Bisnis

Kenali Usaha Konveksi Lebih Jauh Beserta Jenis-Jenisnya

Usaha konveksi adalah salah satu jenis usaha dengan peluang yang sangat menjanjikan. Pemilik usaha konveksi memproduksi pakaian atau busana dengan jumlah yang sangat banyak. Tidak mengherankan, jika usaha ini memberikan imbal hasil yang signifikan. Selain itu, pakaian menjadi salah satu kebutuhan pokok manusia yang harus dipenuhi. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa pelajari usaha konveksi beserta jenis-jenisnya dibawah ini.

Pengertian Usaha Konveksi

Usaha konveksi merupakan bidang usaha yang memproduksi pakaian atau busana dalam jumlah yang banyak atau secara massal, sesuai dengan permintaan pasar. Produk yang dihasilkan oleh usaha ini cukup banyak, seperti jilbab, seragam, kaos, kemeja, jaket, baju bayi dan masih banyak lagi.

Usaha konveksi tidak hanya bisa dijalankan dengan membuat pabrik garmen, tetapi juga bisa dijalankan dalam skala rumahan. Menjalankan usaha ini dalam skala rumahan tetap saja akan memiliki peluang usaha yang menjanjikan bahkan bisa berkembang menjadi usaha yang besar. Menariknya lagi, modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar.

Jenis-Jenis Usaha Konveksi

Usaha konveksi memiliki beberapa jenis, antara lain sebagai berikut:

1. Usaha Konveksi Kaos

Jenis usaha konveksi ini sangat mudah untuk ditemukan karena yang menjalankan juga cukup banyak. Ini berarti pesaing atau kompetitornya masih sangat banyak sehingga harus memiliki strategi jitu untuk bisa menguasai pasar. Maka dari itu, Anda yang berencana untuk menjalankan usaha ini disarankan untuk memperhatikan kualitas produk yang diproduksi.

Modal yang harus dikeluarkan untuk menjalankan usaha konveksi kaos  jauh lebih tinggi dibandingkan jenis usaha konveksi lainnya. Ini dikarenakan mesin jahit yang digunakan berbeda dengan mesin jahit yang digunakan untuk memproduksi pakaian lainnya. Bahkan mesin jahit yang digunakan lebih dari satu.

2. Usaha Konveksi Baju Bayi

Memproduksi baju bayi atau anak-anak tidak kalah menjanjikan dibandingkan dengan memproduksi baju orang dewasa. Permintaan pasar akan baju bayi dan anak-anak sangat tinggi sehingga usaha konveksi yang memproduksi baju bayi banyak dicari. Supaya baju bayi yang diproduksi bisa diminati banyak pembeli disarankan untuk menggunakan bahan yang berkualitas dan aman untuk bayi. Selain itu, motif yang dipilih harus lucu-lucu.

3. Usaha Konveksi Jilbab

Jilbab menjadi salah satu produk usaha konveksi yang jumlah permintaannya sangat tinggi. Kondisi ini dipengaruhi oleh merebaknya trend jilbab atau kerudung di kalangan masyarakat. Permintaan pasar terhadap jilbab menjadi peluang yang menguntungkan untuk membuka usaha ini agar kebutuhan pasar bisa terpenuhi.

Untuk memulai usaha ini tidak hanya membutuhkan modal saja, tetapi juga harus mempersiapkan hal-hal lainnya. Contohnya seperti update trend design terbaru, mengetahui kualitas bahan yang diinginkan oleh konsumen dan sebagainya. Untuk mendapatkan informasi mengenai hal itu berarti Anda harus melakukan riset pasar.

4. Usaha Konveksi Seragam 

Jenis usaha konveksi selanjutnya adalah usaha konveksi seragam. Usaha konveksi ini fokus untuk memproduksi baju seragam saja, seperti seragam sekolah, seragam pabrik, seragam kantor dan sebagainya.

Tidak kalah dengan jenis usaha konveksi lainnya, usaha konveksi seragam ini juga memiliki peminat yang cukup tinggi. Sebagai spesialisasi seragam berarti akan memudahkan Anda dalam menentukan target konsumen serta memudahkan dalam mendapatkan bahan-bahan yang dibutuhkan.

5. Usaha Konveksi Busana Muslim Pria dan Wanita

Jenis usaha konveksi yang terakhir adalah usaha konveksi yang memproduksi pakaian muslim untuk pria maupun wanita. Produk yang diproduksi oleh usaha konveksi ini seperti baju koko, baju gamis dan sebagainya. Permintaan produk busana muslim biasanya akan meningkat menjelang bulan suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri.

Nah itulah informasi tentang usaha konveksi beserta jenis-jenis-jenisnya. Usaha konveksi adalah salah satu usaha yang mudah untuk dijalankan karena tidak membutuhkan modal yang besar. Selain itu, peluangnya juga sangat menjanjikan. Namun untuk mengembangkan usaha ini tentu membutuhkan modal yang lebih besar. Misalnya untuk membeli mesin jahit dan lain sebagainya. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha konveksi, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda. Dengan modal tersebut, Anda bisa mengembangkan usaha konveksi dengan lancar dan maksimal.

Referensi :

Husni El Mubarok. 09 April 2021. Jenis-Jenis Usaha Konveksi yang Wajib untuk Diketahui. Buatinfo.com. https://bit.ly/3H5bQCN

Ozora Antari. Mei 2021. Bisnis Konveksi: Bagaimana Cara Menjalankannya?. Jojonomic.com. https://bit.ly/3H57DiA

Share this Post