Bisnis

Inilah 6 Contoh Usaha Kecil-Kecilan yang Menguntungkan

Banyak contoh usaha kecil-kecilan yang bisa Anda coba untuk mendapatkan imbal hasil signifikan. Meski sudah bekerja atau mempunyai pekerjaan tetap, Anda masih bisa memulai usaha kecil-kecilan untuk mendapatkan tambahan imbal hasil dan melatih skill dalam berwirausaha. Berikut ini beberapa contoh usaha kecil yang bisa Anda coba dari sekarang.

Contoh Usaha Kecil Menjanjikan

1. Dropshipper atau Reseller

Ini merupakan contoh usaha kecil-kecilan yang saat ditekuni bisa mendatangkan imbal hasil cukup besar. Dropshipper adalah orang yang menjual produk orang lain tanpa stok barang, sementara reseller dengan stok barang. Perbedaan yang cukup mencolok meski keduanya sama-sama menjual produk orang.

Penghasilan yang bisa didapatkan oleh dropshipper atau reseller datang dari range harga penjualan. Barang dibeli pada supplier dinaikkan sedikit agar bisa mendapatkan untung.

Dropshipper sendiri yang dilakukan hanya fokus pada promosi barang atau jasa. Jika sudah dilakukan secara rutin dan konsisten, promosinya menarik, tentu akan banyak konsumen yang akan melakukan pembelian. Semakin tinggi penjualan semakin banyak imbal hasil didapat.

2. Jual Pakaian Bekas

Contoh usaha kecil lainnya adalah menjual baju bekas. Jual beli pakaian secondhand cukup menjanjikan yang sekarang sedang menjadi tren. Banyak generasi milenial yang tertarik dengan usaha sederhana ini karena memang sedang banyak orang yang tertarik memiliki barang vintage.

Jual pakaian bekas ini bisa dilakukan di rumah memanfaatkan ruang yang ada. Modal juga tidak terlalu besar hanya fokus pada pengadaan barang. Untuk meningkatkan penjualan bisa memanfaatkan media sosial dan marketplace.

Penyedia pakaian bekas yang masih layak pakai dengan brand yang terkenal sendiri sudah banyak beredar. Biasanya supplier menjual secara random dalam satu karung besar. Setelah dicuci bersih dan disetrika, baju-baju tersebut bisa dijual dengan harga 3 kali lipat lebih mahal dari saat membeli.

3. Laundry Kiloan

Usaha ini patut Anda coba karena banyak orang yang membutuhkan jasa laundry. Jasa laundry sangat dibutuhkan bagi orang-orang yang sibuk bekerja dan tidak ada waktu untuk mengurus pekerjaan rumah. Selain itu, mencuci pakaian bagi sebagian orang sangat menguras tenaga. Tak heran jika jasa laundry dicari-cari dari dulu hingga saat ini dan di masa yang akan datang.

Modal untuk usaha ini sendiri tidak besar. Sebagai awal bisa menggunakan mesin cuci yang sudah ada, jika pelanggan sudah banyak bisa mulai menambah mesin cuci agar usaha bisa semakin berkembang.

Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha laundry seperti menambah mesin cuci baru dan lainnya, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha laundry Anda.

4. Usaha Kuliner Homemade

Bagi Anda yang punya hobi dan keahlian memasak, memulai usaha kecil ini sangat disarankan. Baik makanan atau hidangan utama sampai cemilan bisa dijadikan sebagai peluang usaha kecil yang menjanjikan.

Sekarang ini semakin banyak orang yang pesan makanan cepat saji secara online maupun offline. Mulai dari pempek, siomay, puding, tart minjmi, sampai sayur lodeh dan sop banyak yang membutuhkannya. Oleh karena itu, Anda bisa memulai usaha kuliner homemade dari sekarang dengan menyediakan layanan online dan offline agar bisa mendapatkan imbal hasil yang besar.

5. Membuat Mahar, Hantaran, dan Souvenir Nikah

Mahar atau souvenir nikah juga selalu menjadi kebutuhan masyarakat. Pasti setiap hari ada saja yang melangsungkan pernikahan dan membutuhkan jasa pembuatan mahar hingga souvenir yang cantik.

Usaha kecil ini cocok untuk Anda yang suka berkreasi dan hobi membuat kerajinan tangan. Modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha ini tidak banyak, karena tidak membutuhkan tempat usaha khusus atau peralatan mahal.

6. Jual Pulsa dan Token Listrik

Pulsa dan token listrik adalah kebutuhan sehari-hari yang tidak bisa dilewatkan. Hal ini karena setiap rumah membutuhkan listrik dan setiap orang menggunakan gadget untuk berkomunikasi. Peluang usaha ini pun jadi menjanjikan karena pulsa dan token listrik adalah kebutuhan penting setiap orang.

Itulah contoh usaha kecil-kecilan yang bisa Anda coba dari sekarang. Semoga bermanfaat!

Referensi :

Mukhammad Iqbal. 25 September 2021. 20 Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil Paling Menjanjikan Di 2021. 99.co : https://bit.ly/3ohNz5u

Share this Post

Artikel Terbaru