Bisnis

Inilah 5 Manfaat Kewirausahaan Dalam Bidang Perekonomian

Manfaat kewirausahaan dapat dirasakan oleh diri sendiri maupun orang lain. Kewirausahaan merujuk kepada kemampuan, perilaku, sikap serta semangat seseorang dalam menangani usaha atau bisnis yang didirikan sendiri. Tujuan dari kewirausahaan tersebut tak lain adalah untuk menciptakan sesuatu yang baru, meningkatkan efisiensi, memberikan pelayanan yang lebih baik pada pelanggan, serta memperoleh manfaat yang lebih besar.

Oleh karena itu setiap orang diharapkan memiliki pemahaman kewirausahaan dengan baik sejak usia muda. Kewirausahaan dapat memberikan dampak yang positif di kehidupan pada masa mendatang. Terutama dalam bidang perekonomian yang tentunya membutuhkan masyarakat dengan jiwa kewirausahaan yang tinggi supaya dapat menciptakan kehidupan yang lebih baik. Selain itu manfaat lainnya dari kegiatan kewirausahaan dalam bidang perekonomian adalah sebagai berikut.

1. Meningkatkan Taraf Hidup Masyarakat

Penerapan konsep kewirausahaan dalam membangun bisnis atau usaha mandiri dapat membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat. Meliputi pelaku wirausaha itu sendiri serta orang lain yang berada di sekitar mereka. Kewirausahaan mendorong masyarakat untuk secara mandiri menjawab semua masalah yang ada di sekitarnya dengan berpikir kreatif tanpa harus menunggu tindakan dari pemerintah. Dengan begitu secara langsung masyarakat juga meningkatkan taraf hidupnya melalui usaha atau bisnis yang dikembangkannya.

2. Meningkatkan Pendapatan Nasional

Inovasi termasuk hakekat penting dalam konsep kewirausahaan. Adanya inovasi dari pelaku wirausaha dapat meningkatkan jumlah permintaan terhadap suatu produk. Tingginya permintaan, maka jumlah produksi pun semakin naik. Inilah yang kemudian akan tercatat dalam pendapatan nasional.

Di dalam pendapatan nasional tercatat nilai output akhir dari semua produk yang baru diproduksi dalam satu tahun. Dengan adanya peningkatan jumlah produksi, maka pendapatan nasional negara juga akan ikut meningkat. Dari sinilah dapat diukur tingkat kegiatan ekonomi negara dalam satu tahun.

3. Menciptakan Lapangan Pekerjaan

Kewirausahaan juga berkontribusi dalam menciptakan lapangan pekerjaan baru untuk masyarakat Indonesia. Dengan terciptanya lapangan pekerjaan baru, masyarakat memiliki peluang yang lebih besar untuk mendapatkan pekerjaan. Dampaknya, taraf hidup masyarakat pun meningkat sehingga perekonomian negara menjadi lebih baik. 

4. Mengurangi Kesenjangan Ekonomi dan Sosial

Kesenjangan ekonomi dan sosial tidak hanya mengacu pada meningkatnya jumlah kemiskinan. Melainkan juga salah satunya dikarenakan kurangnya penyediaan lapangan kerja. Masyarakat terbiasa menunggu hadirnya lowongan pekerjaan baru sesuai dengan kualifikasi yang mereka miliki. Padahal masyarakat bisa menerapkan konsep kewirausahaan untuk membuka lapangan kerja sendiri.

Oleh karena itulah kewirausahaan sangat penting untuk dimiliki dan dipahami oleh setiap orang. Kewirausahaan mendorong seseorang untuk menciptakan sesuatu yang baru dari ide-ide kreatif dan inovasi untuk menyelesaikan masalah yang ada. Orang-orang dengan pemahaman kewirausahaan yang baik akan melihat risiko sebagai peluang. Sehingga kewirausahaan dapat menjadi salah satu cara untuk menanggulangi kesenjangan ekonomi dan sosial.

Namun dalam hal ini masyarakat juga kerap kali mengalami kendala keuangan dalam membangun dan mengembangkan usahanya. Akan tetapi hal ini bisa diatasi dengan mengajukan pinjaman usaha di Investree. Dengan adanya pinjaman modal tersebut, pelaku kewirausahaan akan lebih dipermudah dalam mengembangkan usahanya.

5. Mengubah dan Meremajakan Pasar

Kewirausahaan juga bermanfaat dalam mengubah serta meremajakan pasar. Ide-ide kreatif pelaku usaha dapat melahirkan produk yang baru dan berbeda sehingga dapat menciptakan pasar yang sebelumnya tidak mendapat perhatian dari pengusaha lainnya. Inovasi juga dapat meremajakan pasar dengan menciptakan persaingan bisnis yang sehat dimana para pengusaha berlomba-lomba menciptakan produk yang lebih baik dengan memberikan pelayanan terbaik bagi konsumennya.

Demikian penjelasan mengenai 5 manfaat kewirausahaan. Semoga bermanfaat.

Referensi:

Admin. 21 Februari 2017. 4 Peran dan 6 Manfaat Wirausaha dalam Perekonomian Indonesia. Sobatmateri.com: https://bit.ly/3fCuGVS

Helmiatin. Manfaat Wirausahawan. web-suplemen.ut.ac.id: https://bit.ly/3rZz06e

Share this Post

Artikel Terbaru