Bisnis

Ini Jenis-Jenis Biaya Produksi yang Perlu Anda Ketahui

Jenis jenis biaya produk penting Anda ketahui. Biaya produksi adalah salah satu aspek penting yang harus ada dalam sebuah perusahaan. Dengan adanya biaya tersebut, perusahaan bisa memproduksi suatu barang sehingga mendapatkan imbal hasil. Untuk lebih jelas, mari simak penjelasan tentang jenis biaya produksi yang ada di sebuah perusahaan.

Jenis-Jenis Biaya Produksi Perusahaan

1. Biaya Bahan Baku

Biaya bahan baku ini dikenal juga dengan biaya pengadaan barang. Jenis biaya yang pertama ini merupakan dana yang harus disediakan dan dikeluarkan oleh perusahaan untuk mendapatkan bahan baku atau bahan mentah. Dimana bahan mentah tersebut nantinya akan diolah hingga menjadi satu produk jadi.

2. Biaya Tenaga Kerja

Jenis biaya produksi selanjutnya adalah biaya tenaga kerja langsung yang biasa disebut dengan direct labour. Ini merupakan dana yang harus dikeluarkan perusahaan untuk membayar upah atau gaji para pekerja. Biaya ini hanya untuk para pekerja yang berkaitan dengan proses produksi.

3. Biaya Overhead

Jenis biaya ini merupakan dana yang perlu disediakan dan dikeluarkan perusahaan untuk menunjang proses produksi secara tidak langsung. Biaya overhead ini biasanya meliputi, biaya tenaga keamanan, biaya listrik, sewa, hingga keperluan alat tulis kantor.

4. Biaya Tetap

Biaya tetap ini merupakan dana yang harus dikeluarkan perusahaan tak peduli kondisi perusahaan seperti apapun juga. Meski kapasitas produksi barang sedang menurun maupun meningkat, tidak akan ada perubahan nominal untuk biaya tetap.

Biaya tetap ini meliputi tagihan listrik, sewa tempat, dan gaji karyawan. Biaya tetap ini juga dibayarkan dalam waktu yang sama setiap bulan. Pada intinya ini merupakan pengeluaran yang sifatnya pasti dan rutin dengan nominal yang sama.

5. Biaya Variabel

Selanjutnya ada biaya variabel yang nominalnya sangat tergantung dari kondisi perusahaan.. Saat produksi mengalami peningkatan maka biaya variabel ini pun juga naik. Biaya variabel ini hanya dibutuhkan untuk kepentingan proses produksi, contohnya adalah dana untuk pengadaan bahan baku. Biaya variabel ini penting untuk proses produksi, karena jika tidak ada dana untuk pengadaan bahan mentah, produksi tidak akan bisa berjalan.

6. Biaya Rata-Rata

Average cost ini adalah biaya yang didapatkan dengan cara membagi total pengeluaran dengan jumlah output produksi. Ini dibutuhkan untuk mengambil atau menetapkan keputusan produksi periode berikutnya. Dapat dikatakan ini adalah salah satu jenis biaya yang digunakan untuk bisa mengatur keuangan perusahaan, sehingga proses produksi bisa berjalan lancar.

7.Biaya Marginal

Ini merupakan dana yang harus dikeluarkan perusahaan untuk membantu perusahaan meningkatkan produksi. Dari biaya marginal ini akan ada variabel cost yang ikut dihitung ketika proses produksi. Fungsinya adalah untuk membuat produksi tambahan. Jadi, ,saat memerlukan output tambahan, harus ada pengeluaran yang disebut sebagai biaya marginal.

8. Biaya Total

Jenis-jenis biaya produksi yang terakhir ini adalah biaya yang dihimpun dari biaya variabel dan juga biaya tetap. Dari jenis biaya ini, perusahaan akan mendapatkan jumlah total pengeluaran yang terjadi selama produksi berlangsung. Biaya yang baru bisa diketahui nominalnya ketika perusahaan sudah mempunyai output barang jadi yang siap dipasarkan. Biaya total juga penting untuk dibuat laporan secara rutin untuk mengetahui jalannya produksi dalam satu periode.


Itulah penjelasan jenis jenis biaya produksi. Setiap pengusaha harus memahami dengan baik jenis biaya produksi, agar bisa mengatur kondisi finansial tetap stabil dan sehat. Biaya produksi adalah salah satu kunci perusahaan bisa terus berjalan dan berkembang. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha seperti pengembangan produk dan lainnya, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda.

Referensi :

Cpssoft. Mengenal Berbagai Jenis Biaya Produksi. cpssoft.com : https://bit.ly/2Zjvwlu

Share this Post

Artikel Terbaru