Bisnis

Ini dia 6 Cara Memulai Usaha Laundry di Tengah Pandemi

Bisnis jasa cuci baju atau laundry semakin berkembang di masa Pandemi Covid-19. Menurut Asosisasi Laundry Indonesia (ASLI), pada tahun 2021, permintaan jasa laundry meningkat hingga 50%.  Kenaikan angka penggunaan jasa laundry ini berasal dari kesadaran masyarakat mengenai kebersihan tubuh dan lingkungan. Para konsumen menuntut pakaiannya tidak hanya bersih, tetapi juga bebas dari kuman, virus, dan bakteri. Apabila Anda tinggal di kota-kota besar yang terkenal dengan mobilitas tinggi dan aktivitas yang cukup padat, maka laundry bisa menjadi pilihan bisnis yang menguntungkan bagi Anda. 

Sebelum terjun ke bisnis laundry, sudah seharusnya Anda mempelajari tentang seluk-beluk industri ini lebih awal. Mulai dari bagaimana cara kerjanya hingga apa saja yang perlu disiapkan, sehingga Anda tidak bingung ketika bisnis telah berjalan. Dengan modal usaha laundry 10 Juta rupiah, Anda bisa mendapatkan keuntungan bersih hingga 3 Juta setiap bulannya. Apa saja yang Anda butuhkan untuk memulai usaha laundry di masa pandemi ini? Berikut ulasannya.

  • Tentukan Lokasi yang Strategis

Salah satu kunci sukses dalam berbisnis adalah memilih lokasi atau tempat yang strategis. Sebelum memulai bisnis laundry, Anda bisa melakukan survei terlebih dahulu pada tempat-tempat yang mudah dijangkau dan dekat dengan pemukiman warga. Peluang bisnis laundry juga akan lebih baik jika berdekatan dengan daerah kost atau asrama.

  • Perhatikan Kompetitor Terdekat

Anda perlu mengetahui berapa harga yang ditawarkan oleh kompetitor di sekitar lokasi bisnis Anda. Hindari mematok harga yang jauh di atas kompetitor, hal ini bisa membuat bisnis Anda lesu karena akan kehilangan konsumen. Sebaliknya, tidak adil juga kepada kompetitor jika terlalu membanting harga. Maka, sesuaikan harga laundry dengan kualitas yang Anda berikan kepada konsumen.

  • Branding Bisnis Anda Sebagai Laundry Bersih

Selain kebersihan laundry sendiri, wajib hukumnya bagi Anda untuk mem-branding bisnis laundry Anda sebagai laundry bersih. Dalam hal ini, selalu upayakan untuk membersihkan tempat Anda tinggal atau tempat melakukan bisnis, terutama di masa pandemi ini. Saat ini, desinfektan menjadi senjata utama dalam membasmi virus dan bakteri di setiap peralatan yang bersentuhan langsung dengan tangan manusia. Gunakanlah desinfektan untuk membersihkan gagang pintu, meja, kursi, timbangan, dan lain-lain di tempat bisnis Anda.

Selain rutin menyemprot disinfektan, sapu dan pel lantai tempat bisnis Anda minimal dua kali dalam sehari di awal jam operasional dan di saat jam operasional berakhir. Selalu pastikan bahwa Anda, karyawan, dan konsumen yang datang sudah menerapkan protokol kesehatan. Sediakan juga wastafel, sabun, dan hand sanitizer di setiap sudut tempat laundry Anda setiap hari.

  • Terapkan Inovasi Melalui Sistem Pembayaran Digital

Saat ini, kombinasi antara teknologi dan sistem-sistem inovatif telah mempermudah setiap kegiatan kita. Misalnya, pengantaran dan penjemputan pakaian pelanggan, bisa dilakukan melalui sistem pemesanan dan pembayaran digital. Ada baiknya laundry Anda juga mengikuti perkembangan zaman dan menerapkan inovasi ini demi menjaga keamanan pelanggan dan karyawan dengan mengurangi kontak langsung. Selain itu, dengan menerapkan sistem pembayaran digital, Anda dapat memberikan kesempatan promo menarik bagi pelanggan yang menggunakannya.

