Bisnis

Jenis-Jenis Industri Konstruksi Serta Produk di Dalamnya

Industri konstruksi sekarang ini sudah semakin berkembang, terlihat dari beberapa inovasi yang dilakukan dalam membangun infrastruktur di berbagai kota dan daerah di Indonesia seperti gedung, stadion, apartemen, dan lain sebagainya. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa pelajari berbagai jenis industri konstruksi di Indonesia dan produknya di bawah ini.

Jenis-Jenis Industri Konstruksi

1. Konstruksi Gedung

Jenis yang pertama adalah konstruksi gedung. Untuk jenis konstruksi yang satu ini melibatkan arsitek hingga insinyur sipil, Hal paling penting dalam jenis konstruksi ini adalah aspek arsitektural. Gedung yang dimaksud di sini ada beragam, seperti gedung untuk kepentingan bisnis, gedung yang dibutuhkan untuk bidang kesehatan, gedung untuk pemerintahan, hingga gedung untuk rekreasi.

2. Konstruksi Jalan

Kedua, ada konstruksi jalan yang biasanya dikerjakan karena ada permintaan dari departemen pekerjaan umum atau proyek milik pemerintah. Untuk jenis konstruksi yang satu ini dalam pelaksanaannya ada beberapa step yang perlu dilakukan. Step yang pertama ada pengukuran. Jalan yang akan dibuat atau diperbaiki berukuran berapa dan sepanjang apa.

Lalu, ada step penggalian, ini merupakan kegiatan yang dilakukan pada konstruksi jalan yang biasanya untuk kepentingan perbaikan. Lalu ada step pengerasan dan pengurugan yang juga biasanya dilakukan untuk memperbaiki jalan yang sudah berlubang atau sudah membahayakan masyarakat yang menggunakan jalan.

Jenis konstruksi ini biasanya dilakukan oleh para ahli untuk bisa memenuhi kebutuhan masyarakat akan infrastruktur yang aman. Dalam pembuatan desainnya sendiri ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan dan dihitung sehingga bisa menghasilkan infrastruktur yang ideal.

3. Konstruksi Bangunan Air

Jenis konstruksi terakhir adalah konstruksi yang tergolong sebagai proyek besar Negara. dimana nantinya digunakan untuk kepentingan bersama. Bangunan air di sini seperti waduk, bendungan, pemasangan pipa, dan sejenisnya. Untuk menjalankan jenis konstruksi yang ketiga ini dana yang dipakai langsung dari pemerintah. Namun ada juga pihak swasta yang juga ikut memberikan pembiayaan untuk konstruksi bangunan air.

Produk Industri Konstruksi

1. Konstruksi Gedung Tempat Tinggal

Salah satu produk industri konstruksi yang banyak dibutuhkan adalah gedung tempat tinggal. Konstruksi ini dilakukan untuk membuat dan membangun sebuah area pemukiman. Produk untuk konstruksi gedung tempat tinggal ini seperti rumah, kondominium, hingga apartemen.

2. Konstruksi Gedung Bukan Tempat Tinggal

Lalu ada juga gedung yang dibangun bukan untuk tempat tinggal. Biasanya ini berada di kota atau perkotaan. Gedung yang tidak digunakan sebagai tempat tinggal bisa berupa kantor, rumah sakit, hotel, gedung kesenian, sekolah, bioskop, atau tempat ibadah. Pada intinya konstruksi ini berkaitan dengan fasilitas layanan publik.

3. Konstruksi Bangunan Sipil

Sementara untuk produk bangunan sipil bisa berupa jalan tol, landasan pacu pesawat terbang, rel kereta, jembatan, bendungan, dan sejenisnya. Ini juga masuk pada fasilitas layanan publik khususnya untuk transportasi masyarakat. Jadi terminal, bandara, dan dermaga juga masih merupakan produk dari konstruksi bangunan sipil.

4. Konstruksi Bangunan Elektrik

Produk dari industri konstruksi ini adalah pembangkit tenaga listrik, bangunan transmisi, hingga bangunan khusus untuk tempat jaringan telekomunikasi. Semua bangunan yang ada hubungannya dengan elektrik masuk produk konstruksi bangunan elektrik.

5. Pengerukan

Sungai, rawa, alur pelayaran adalah produk dari industri konstruksi yang masuk dalam jenis konstruksi jalan. Semua produk tadi harus melewati tahap pengerukan, dimana pengerukan masih bagian dari konstruksi jalan.

Itulah beberapa jenis sekaligus produk dari industri konstruksi yang ada di Indonesia. Untuk mengembangkan usaha, Anda harus memiliki gedung berupa kantor untuk menambah kepercayaan klien dan mempercepat kinerja usaha Anda. Tentu untuk memgembangkan usaha membutuhkan modal yang cukup besar. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha terutama untuk mendukung kegiatan operasional dan memperkuat cashflow, Anda bisa mengajukan pinjaman melalui Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda.

Referensi:

Solusi Konstruksi. Jenis dan Produk dalam Industri Konstruksi. Solusikonstruksi.com: https://bit.ly/3lA2G7k

Share this Post

Artikel Terbaru