Bisnis

Intip Cara Mudah dan Benar Membuat Surat Penawaran Barang atau Jasa Perusahaan Anda!

Pengertian Surat Penawaran Barang atau Jasa

Surat penawaran barang atau jasa adalah sebuah media berbentuk surat resmi untuk melaksanakan penawaran barang atau jasa dalam segala aktivitas ekonomi. Lebih jelasnya, surat penawaran adalah surat usaha yang dikeluarkan berhubungan dengan barang atau jasa tertentu yang digunakan untuk konsumen dengan tujuan untuk mewujudkan kelancaran dalam proses transaksi. 

Manfaat Surat Penawaran Barang atau Jasa

  1. Membantu perusahaan agar dapat menilai secara kritis dan objektif mengenai bidang industri yang akan ditekuni;
  2. Membantu mengidentifikasi adanya risiko di saat sehingga memudahkan untuk melakukan tindakan antisipasi;
  3. Memberi informasi mengenai potensi pasar, perkiraan pasar, dan potensi finansial yang mungkin dicapai;
  4. Memiliki dokumen ringkas yang mengandung informasi penting dan sebagai bentuk evaluasi finansial perusahaan;
  5. Membantu mengembangkan dan menguji strategi pemasaran dan hasil yang diharapkan dari sudut pandang pihak lain atau konsumen;
  6. Menyediakan alat komunikasi bagi perusahaan untuk memaparkan dan meyakinkan idenya kepada pihak lain atau konsumen secara menyeluruh;

Cara Membuat Surat Penawaran Barang atau Jasa

Walaupun sangat penting dan dibutuhkan, penulisan surat penawaran barang dan jasa tidak bisa sembarangan. Ada format khusus yang harus diikuti sebagai berikut. 

  • Kop Surat

Pada bagian kop surat ini harus dilengkapi dengan informasi mengenai perusahaan yang memberi penawaran tersebut. Contoh kop surat penawaran, yaitu nama perusahaan, alamat perusahaan, dan kontak yang bisa digunakan baik nomor telepon maupun email. Penulisan dari mulai kop surat hingga akhir harus menggunakan bahasa yang resmi, jelas, singkat, dan padat.

  • Kepala Surat

Biasanya, pada bagian ini dapat terdiri dari tanggal pembuatan surat, nomor surat lampiran, perihal, dan alamat tujuan surat yang akan dikirim.

  • Pembukaan

Kalimat pembuka pada surat ini berisi kata salam seperti “Dengan hormat”, kemudian dilanjutkan dengan penjelasan singkat tentang alasan dan tujuan dari pengiriman surat penawaran ini.

  • Isi Pokok Surat

Pada bagian isi pokok surat penawaran akan dijelaskan secara detail mengenai produk dan harga yang akan ditawarkan kepada calon konsumen tersebut. Harga yang tercantum harus harga satuan, misalkan per buah, per kilogram, per botol, per lusin, per kodi, dan lainnya. Di dalam isi pokok surat ini, penyampaiannya akan menjadi lebih jelas apabila disertakan dengan keterangan tambahan, seperti brosur, dokumen katalog, surat-surat resmi, dan lainnya pada bagian lampiran. 

  • Bagian Penutup

Surat penawaran barang dapat ditutup dengan menyampaikan himbauan dan harapan kepada calon konsumen agar calon konsumen lebih tertarik untuk menjalin kerjasama dengan pihak yang memberikan penawaran. Di bagian akhir ini, surat harus dilengkapi dengan nama lengkap dari pemberi surat penawaran dan juga tanda tangan dan stempel.

Demikianlah cara mudah dan benar dalam membuat surat penawaran barang dan jasa. Mudah, bukan? Proses pembuatannya juga hampir sama dengan pembuatan surat resmi pada umumnya. Semoga tulisan di atas membantu Anda agar tidak kebingungan lagi membuat surat penawaran barang dan jasa untuk perusahaan Anda.

Selain melakukan promosi dengan surat penawaran ini, Anda juga harus meningkatkan modal untuk pemasaran produk barang dan jasa perusahaan Anda. Investree hadir sebagai jembatan antara para pemodal (lender) dan peminjam modal (borrower) agar saling menguntungkan. Anda bisa mendaftar sebagai borrower di Investree tanpa dikenakan biaya pendaftaran karena biaya hanya muncul saat pinjaman berhasil didanai oleh para lender. Proses juga cepat, 100% online tanpa harus datang ke kantor Investree, dan bunga pinjaman juga kompetitif, mulai dari 14% per tahun. Daftar sekarang melalui link https://investr.ee/BlogBorrower.

Selamat mencoba, semoga promosi barang dan jasa Anda semakin berkembang!

Referensi:

https://majoo.id/solusi/detail/contoh-surat-penawaran-barang

https://idcloudhost.com/cara-membuat-surat-penawaran-barang-jasa-yang-baik-benar-dan-contohnya/

Share this Post