Bisnis

Inilah 5 Usaha Rumahan Modal Kecil yang Mudah Dilakukan

Di situasi pandemi yang belum diketahui dengan pasti kapan berakhirnya, Anda dapat menambah penghasilan dari usaha rumahan modal kecil. Memulai usaha tidak harus selalu dengan modal yang fantastis, Anda dapat memulainya dengan modal yang terbatas.

Usaha berskala rumahan biasanya tidak membutuhkan dana yang cukup besar. Bila lokasi rumah Anda dekat dari jalan raya, maka Anda tak perlu lagi menyewa tempat untuk usaha. Sehingga dana yang ada bisa langsung dipakai untuk membeli kebutuhan usaha.

Namun meski begitu Anda tetap perlu mempertimbangkan banyak hal. Seperti bidang usaha yang akan dijalani. Akan lebih baik bila bidang usaha sesuai dengan minat Anda, serta sesuai dengan karakter konsumen yang menjadi target pasar. Nah, untuk itu di bawah ini akan dibahas mengenai beberapa bidang usaha rumahan dengan modal kecil yang dapat menjadi pertimbangan Anda.

1. Usaha Kuliner

Usaha kuliner tak akan pernah lekang dimakan waktu. Ada banyak pilihan usaha kuliner yang bisa Anda coba. Jenis usaha ini pun tidak perlu biaya yang besar untuk memulainya. Bahkan dapat dilakukan dengan skala rumahan.

Beberapa usaha kuliner dengan modal kecil yang bisa dicoba diantaranya bisnis makanan ringan, warung nasi, katering, angkringan dan masih banyak lagi. Bahkan Anda juga bisa menjalankan bisnis franchise.

Untuk warung nasi, Anda sebenarnya tidak perlu tempat yang besar, teras rumah saja sudah cukup menjadi lapak berjualan. Anda dapat secara khusus membuka warung nasi hanya untuk pagi hingga siang saja. Atau Anda dapat membawa beberapa bungkus nasi untuk dijual kepada rekan-rekan kerja sekantor.

2. Jasa Cuci Motor

Jasa cuci motor dapat menjadi salah satu peluang usaha rumahan kecil-kecilan berikutnya. Terlebih bila di sekitar lingkungan Anda masih belum ada yang membuka jasa ini, tentu akan mengurangi persaingan bisnis.

Biasanya para pengendara motor tidak memiliki waktu lebih untuk mencuci motor mereka. Oleh karenanya jasa cuci motor akan sangat dicari. Untuk membuka jasa ini, Anda dapat menggunakan pekarangan depan rumah sebagai tempat usaha.

3. Laundry Kiloan

Jasa laundry juga termasuk usaha rumahan yang bisa Anda coba. Jenis usaha ini akan sangat ramai pelanggan jika berlokasi di area indekos. Biasanya para mahasiswa atau karyawan kantoran akan sangat membutuhkan jasa ini karena kesibukan mereka.

Membuka jasa laundry membutuhkan biaya yang cukup besar untuk membeli mesin cuci. Meski begitu biaya besar hanya dibutuhkan di awal, karena mesin cuci dapat bertahan cukup lama. Jika Anda membutuhkan modal untuk membeli mesin cuci untuk mengembangkan usaha, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda.

4. Usaha Pertamini

Pertamini juga bisa Anda jalankan di rumah. Usaha ini dapat memberikan imbal hasil yang lumayan terutama bila di area tempat tinggal Anda masih belum ada yang menjual bahan bakar bensin.

Modal awal untuk membuka usaha ini kurang lebih Rp7.000.000. Biaya ini sudah mencakup harga pertamini, bensin, biaya listrik per bulan, alat pemadam kebakaran, serta biaya darurat atau tambahan.

5. Usaha Pangkas Rambut

Usaha pangkas rambut membutuhkan keahlian dalam memangkas rambut. Jika Anda merasa bisa melakukannya, atau pernah mengikuti pelatihan, maka usaha ini dapat menjadi peluang bisnis yang memberi imbal hasil tambahan.

Usaha pangkas rambut juga bisa Anda lakukan di rumah. Dengan menyediakan satu ruangan khusus, serta peralatan pendukung, Anda sudah bisa membuka usaha pangkas rambut kecil-kecilan di rumah.

Demikian penjelasan mengenai usaha rumahan modal kecil. Semoga bermanfaat.

Referensi :

Mukhammad Iqbal. 25 September 2021. 20 Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil Paling Menjanjikan di 2021. 99.co: https://bit.ly/3kT2h0w

Share this Post

Artikel Terbaru