Bisnis

Kenali 4 Macam-Macam Sistem Ekonomi Ini Secara Mendalam

Macam macam sistem ekonomi penting Anda pelajari untuk mengetahui kondisi dan situasi ekonomi setiap negara termasuk ekonomi di Indonesia. Sistem ekonomi dibuat untuk menghadapi atau menyelesaikan masalah kenegaraan dalam bidang ekonomi. Lalu, apa saja jenis sistem ekonomi yang dimaksud? Dan apa saja karakteristik yang dimilikinya? Yuk, ketahui lebih jauh lewat ulasan berikut!

ACD marketplace

Ragam Macam Sistem Ekonomi

1. Sistem Ekonomi Tradisional

Sistem ekonomi tradisional menjadi sistem ekonomi yang paling konvensional sekaligus terkuno di dunia. Dalam praktiknya, produk yang dihasilkan dan dijajakan di pasar merupakan produk hasil langsung dari keyakinan, tradisi, adat istiadat, agama, dan lainnya.

Masih banyak negara-negara di dunia yang menerapkan sistem ekonomi tradisional. Biasanya, daerah tersebut berupa pedesaan, negara-negara dunia kedua atau ketiga dan daerah yang berhubungan erat dengan tanah melalui sektor pertanian.

Pemerintahan di bawah sistem ekonomi tradisional bisa merasakan beberapa keuntungan seperti minim limbah di kawasan terkait, terjalinnya hubungan yang erat antar anggota masyarakat, serta mampu menimbulkan kepuasan sosial. Namun, di sisi lain penerapan ekonomi tradisional membuat negara tidak dapat menikmati beberapa fasilitas yang terpusat, teknologi, hingga metode kedokteran barat yang super modern.

2. Sistem Ekonomi Komando

Sistem ekonomi komando adalah sistem ekonomi yang sebagian besar dikendalikan langsung oleh kekuatan pusat, alias pemerintah. Jenis sistem ekonomi ini relatif berkembang dengan baik apabila suatu negara penganutnya mempunyai sumber daya berharga dalam skala sangat besar. Dalam hal ini, pemerintah akan mengatur segala tindak produksi sumber daya tersebut, termasuk saat perencanaan pengadaan produk, kebutuhan peralatan produksi, hingga fasilitas yang diperlukan untuk mengolah sumber daya tadi.

Keuntungan utama dari sistem ekonomi ini adalah ratanya pendapatan perkapita masyarakat, harga barang nasional yang lebih stabil, serta terciptanya pasukan yang sehat dari sumber daya milik negara. Namun, pelaku pasar dalam sistem ekonomi ini tidak bisa mengembangkan kreativitas secara bebas, tidak memiliki hak milik atas suatu aset produksi, serta mempunyai keuntungan yang cenderung minim.

ACD lender

3. Sistem Ekonomi Pasar

Di bawah kebijakan sistem ekonomi pasar, pemerintah tidak memiliki hak untuk melakukan intervensi dalam pengendalian sumber daya vital, barang berharga, ataupun segmen utama di sektor perekonomian lainnya. Akibatnya, para pelaku usaha bisa unjuk kreativitasnya dengan bebas, meraup keuntungan seoptimal mungkin, juga adanya kemudahan bagi pebisnis baru untuk memasuki pasar.

Sayangnya, dalam pelaksanaannya, ada banyak pelaku usaha tamak yang hanya mementingkan keuntungan pribadinya. Disamping itu, muncul berbagai tindak monopoli dari pebisnis besar.

4. Sistem Ekonomi Campuran

Sistem ekonomi campuran atau yang juga akrab disebut sebagai dual economy pada dasarnya merupakan kolaborasi dari sistem ekonomi pasar dan sistem ekonomi komando. Dimana prakteknya, pasar akan bergerak sesuai dengan program pasar bebas. Hanya saja, saat terjadi suatu hal yang tidak bisa membaik hanya dengan mengandalkan mekanisme pasar, pemerintah akan turun tangan membentuk kebijakan demi mengendalikan kondisi yang ada.

Menariknya, hak milik perorangan dalam sistem ekonomi campuran tetap diakui, meski sumber daya terbatas yang sifatnya kebutuhan nasional bakal dikendalikan langsung oleh pemerintah.

Itulah beberapa macam macam sistem ekonomi berikut karakteristiknya yang perlu Anda ketahui. Dari penjelasan diatas, Anda pasti sudah mengetahui sistem ekonomi yang diterapkan di Indonesia yaitu sistem ekonomi campuran. Dengan begitu, Anda bisa memulai usaha dan mengembangkan usaha dengan sistem ekonomi yang berlaku. Jika membutuhkan modal tambahan, Anda bisa mengajukan pinjaman modal usaha ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Selain itu, Anda juga bisa melakukan pendanaan ke Investree untuk mendapatkan imbal hasil atraktif hingga 20% p.a. Daftar Investree sekarang juga!

ACD borrower

Referensi:

Kak Ali MT Soshum. Jul 29, 2021. Macam-Macam Sistem Ekonomi | Ekonomi Kelas 10. Ruangguru.com: https://bit.ly/3sPqgAf

Ahmad. Macam-macam Sistem Ekonomi Beserta Kelebihan dan Kekurangannya. Gramedia.com: https://bit.ly/2WrJUGz

Share this Post

Artikel Terbaru