  • Jangan Ragu Memberikan Promosi

Anda bisa mulai dengan memberikan diskon 50% bagi pelanggan yang pertama kali melakukan transaksi atau pemesanan laundry di toko yang baru Anda buka. Selain itu, Anda juga bisa menawarkan voucher diskon untuk 5 pelanggan pertama setiap harinya. Promosi lainnya yang juga masih menguntungkan bagi Anda adalah dengan menggratiskan 1kg untuk minimal pemesanan laundry 5kg pakaian via digital. Menerapkan promosi di hari raya tertentu juga bisa Anda terapkan. 

Setelah mendapat konsumen, tugas selanjutnya adalah membuat konsumen tersebut menjadi pelanggan setia. Maka, berikanlah pelayanan yang memuaskan agar para konsumen mau kembali lagi dan menjadi pelanggan tetap di laundry Anda. Selain dengan pilihan promosi di atas, Anda juga bisa membuat paket cuci khusus kepada konsumen. Misalnya, paket cuci kilat dengan harga sedikit lebih mahal, tapi selesai dengan waktu lebih cepat. 

  1. Persiapkan Modal Sejak Awal

Jika Anda merasa siap untuk membuka bisnis laundry yang menjanjikan di tengah pandemi saat ini, maka yang tinggal dipersiapkan adalah modal usaha yang matang sejak awal. Usahakan segala perlengkapan yang dibutuhkan sudah siap ketika laundry telah dibuka. Agar semakin jelas, berikut adalah estimasi perhitungan modal serta keuntungan usaha laundry yang dibutuhkan pada umumnya. Isi pada tabel ini bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan bisnis Anda.

Kebutuhan/item Jumlah Harga yang dibayarkan
Modal investasi awal
Mesin cuci 2 unit Rp4,000,000,-
Mesin pengering 1 unit Rp1,500,000,-
Setrika 5 unit Rp500,000,-
Timbangan digital 1 unit Rp250,000,-
Renovasi ruangan 1 kali Rp1,000,000,-
Meja dan kursi 1 set Rp300,000,-
Promosi awal (spanduk dll) Rp500,000,-
Total modal investasi awal Rp8,050,000,-
Biaya operasional bulanan
Listrik 1 bulan Rp500,000,-
Detergen 20 bungkus (1kg) Rp500,000,-
Pewangi 15 bungkus (1kg) Rp150,000,-
Gaji karyawan 1 orang Rp800,000,-
Air 1 bulan Rp300,000,-
Bensin (antar-jemput) 1 bulan Rp150,000,-
Lain-lain Rp200,000,-
Total biaya operasional bulanan Rp2,600,000,-
Total modal yang dibutuhkan
Rp10,650,000,-

Modal investasi awal yang Anda butuhkan adalah 8 Juta rupiah ditambah dengan 2 juta rupiah untuk biaya operasional bulanan, sehingga modal yang dibutuhkan di bulan pertama kurang lebih sekitar 10 Juta rupiah. Dari perhitungan modal usaha laundry di atas, berikutnya adalah asumsi pendapatan di setiap bulannya. 

Asumsi pendapatan per bulan
Order 30 hari Harga per kg Target pendapatan 30 hari
40kg/hari X 30 = 1200 kg Rp5,000,- Rp6,000,000,-
Asumsi keuntungan per bulan
Rp3,400,000,-

Dengan asumsi keuntungan per bulan sebesar Rp3,400,000,-, modal usaha Anda ini akan kembali dalam waktu tiga bulan operasional. 

Itu dia penjelasan mengenai cara dan estimasi modal usaha saat Anda memulai bisnis laundry. Meskipun terkesan sederhana, usaha ini tetap membutuhkan strategi yang matang. Bagi Anda yang siap membuka usaha laundry di tengah pandemi ini dan membutuhkan modal tambahan, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mengajukan pinjaman modal ke Investree. Pendaftaran bisa dilakukan dengan cepat dan mudah melalui website dan aplikasi. 

Yuk, bangun bisnis laundry Anda bersama Investree!

Referensi:

https://www.ocbcnisp.com/id/article/2021/10/07/bisnis-laundry

https://laundry.drop.id/blog/d-laundry/menjalani-bisnis-laundry-di-tengah-pandemi/

https://gobiz.co.id/pusat-pengetahuan/usaha-laundry/

Share this Post