Bisnis

Jenis-Jenis Promosi yang Perlu Diketahui

Jenis-jenis promosi sangat penting Anda ketahui sebagai pelaku bisnis. Promosi menjadi cara efektif untuk mengembangkan usaha lebih maju lagi. Ada beragam jenis-jenis promosi yang bisa Anda terapkan untuk promosi usaha. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa mempelajarinya dibawah ini.

Jenis-Jenis Promosi

1. Traditional Marketing

Salah satu jenis promosi yang bisa Anda coba adalah traditional marketing atau pemasaran tradisional. Meski termasuk cara lama, jenis promosi ini masih banyak digunakan dan cukup efektif.

Jenis promosi ini masih menggunakan media cetak. Mulai dari koran, papan reklame, dan juga brosur. Tak hanya media cetak, media elektronik juga termasuk sebagai bentuk promosi tradisional. Promosi elektronik adalah iklan yang ada di TV atau radio.

Meskipun dikatakan sebagai cara tradisional, jangkauan jenis promosi ini sangat luas. Sayangnya, pelaku bisnis membutuhkan biaya yang cukup besar untuk bisa melakukan kegiatan promosi ini.

2. Digital Marketing

Ada juga pemasaran digital yang saat ini populer dan lebih efektif. Media sosial dijadikan sebagai sarana untuk melakukan promosi produk. Cara ini dianggap efektif karena jangkauan pasarnya sangat luas dan bisa lebih spesifik. Tak hanya itu, dilihat dari segi biaya jenis promosi ini jauh lebih ekonomis dibandingkan dengan jenis promosi yang lain.

3. Direct Marketing

Pemasaran secara langsung atau direct marketing, ada keunggulan atau ciri tersendiri dari jenis promosi tersebut. Ciri khasnya adalah menggunakan sales representative yang melakukan komunikasi secara langsung dengan para konsumen.

Promosi secara langsung ini dapat dikatakan lebih efektif dalam menjalin interaksi langsung dengan para konsumen, sehingga bisa menarik konsumen untuk melakukan pembelian produk baik barang atau jasa pada waktu yang sama.

Dalam melakukan promosi langsung ini membutuhkan tenaga dan juga tempat seperti stand kecil. Bisa juga dilakukan dengan cara berkeliling atau door to door.

4. Endorsement

Jenis promosi yang juga sesuai dengan era digital adalah endorsement. Endorsement sama dengan digital marketing yang memanfaatkan media sosial. Hanya saja dalam endorsement ada bantuan dari influencer untuk melakukan promosi produk.

Sederhananya, Anda harus membayar seorang influencer untuk bisa melakukan promosi endorsement ini. Seorang influencer sudah pasti memiliki banyak pengikut pada akun media sosialnya. Pengikut influencer inilah yang menjadi target pasar Anda dalam melakukan promosi. Misalnya influencer dalam olahraga sepakbola, otomatis pengikut influencer tersebut menyukai olahraga sepakbola. Setelah Anda bayar, influencer tersebut memposting produk Anda dengan memakainya dan merekomendasikannya. Pastikan caption dan desain gambar yang diupload unik dan menarik. Dengan begitu akan banyak orang yang tertarik menggunakan dan membeli produk yang dipakai influencer tersebut.

Jenis-jenis promosi memang ada beragam, semuanya bisa digunakan untuk menjalankan bisnis agar mendapatkan banyak pembeli dan memaksimalkan penjualan. Pilih dan gunakan jenis pemasaran yang sesuai dan sudah direncanakan dengan matang. Jangan sampai melakukan pemasaran asal-asalan dan tidak tepat sasaran. Selain membuang waktu juga termasuk pemborosan. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha seperti promosi dan lainnya, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda.

Referensi :

Sodexo. 09 Apr 2021. Mengenal Jenis-jenis Promosi yang Ampuh Untuk Bisnis Anda. Sodexo.co.id : https://bit.ly/3iAmpTR

Share this Post

Artikel Terbaru