa saja? Ya, seperti hustler dan visioner. Hustler adalah seseorang yang memiliki naluri bisnis, mampu mengelola bisnis dengan baik karena punya visi jangka pendek dan panjang, serta jeli melihat peluang. Jiwa hustler memudahkan Anda membangun tim, mengelola seluruh pekerjaan, membentuk model bisnis, dan memimpin tim. Selain itu, jiwa visioner membuat Anda selalu punya ide-ide inovatif, mampu berpikir out of the box untuk menciptakan sesuatu yang tidak terpikirkan orang lain.

Seorang wirausaha juga sebaiknya menyukai tantangan dan punya keyakinan yang kuat. Sebab, banyak orang memilih untuk bertahan di zona aman. Sedangkan, wirausaha lebih suka menggunakan akal dan kreativitasnya menciptakan peluang bisnis yang menguntungkan. Anda juga harus punya keyakinan atas apa yang dilakukan. Meski selalu ada tantangan, seorang entrepreneur harus tetap optimis dan berupaya mencari jalan keluar.

Baca juga : Ingin Jadi Pengusaha Andal? Berikut 6 Sikap yang Harus Anda Miliki

Setelah mengetahui apa itu entrepreneur, alasan kenapa harus jadi entrepreneur, dan cara mudah wujudkan mimpi jadi entrepreneur, kini saatnya Anda untuk coba melakukan action. Siapa tahu, ini waktunya Anda menjadi salah satunya yang sukses. Jadi, siapa takut? Perbuka juga pengetahuan dan kesempatan Anda terhadap pilihan pembiayaan bisnis seperti platform P2P lending atau fintech lending Investree yang dapat membuat bisnis Anda bertumbuh. Selain prosesnya yang mudah dan cepat serta aplikasi 100% online, Anda bisa menikmati keuntungan bunga terjangkau mulai 1,08% per bulan.

Sebaliknya, jika Anda sebagai pengusaha ingin membantu pengusaha lain maju sekaligus memperoleh imbal hasil hingga 20% per tahun, Anda dapat menjadi Lender dan mendanai melalui platform fintech lending seperti Investree. Lumayan banget karena prosesnya 100% online, risiko pendanaannya terukur, dan leluasa mendanai di mana dan kapan saja pakai aplikasi Investree for Lender. Yuk, daftar di sini!

Referensi:

Cherlia, Dewi, Yunita. 10 Langkah Menjadi Seorang Entrepreneur yang Sukses. Bbs.binus.ac.id: https://bit.ly/3Glzn2P