Kenali 4 Jenis-jenis Kredit Modal Usaha Syariah!

Seperti telah kita ketahui pinjaman modal usaha syariah sudah banyak hadir di tengah masyarakat. Namun, masih banyak masyarakat yang hingga saat ini belum memahami betul apa itu sebenarnya Kredit Modal Usaha Syariah. Mulai dari pengertian hingga cara kerjanya banyak dari kita yang belum begitu paham.

Nah kali ini kita akan membahas Jenis-jenis Kredit Modal Usaha Syariah dan penjelasannya. Simak poin-poinnya di bawah ini ya!

Definisi Kredit Modal Usaha Syariah

Sejatinya proses kredit modal usaha syariah relatif sama dengan pinjaman konvensional. Lalu dimana perbedaannya? Perbedaan signifikan Kredit Modal Usaha Syariah terletak pada metodenya yang didasarkan pada hukum islam. Artinya, tiap usaha pada pembiayaan Syariah harus merujuk pada akad yang telah dikeluarkan oleh Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN MUI) atau Pernyataan Kesesuaian Syariah dari DSN MUI. 

Jenis-Jenis Kredit Modal Usaha Syariah

Setelah mempelajari apa itu kredit modal usaha syariah, yuk pahami lebih lanjut mengenai jenis-jenis kredit usaha syariah dan bagaimana cara kerjanya.

  • Kredit Modal Usaha Syariah/Murabahah

Kredit Modal Usaha Syariah Murabahah adalah pembiayaan jangka pendek maupun panjang yang difungsikan untuk pembelian barang-barang yang dibutuhkan dalam pendirian suatu usaha baru atau ekspansi proyek yang sudah ada. Akad yang digunakan untuk pembiayaan investasi syariah adalah Ijarah Muntahia Bit Tamlik (IMBT) dan akad murabahah. 

  • Kredit Modal Usaha Syariah/Mudharabah

Kredit Modal Usaha Syariah Mudharabah adalah pembiayaan untuk kebutuhan modal kerja yang diperlukan peminjam dengan menggunakan metode bagi untung dan rugi (gross rofit and loss sharing) berdasarkan nisbah yang telah disepakati sebelumnya.

  • Kredit Modal Usaha Syariah/Musyarakah

Kredit Modal Usaha Syariah Musyarakah adalah pembiayaan sebagian dari kebutuhan modal kerja yang diperlukan peminjam dengan menggunakan metode bagi untung dan rugi (gross profit and loss sharing) berdasarkan nisbah yang telah disepakati sebelumnya.

  • Kredit Modal Usaha Syariah/Ijarah 

Kredit Modal Usaha Syariah Ijarah adalah pembiayaan pembelian kebutuhan modal kerja yang bersifat jasa/manfaat atas barang/sewa yang diperlukan oleh peminjam.

Online Seller Financing Syariah di Investree

Setelah membaca jenis-jenis kredit modal usaha syariah di atas, sekarang tinggal menentukan produk pinjaman syariah yang akan kamu pilih. Nah, ini nih Produk Kredit Modal Usaha Syariah yang pasti cocok untuk kamu yaitu Online Seller Financing dari Investree! Semua kegiatan kredit modal usaha syariah dari Investree tanpa riba dan bebas dari transaksi yang dilarang oleh syariat Islam. Terdapat juga analisis komprehensif terhadap pembiayaan yang diajukan oleh Calon Penerima Pembiayaan. Pinjamanmu sudah dijamin berkualitas dengan proses mudah 100% online. Langsung pilih dan danai pinjaman hanya dengan sentuhan jari melalui aplikasi Investree for Borrower.

Tertarik untuk mendapatkan pinjaman modal usaha tanpa riba dengan sistem syariah? Yuk bergabung menjadi borrower di Investree. Investree memiliki layanan Kredit Modal Usaha Syariah yang dinamakan sebagai Online Seller Financing Syariah. Tentunya prosesnya mudah, risiko terukur, dan menggunakan prinsip syariah.

Referensi:

Kenali Ragam Pembiayaan Syariah dan Juga Manfaatnya (danamon.co.id)

BCAS – Pembiayaan Modal Kerja iB (bcasyariah.co.id)

Pegadaian