Bisnis

Inilah 5 Cara Memulai Bisnis yang Baik dan Benar

Masih banyak pengusaha pemula yang belum paham bagaimana cara memulai bisnis dengan baik. Hal inilah yang membuat bisnis hanya bertahan dalam beberapa waktu saja karena salah langkah dari awal. Maka dari itu, Anda harus memulai bisa dengan cara yang benar agar bisnis makin berkembang.

Cara dan Tips untuk Memulai Usaha

1. Mulai dari Apa yang Dimiliki

Anda harus memulai bisnis dengan apa yang Anda miliki. Maksudnya, Anda bisa memulai bisnis dari bakat, keahlian ataupun passion Anda. Sebagai contoh, jika memiliki keahlian untuk mendesain website, Anda bisa menjadikannya bisnis dengan membuka jasa di bidang tersebut.

2. Susun Bisnis Plan dengan Baik

Susun bisnis plan atau rencana usaha dengan sebaik-baiknya agar bisa memberikan acuan apa saja yang harus dilakukan. Melalui perencanaan yang disusun dengan baik Anda bisa lebih mudah melihat berapa modal yang diperlukan, dari mana modal tersebut didapatkan, apa strategi yang akan dijalankan dan sebagainya.

3. Kenali dan Pelajari Pasar

Lakukan pengenalan pasar dulu, lalu pelajari apa yang konsumen inginkan dan butuhkan.Contohnya di masa pandemi ini orang sangat mengurangi pergi ke luar rumah, pelajari apa yang mereka butuhkan untuk memenuhi kebutuhan harian. Jika ternyata yang dibutuhkan adalah akses mudah mendapatkan kebutuhan untuk makan harian, Anda bisa membuka toko sembako dengan layanan pengantaran.

4. Gunakan Media Online

Jangan lupa bahwa sekarang ini pengaruh internet sudah sangat besar. Hampir semua hal yang menyangkut kehidupan masyarakat diakses melalui internet secara online. Begitupun dengan bisnis yang akan Anda jalankan bisa memanfaatkan media online untuk memasarkannya.

Gunakan semua media online yang memiliki banyak pengguna seperti Facebook, Instagram, Twitter ataupun YouTube untuk menggaet konsumen. Akan lebih bagus lagi kalau Anda menyertakan hasil karya atau portofolio agar lebih menarik konsumen.

5. Pertahankan Dulu Pekerjaan Utama

Jika Anda memiliki pekerjaan utama, sebaiknya jangan terburu-buru melepaskan pekerjaan Anda saat ini. Pada awal menjalankan bisnis, Anda tidak langsung mendapatkan imbal hasil yang besar. Selain berisiko rugi, Anda juga bisa stres dan tertekan. Akan lebih bagus lagi jika bisnis dan pekerjaan utama bisa berjalan bersama serta saling melengkapi. Apalagi jika bisnis Anda dan pekerjaan utama Anda berada pada bidang yang sama. Misalnya, Anda sedang bekerja di bagian marketing produk. Dengan kemampuan yang dimiliki, Anda bisa menjual produk sendiri baik secara online dan offline.

Setelah bisnis Anda mulai berjalan stabil dengan imbal hasil yang relatif sama setiap bulan atau bahkan meningkat, barulah perlahan-lahan Anda bisa melepaskan pekerjaan utama Anda untuk lebih fokus pada bisnis Anda.

Itulah beberapa cara memulai bisnis yang tepat dan benar. Memulai langkah bisnis dengan tepat membantu Anda untuk bisa lebih sukses dalam menjalankan usaha tersebut. Semoga bermanfaat!

Referensi:

1 Maret 2020. Cara Memulai Bisnis Tanpa Modal di 2021. Niagahoster.co.id : https://bit.ly/3iahAAF

Alvin Yoga. 4 Februari 2021. Ingin Membuat Bisnis? Ini Cara Memulai Bisnis dari Nol. Cosmopolitan.co.id : https://bit.ly/3yhxSgT

Share this Post

Artikel Terbaru