Bisnis

Inilah Contoh Marketing Plan yang Dapat Anda Terapkan

Contoh marketing plan penting Anda pelajari untuk mengembangkan usaha. Marketing plan atau rencana pemasaran merupakan komponen yang sangat penting bagi Anda untuk menjalankan usaha dengan baik. Marketing plan berfungsi untuk memberikan acuan pada usaha Anda serta membantu mendapatkan investor.

Marketing plan bermanfaat untuk membantu perusahaan atau sebuah usaha supaya lebih mudah mencapai apa yang menjadi targetnya termasuk dalam hal mendapatkan keuntungan. Di dalam marketing plan harus terdapat uraian terperinci tentang berbagai strategi yang akan dilakukan perusahaan untuk memasarkan produknya dan juga acuan untuk mencapai target.

Contoh Marketing Plan Usaha Truck Street Food “Endesmoi”

1. Konsep Usaha

Usaha berkonsep street food dengan menggunakan truk sebagai tempat berjualan atau kiosnya. Jenis makanan yang dijual yaitu camilan berat seperti burger, hot dog, roti bakar, sosis bakar dan sebagainya.

Truk akan berkeliling ke tempat-tempat keramaian seperti sekolah, perkantoran, perumahan dan mall hingga jam 3 sore setelah itu mangkal di pusat kota hingga jam 8 malam.

Harga jual produk bervariasi tergantung dari jenis dan variannya dengan rentang harga antara Rp. 10 ribu hingga Rp. 20 ribu.

2. Strategi Pemasaran

a. Riset pemasaran

Riset pemasaran dilakukan supaya minat pasar, kompetitor dan distributor bisa diketahui dengan pasti. Riset juga dilakukan untuk menentukan lokasi berjualan yang paling strategis dan prospektif.

b. Branding Produk

Diskusi dengan tim dan pihak terkait untuk menentukan bagaimana kemasan dan tampilan pada usaha makanan ini termasuk mempelajari apa yang dibutuhkan supaya konsumen selalu mengingat produk food truck “Endemoi” dibandingkan milik kompetitor.

c. Soft Opening

Kegiatan soft opening dilakukan seminggu sebelum dilakukannya pembukaan resmi atau grand opening. Tujuannya supaya masyarakat mengenal usaha food truck “Endesmoi”. Selama masa soft opening akan diberikan voucher makan bagi konsumen yang datang antara jam 12 siang hingga jam 3 sore.

c. Media Sosial

Pembuatan akun media sosial untuk memperkenalkan usaha kepada masyarakat yang lebih luas. Platform yang digunakan yaitu FB, IG, Youtube dan TikTok. Akun media sosial akan diisi dengan konten berupa artikel, foto dan video.

d. Promosi

Promo diberikan dalam bentuk diskon setiap pembelian 2 porsi item tertentu. Promo lainnya berupa voucher makan 50% bagi konsumen yang datang selama masa soft opening.

e. Biaya Pemasaran

Adapun rincian biaya untuk kegiatan pemasaran food truck “Endesmoi” adalah :

  • Riset pasar : Rp.    500.000
  • Branding produk : Rp. 1.500.000
  • Soft opening : Rp. 2.000.000
  • Promo media sosial : Rp.    300.000
  • Total : Rp. 4.300.000

f. Target Pemasaran

  • Target yang ingin dicapai yaitu :
  • Menciptakan tren baru usaha makanan kekinian
  • Konsumen mudah menjangkau makanan disaat lapar dengan membeli makanan di food truck “”Endosmoi”
  • Menjual produk minimal sebanyak 50 porsi setiap harinya.

g. Biaya Lainnya

Selain biaya untuk pemasaran, usaha ini juga membutuhkan biaya modal lainnya yaitu :

  • Sewa truk/ bulan         : Rp.  2.000.000
  • Sewa alat masak/ bulan : Rp.  1.000.000
  • BBM/ bulan : Rp.  1.500.000
  • Gaji karyawan : Rp.   4.000.000
  • Total : Rp.   7.000.000

Itulah contoh marketing plan sederhana untuk usaha kuliner yang bisa Anda jadikan sebagai referensi. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha seperti promosi  dan lainnya, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda.

Referensi :

3 Contoh Marketing Plan : Cocok untuk Semua Bisnis. tokopedia.com : https://bit.ly/3l92qx4

30 November 2019. Pengertian dan Contoh Marketing Plan . qword.com : https://bit.ly/3Dc2v9k

Share this Post

Artikel Terbaru