Bisnis

Kenali Perdagangan Internasional Lebih Dalam Di Sini

Perdagangan internasional sesuai namanya merujuk kepada suatu kegiatan jual beli yang dilakukan oleh dua hingga lebih negara di berbagai belahan dunia. Tujuan utama melakukan jenis perdagangan ini adalah untuk meningkatkan pendapatan negara serta untuk memenuhi kebutuhan yang ada di negara lain yang tidak bisa diproduksi di negara sendiri.

Jenis perdagangan ini tidak hanya dilakukan antara pemerintah negara saja. Melainkan juga dapat dilakukan antar individu dari suatu negara dengan individu atau pemerintah negara lain. Lantas apa saja jenis-jenis serta manfaatnya? Langsung saja simak penjelasannya berikut ini.

Jenis-Jenis Perdagangan Skala Internasional

1. Ekspor dan Impor

Ekspor dan impor sudah umum diketahui sebagai salah satu bentuk dari perdagangan skala internasional. Kegiatan ekspor dan impor dapat dilakukan oleh antar individu, maupun antar pemerintah satu negara dengan pemerintah negara lain.

Ekspor yaitu kegiatan menjual barang atau jasa dari daerah pabean ke luar negeri. Daerah pabean mencakup daerah milik RI yang terdiri dari wilayah darat, laut, maupun udara serta seluruh daerah tertentu yang berada dalam ZEE. Sedangkan impor merupakan kebalikan dari ekspor, yaitu kegiatan membeli barang atau jasa dari negara lain yang tidak bisa diproduksi di dalam negeri.

Dari kegiatan ekspor, negara akan mendapatkan devisa. Dan untuk kegiatan impor, selain negara bisa memenuhi kebutuhan barang atau jasa yang tidak bisa diproduksi di negara sendiri, impor juga dapat mengurangi cadangan devisa negara yang dapat membuat neraca perdagangan mengalami defisit.

2. Border Crossing

Kegiatan perdagangan yang terjadi antar negara yang saling berbatasan disebut dengan border crossing. Perdagangan dengan perjanjian tertentu ini bertujuan untuk memudahkan penduduk di negara perbatasan untuk memenuhi kebutuhan mereka.

3. Konsinyasi

Atau consignment adalah kegiatan perdagangan di mana barang-barang yang akan dijual dititipkan terlebih dahulu kepada pihak lain di negara lain untuk dijual kepada pembeli yang belum dipastikan keberadaannya. Penjualan nantinya berbentuk lelang melalui pasar bebas atau bursa dagang.

4. Barter

Barter adalah kegiatan tukar menukar barang dengan menentukan nilainya terlebih dahulu. Setelah tercapai kesepakatan, barang akan ditukar dengan barang bernilai sama, tapi bukan berbentuk uang.

5. Package Deal

Apabila Anda ingin memperluas pasar dari produk yang Anda miliki ke negara lain, maka diperlukan suatu package deal. Yakni dengan membuat perjanjian dagang dengan suatu negara, yang isi perjanjiannya adalah jumlah barang yang ingin diekspor atau diimpor ke negara lain.

Manfaat dari Perdagangan Skala Internasional

1. Membangun Hubungan Persahabatan Antar Negara

Perdagangan skala internasional dapat membentuk suatu relasi persahabatan dengan negara lain. Dengan adanya hubungan persahabatan yang baik ini, kerjasama antar kedua negara bisa saja berkembang ke banyak sektor selain perdagangan, seperti pendidikan, militer, teknologi dan lainnya.

2. Meningkatkan Kemakmuran Negara

Aktivitas perdagangan skala internasional dapat meningkatkan kemakmuran negara. Hal ini dilihat dari aktivitas pelaku ekonomi diantaranya produsen, konsumen serta pemerintah. Produsen mendapatkan imbal hasil dari angka penjualan ke luar negeri, konsumen mampu meningkatkan utility tanpa kesulitan memperoleh barang yang tidak diproduksi di dalam negeri, dan pemerintah mendapatkan sumber pemasukan devisa negara dari ekspor.

3. Transfer IPTEK

Kegiatan ekspor impor barang juga berperan dalam mempercepat mobilisasi teknologi pada negara pengimpor. Terkhususnya dari negara dengan IPTEK maju ke negara berkembang.

4. Menstabilkan Harga

Barang yang semakin langka maka harganya juga bisa semakin mahal. Dari kegiatan impor itulah, stok di pasar domestik bisa bertambah sehingga dapat menstabilkan harga.

Demikianlah penjelasan mengenai perdagangan internasional. Jika Anda memiliki modal namun kesulitan untuk mengalokasikannya. Anda bisa mengembangkan modal atau dana Anda ke Investree yang sudah terpercaya dan terdaftar OJK. Investree memberikan kemudahan pendanaan dan pengelolaan portofolio langsung dari HP Anda. Selain itu, imbal hasil yang Anda dapatkan sangat atraktif hingga 20% p.a. Semoga bermanfaat!

Referensi:

Ruth Elisha Wijayanti P. 9 Februari 2021. Perdagangan Internasional: Pengertian, Manfaat & Dampak Negatifnya. Tirto.id: https://bit.ly/3zO7NXb

Share this Post

Artikel Terbaru