Bisnis

Inilah Tugas dan Tanggung Jawab Supervisor Dalam Usaha

Secara garis besar tugas dan tanggung jawab supervisor yaitu melakukan monitoring dan instruksi kerja, pengawasan terhadap staf dan karyawan, bertanggung jawab dalam pelaksanaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja di perusahaan, serta memastikan semua proses dan kegiatan usaha telah berjalan sesuai dengan peraturan dan Standar Operasional Perusahaan yang ditetapkan.

ACD marketplace

Keberadaan seorang supervisor termasuk vital dalam sebuah struktur organisasi perusahaan karena peranannya dalam melakukan kontrol langsung terhadap karyawan dan staf. Semua perencanaan yang telah dibuat dan disusun oleh manajer nantinya dilaksanakan oleh semua karyawan.

Supervisor bertugas untuk mengawasi supaya apa yang dirumuskan tingkat manajerial dilakukan bisa dilakukan sebagaimana mestinya oleh staf dan semua karyawan di perusahaan.

Pengertian Umum dari Supervisor

Dari segi bahasa, asal istilah supervisor adalah dari supervise yang berasal dari bahasa Inggris. Supervise memiliki arti memberikan pengarahan atau mengawasi. Sehingga pengertian dari supervisor adalah orang yang bertugas dan diberikan tanggung jawab serta wewenang untuk melakukan pengawasan, memberikan pengarahan secara teknis maupun sistematis atas pelaksanaan tata cara dalam sebuah perusahaan.

Supervisor diberikan otoritas serta kewenangan untuk memberikan perintah kepada staf ataupun karyawan yang secara struktural berada di bawahnya dengan arahan dari manajer. Pada struktur organisasi sebuah perusahaan umumnya jabatan supervisor berada di bawah manajer namun diatas staf pelaksana.

Supervisor dibagi menurut bidang dan keahliannya, misalnya supervisor akunting, supervisor marketing, supervisor produksi dan sebagainya. Supervisor diharuskan untuk bisa berhubungan langsung dengan para staf pelaksana di lapangan untuk memastikan semua kegiatan operasional perusahaan sudah berjalan sebagaimana mestinya.

Lingkup Tugas dan Tanggung Jawab Seorang Supervisor

Perusahaan menetapkan kualifikasi yang cukup tinggi untuk jabatan supervisor memang merupakan hal yang wajar mengingat tugas dan tanggung jawab yang diembannya tidak mudah. Berikut ini beberapa hal yang termasuk tugas dan tanggung jawab seorang supervisor pada sebuah perusahaan.

ACD lender

1. Mengatur Karyawan

Supervisor haruslah mampu untuk mengatur staf pelaksana dan karyawan agar selalu menjalankan pekerjaan dengan baik sesuai target perusahaan. Pengaturan perusahaan juga turut membantu terciptanya iklim kerja yang nyaman, tertib dan kondusif karena semua berjalan sesuai dengan peraturan.

Karyawan merupakan aset dan modal penting bagi perusahaan sehingga harus dilakukan maintenance dengan baik.

2. Memotivasi Karyawan

Karena karyawan termasuk modal penting bagi berkembangnya perusahaan maka performa kerjanya harus selalu dijaga. Wajar kalau suatu saat beberapa karyawan merasa bosan dan jenuh pada pekerjaannya sehingga menyebabkan turunnya performa kerja yang bisa berimbas buruk pada kemajuan perusahaan.

Tugas seorang supervisor adalah memberikan motivasi kepada karyawan supaya semangat kerjanya tetap terjaga.

3. Menjelaskan Job Desc pada Karyawan

Setiap perusahaan pastilah memiliki ruang lingkup kerja atau job description yang harus dipatuhi oleh semua karyawan. Biasanya karyawan yang masih baru belum memahami apa yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya sebagaimana yang tertulis pada job desc.

Seorang supervisor memiliki tugas untuk memberikan penjelasan tentang apa saja yang harus dilakukan oleh karyawan sesuai dengan bagiannya masing-masing.

4. Melakukan Kontrol dan Evaluasi Kerja

Pekerjaan yang dilakukan oleh karyawan tentu saja harus selalu dikontrol dan dievaluasi secara berkala untuk mengetahui apakah sudah sesuai dengan job desc dan SOP masing-masing. Melakukan kontrol dan evaluasi terhadap kinerja karyawan ini menjadi bagian dari tugas serta tanggung jawab seorang supervisor dalam perusahaan.

Dari poin-poin penjelasan di atas bisa ditarik kesimpulan bahwa tugas dan tanggung jawab supervisor adalah jembatan antara manajer sebagai wakil dari perusahaan dengan para staf pelaksana di lapangan. Supervisor bertugas untuk menjamin bahwa semua operasional perusahaan sudah berjalan dengan baik dan lancar. Untuk memastikan operasional perusahaan berjalan lancar, Anda juga harus memastikan permodalan perusahaan tetap lancar. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk operasional, Anda bisa mengajukan pinjaman melalui Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan.

Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda.

ACD borrower

Referensi:

Insight Talenta. Peran Penting dan Tanggung Jawab Supervisor di Perusahaan. Talenta.co: https://bit.ly/3Ex4bfk

Khurin. 10 November 2020. Inilah Jobdesk Supervisor yang Perlu Anda Ketahui. Konsultanku.co.id: https://bit.ly/3hCgCg5

Share this Post

Artikel Terbaru