Bisnis

Ini Dia Pengertian dan 5 Fungsi dari Laporan Laba Rugi!

Sebagai pelaku bisnis, Anda mungkin sering mendengar istilah laba rugi atau laporan laba rugi perusahaan. Laporan laba rugi juga sangat menentukan keberhasilan dari suatu perusahaan. Hal ini dikarenakan di dalam laporan laba rugi terdapat banyak elemen penting yang menggambarkan keberhasilan perusahaan, termasuk apa saja yang berhasil dicapai, apa saja yang gagal dicapai, dan besaran pencapaiannya.

Lalu, apa pengertian laporan laba rugi? Dan apa fungsinya? Ayo simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Laporan Laba Rugi

Laporan laba rugi adalah salah satu bagian laporan keuangan perusahaan dalam periode akuntansi tertentu yang berisikan pendapatan serta beban perusahaan, lalu menghasilkan laba atau rugi bersih. Isi dari laporan ini ialah data-data pendapatan sekaligus beban yang ditanggung oleh perusahaan selama periode berjalan. Maka dari itu, sebagian besar laporan dikerjakan pada akhir tahun atau akhir bulan, sesuai ketentuan di perusahaan tersebut. 

Laporan neraca laba rugi membantu pemilik bisnis atau pihak atasan untuk mengetahui kondisi finansial terkini dan memutuskan apakah mereka dapat menghasilkan keuntungan dengan meningkatkan pendapatan, mengurangi biaya, atau keduanya. Karena itulah, laporan ini termasuk salah satu komponen yang harus dimasukkan dalam pembukuan bersama dengan neraca keuangan dan juga laporan arus kas. Laporan keuangan ini harus dibuat dengan baik. Jika ada kesalahan dalam penulisan angka, tentu arah kebijakan ke depan juga salah. Karena bisa jadi kerugian lebih banyak dibandingkan keuntungan yang diraih perusahaan.

Fungsi Laporan Laba Rugi

Laporan laba rugi harus dibuat setiap akhir bulan maupun akhir tahun sekali atau berdasarkan interval yang disetujui berbagai pihak, hal ini dikarenakan ada fungsi-fungsi khusus yang diharapkan muncul jika dilakukan perhitungan secara berkala dan sesuai jadwal. Berikut ini akan dijelaskan fungsi-fungsi apa saja yang dimaksud:

  1. Menilai Risiko Perusahaan

Ada beberapa kasus dimana suatu perusahaan sulit untuk mendapatkan profit dan mengalami kerugian terus menerus. Maka untuk itulah, laporan laba rugi digunakan untuk menilai risiko perusahaan ke depan. Dengan mengetahui risiko perusahaan, maka secepatnya Anda dapat mencari solusi. Risiko dalam setiap bisnis pasti ada, jadi tugas utama Anda adalah meminimalkan risiko yang bisa saja terjadi secara mendadak.

  • Mengetahui Prospek Perusahaan

Perusahaan yang sedang berkembang bisa dilihat dari kondisi keuangan di perusahaan tersebut. Jika lebih besar keuntungan atau laba dibandingkan rugi, tentu prospek perusahaan ke depan akan semakin meningkat. Apalagi jika dibarengi dengan peningkatan alat produksi, sumber daya manusia, dll. Oleh karena itulah, laporan laba rugi bisa dijadikan tolak ukur perkembangan suatu perusahaan.

  • Mengatur Langkah Kebijakan Perusahaan

Ketika perusahaan sudah berjalan cukup lama, tentunya akan ada transaksi keuangan yang sudah dicatat, entah itu yang menghasilkan kerugian maupun laba. Akumulasi dari total finansial tersebut yang akan menjadi laba rugi perusahaan di bulan atau tahun tertentu. Jika perusahaan memiliki catatan keuangan yang lengkap, tentu atasan bisa mengetahui secara jelas asal usul munculnya data finansial tersebut. Hal ini dapat memberi penghitungan lebih menyeluruh untuk proses evaluasi selanjutnya, seperti menilai pengeluaran-pengeluaran yang efektif dan tidak.

  • Alat Bantu Menganalisis Strategi Perusahaan

Informasi laba rugi dapat membantu Anda dalam mengukur dan menganalisis perkembangan perusahaan. Pengukuran tersebut dapat digunakan untuk menganalisis strategi perusahaan. Apakah strategi yang dipilih dapat membuat perusahaan menghasilkan pendapatan yang maksimal di setiap bulannya atau malah sebaliknya strategi yang dipilih tidak cocok. Analisis ini dapat memacu  kinerja perusahaan sehingga perusahaan dapat bersaing dengan pasar yang lebih luas.

  • Evaluasi Kinerja Perusahaan dan Profil Untuk Calon Investor atau Kreditur

Perusahaan terbuka harus memikirkan profilnya di dunia pasar modal. Profil ini akan berpengaruh terhadap para investor dan pemegang saham. Kinerja perusahaan menjadi salah satu faktor pendorong investor maupun kreditur untuk melakukan transaksi bisnis dengan perusahaan. Investor tentu tidak mau memilih perusahaan dengan profil yang buruk. Untuk itulah, laporan laba rugi sangat penting bagi perusahaan karena bisa menjadi cerminan profil perusahaan.

Nah, itulah ulasan lengkap tentang pengertian dan lima fungsi laporan laba rugi. Perusahaan perlu membuatnya dengan teliti dan sebaik-sebaiknya untuk meningkatkan profil di depan calon investor. Jika Anda kesulitan mencari investor untuk mendanai usaha Anda, Investree hadir untuk menjembatani kebutuhan usaha Anda dengan para pemberi pinjaman (lender). Investree memberikan deal yang paling menguntungkan, yaitu bunga yang kompetitif, tanpa dibebani biaya administrasi, dan proses pendaftaran cepat 100% online. Ayo, daftar Investree sekarang melalui aplikasi atau website di https://investr.ee/BlogBorrower.

Selamat mencoba, semoga bisnis Anda berjalan lancar dan sukses!

Referensi:

https://accurate.id/akuntansi/laporan-laba-rugi/

https://koinworks.com/blog/laporan-laba-rugi-adalah-jenis-dan-contoh/

https://www.jurnal.id/id/blog/cara-membuat-laporan-laba-rugi-perusahaan/

Share this Post